10 Pesepak Bola Wanita dengan Gol Internasional Terbanyak, Ronaldo Lewat!

14 September 2023 18:07
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Timnas Wanita Amerika Serikat Alex Morgan. Foto: Patrick T. Fallon / AFP
ADVERTISEMENT
Di sepak bola pria, kita sudah tak asing lagi dengan beberapa nama besar seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Neymar. Ketiga nama yang disebutkan tadi masuk dalam jajaran pesepak bola pria dengan jumlah gol terbanyak di pertandingan internasional.
ADVERTISEMENT
Ronaldo sukses menempati urutan pertama dengan torehan 123 gol dari 201 penampilannya bersama Timnas Portugal. Sementara pesaing Ronaldo, Messi, berada di urutan ketiga dengan 104 gol dari 176 penampilannya di La Albiceleste. Lalu Neymar, sang bintang sepak bola Brasil itu mencatatkan total 79 gol dari 125 penampilannya di timnas.
Sederet pemain sepak bola pria yang telah dijabarkan di atas itu membuat kita bertanya-tanya: siapa kira-kira pemain sepak bola wanita yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di pertandingan internasional? Ternyata, jumlah gol mereka jauh lebih banyak, Squads!
Dikutip dari Olympics, Kamis (14/9), berikut adalah sederat nama-nama pemain sepak bola wanita yang masuk dalam daftar pencetak gol internasional terbanyak di sepanjang sejarah:
Christine Sinclair, pemain bola wanita Timnas Kanada. Foto: Daniel Stiller / BILDBYRAN via Reuters

1. Christine Sinclair (Kanada)

Striker Timnas Wanita Kanada, Christine Sinclair, berhasil memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di pertandingan internasional dengan torehan 190 gol dari 322 pertandingan. Perempuan yang kini menginjak usia 40 tahun itu sudah bergabung bersama Les Rouges sejak 2000 silam.
Abby Wambach. Foto: NICOLAS ASFOURI/AFP

2. Abby Wambach (Amerika Serikat)

Di urutan kedua ada Abby Wambach. Striker yang melakoni laga debutnya di Timnas AS pada 2003 itu berhasil mengumpulkan total 184 gol dari 256 pertandingannya bersama The Stars and Stripes.
Pesepak bola Mia Hamm. Foto: Don Emmert/AFP

3. Mia Hamm (Amerika Serikat)

Masih dari Amerika Serikat, kali ini ada Mia Hamm yang memutuskan gantung sepatu pada 2004 lalu. Selama 17 tahun berkarier di Timnas AS, Hamm sudah mengoleksi sebanyak 158 gol dari 276 pertandingan.
Carli Lloyd di Piala Dunia Wanita 2015 Foto: Kevin C. Cox

4. Carli Lloyd (Amerika Serikat)

Gelandang sekaligus penyerang dari Negeri Paman Sam, Carli Lloyd, berada di posisi keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak dengan torehan 134 dari 316 laga. Perempuan kelahiran 1982 itu sudah memulai langkah di USWNT sejak 2005 silam.
ADVERTISEMENT

5. Maysa Jbarah (Yordania)

Maysa Jbarah adalah satu-satunya pemain asal Timur Tengah di daftar ini yang menorehkan jumlah gol fantastis. Bahkan, jumlah golnya lebih banyak dari jumlah pertandingan yang ia jalani. Total, sebanyak 133 gol telah dicetaknya dalam 129 pertandingannya bersama Timnas Wanita Yordania.

6. Kristine Lily (Amerika Serikat)

Meski sudah gantung sepatu sejak 2010, nama Kristine Lily tetap terpajang di daftar 10 pencetak gol internasional terbanyak. Pemain yang dulunya berposisi sebagai gelandang dan striker itu menyumbang sebanyak 130 gol untuk negaranya, Amerika Serikat.

7. Birgit Prinz (Jerman)

Birgit Prinz adalah mantan pemain Timnas Jerman yang pernah membawa negaranya dua kali juara Piala Dunia Wanita (2003, 2007). Pemain yang tiga kali didapuk sebagai Best Player FIFA itu mencetak sebanyak 128 gol dari 214 penampilannya bersama DFB-Frauenteam.
Alex Morgan AS merayakan setelah mencetak gol melawan Haiti selama pertandingan sepak bola Kejuaraan Wanita Concacaf 2022 di stadion Universitario di Monterrey, Negara Bagian Nuevo Leon, Meksiko pada 4 Juli 2022. Foto: Alfredo Etrella / AFP

8. Alex Morgan (Amerika Serikat)

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Siapa yang kenal dengan pemain yang satu ini? Hingga kini, Bintang Timnas AS kelahiran 1989 itu sudah menyumbang sebanyak 121 gol dalam 201 pertandingannya bersama Timnas AS.

9. Julie Fleeting (Skotlandia)

Mantan pemain Timnas Skotlandia, Julie Fleeting, resmi mengumumkan gantung sepatu pada 2015 silam. Sejak bergabung di timnas pada 1996, Fleeting mencetak sebanyak 116 gol dari total 121 pertandingan.
Marta Vieira da Silva Foto: Ayaka Naito/AFP

10. Marta (Brasil)

Nama terakhir yang masuk dalam jajaran pencetak gol internasional terbanyak adalah Marta. Legenda sepak bola Brasil itu mencetak sebanyak 115 gol dari 172 penampilannya bersama As Canarinhas.