Awalnya Main Sepak Bola, kok Tia Darti Lebih Dulu Tampil di Timnas Futsal?

31 Maret 2024 15:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain PON Jawa Barat, Tia Darti. Foto: Antika Fahira/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pemain PON Jawa Barat, Tia Darti. Foto: Antika Fahira/kumparan
ADVERTISEMENT
Bagi penikmat sepak bola wanita Indonesia, nama Tia Darti mungkin sudah tak asing lagi. Ia merupakan penggawa Timnas Wanita Indonesia sejak 2013 lalu, wanita asal Sumedang itu juga beberapa kali terlihat jadi kapten bagi Garuda Pertiwi di berbagai ajang.
ADVERTISEMENT
Tia Darti memang memulai kariernya sebagai pesepak bola sejak duduk di bangku SMP. Berawal dari sekolah, ia pun lalu meneruskan kariernya di Perses Sumedang Putri.
Namun, Tia Darti justru lebih dulu masuk ke Timnas Futsal Wanita dibanding Timnas Wanita Indonesia. Kok bisa?
Awal cerita futsal Tia Darti bermula saat ia memasuki bangku perkuliahan. Perempuan kelahiran 24 September 1993 itu lalu melanjutkan pendidikannya di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) pada 2010 .
Di UPI, Tia Darti sebenarnya ingin melanjutkan karier sepak bolanya, namun tak ada wadah yang menampung. Di perguruan tinggi itu hanya ada UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) futsal saja.
"Kebetulan di UPI sendiri nggak ada UKM sepak bola, adanya UKM futsal, makanya itu iseng-iseng pindah ke futsal. Karena masih di bola kaki lah istilahnya gitu," tutur Tia Darti saat disambangi kumparanBOLANITA di Stadion Ahmad Yani, Sumedang.
ADVERTISEMENT
Meski alih karier, kemampuan Tia Darti mengolah Si Kulit Bundar memang patut diacungi jempol. Di futsal, ia juga bisa perform dalam beberapa event saat membela seragam kampusnya.
Suatu waktu, Tia Darti bersama Tim Futsal UPI Wanita mengikuti Kejurnas di UNJ Jakarta. Ia tampil cukup mengesankan dalam turnamen tersebut. Tapi, turnamen itu juga ternyata jadi ajang untuk seleksi Timnas Futsal Wanita di ajang SEA Games 2013.
"Ternyata itu tuh seleksi untuk timnas SEA Games futsal (wanita). Jadi, alhamdulillah ikut seleksi di timnas futsal dan kepilih buat jadi timnas futsal," cerita eks-Kapten Persis Women tersebut.
Pemain PON Jawa Barat, Tia Darti. Foto: Antika Fahira/kumparan

Dari Timnas Futsal, Lalu ke Timnas Wanita

Tak lama setelah bergabung dengan Timnas Futsal Putri, Tia Darti juga ternyata mendapat panggilan untuk membela Timnas Wanita Indonesia. Waktunya bahkan berdekatan, tak berganti tahun.
ADVERTISEMENT
Momen itu terjadi saat Tia Darti menjalani TC (pemusatan latihan) di timnas futsal. Ia dan rekan-rekannya dihubungi oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Wanita Indonesia di Piala AFF 2013 Myanmar.
"Jadi kita tiba-tiba dari tim futsal ini kita lagi TC buat SEA Games, kita berangkat buat timnas AFF sepak bola di sana," kata Tia Darti.
Sejak 2013 lalu, Tia Darti sudah membela Garuda Pertiwi di berbagai ajang internasional. Catatan caps-nya sudah lebih dari 10 untuk Timnas Wanita Indonesia.
"Nah, mungkin dari situ saya ikut timnas sepak bola, terus 2018 Asian Games, senior juga, kualifikasi Olimpiade juga senior. Sampai terakhir kemarin Piala Asia dan AFF juga di Filipina," pungkas pesepak bola berumur 30 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT