kumparan
search-gray
Bola & Sports13 Januari 2020 14:45

Tottenham Selangkah Lagi Gaet Gedson Fernandes

Konten Redaksi kumparan
Tottenham Selangkah Lagi Gaet Gedson Fernandes (73403)
Gelandang Benfica, Gedson Fernandes, berduel melawan pemain AIK Athena. Foto: PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP
Tottenham Hotspur tampaknya akan segera kedatangan amunisi baru di lini tengah. Ya, Spurs dikabarkan selangkah lagi mendapatkan gelandang asal Portugal, Gedson Fernandes.
ADVERTISEMENT
Kabar menyoal kedatangan Fernandes itu disiarkan oleh pakar transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano. Menurut Romano, Spurs telah menjalin kesepakatan dengan pemilik Fernandes, SL Benfica, untuk meminjam sang gelandang dengan durasi 18 bulan plus opsi pembelian dengan biaya di antara 50-60 juta euro.
Spurs bergerak cepat untuk mengamankan jasa Fernandes setelah mereka kehilangan Moussa Sissoko. Gelandang asal Prancis itu mesti absen sampai April 2020 akibat cedera lutut. Selain itu, Fernandes juga kabarnya didekati oleh West Ham United.
Untungnya, Spurs memiliki modal lebih. Agen Fernandes, Jorge Mendes, juga menjadi agen dari pelatih Spurs, Jose Mourinho. Selain itu, Mendes pribadi yang kabarnya menawarkan Fernandes ke Spurs dan Mourinho memang menginginkan sang gelandang.
ADVERTISEMENT
Fernandes disebut-sebut sebagai salah satu gelandang muda terbaik di Portugal. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, Fernandes sudah mengemas 59 penampilan buat Benfica dengan torehan tiga gol plus tujuh assist.
Jangan lupa juga bahwa pemuda bertinggi 182 sentimeter itu sudah mengantongi dua caps bersama Timnas Portugal.
Kebetulan, tipe permainan Fernandes tak jauh serupa dengan Sissoko. Fernandes merupakan tipe gelandang box-to-box dengan daya jelajah tinggi dan memiliki kemampuan untuk menyerang dan bertahan sama baiknya.
Dari situ, tak mengherankan apabila Spurs mesti merogoh kocek dalam-dalam untuk memermanenkan Fernandes.
Meskipun begitu, perkembangan Fernandes patut dipertanyakan, mengingat ia baru tampil sebanyak tujuh kali dengan total hanya 213 menit di Liga Portugal 2019/2020. Menit bermainnya bisa dipastikan semakin minim setelah Benfica mendatangkan gelandang baru, yaitu Julian Weigl.
Tottenham Selangkah Lagi Gaet Gedson Fernandes (73404)
Gelandang Benfica, Gedson Fernandes, beraksi di laga melawan Galatasaray. Foto: PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP
Oleh karena itu, transfer Fernandes ini bisa menjadi kesempatan yang menguntungkan buat semua pihak.
ADVERTISEMENT
Spurs bisa menggaet gelandang muda yang siap pakai untuk menggantikan Sissoko. Fernandes bisa mendapatkan menit bermain yang layak. Sementara, Benfica berpeluang menerima uang yang jumlahnya tak sedikit untuk pemain yang tak sering merumput.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.