Gantikan Jorge Vilda, Montse Tome Jadi Wanita Pertama yang Latih Timnas Spanyol

6 September 2023 13:56
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Timnas Wanita Spanyol, Montse Tome. Foto: Twitter/@montse_tome
ADVERTISEMENT
Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) baru saja memecat Jorge Vilda dari kursi pelatih kepala timnas wanita, Selasa (5/9). Keputusan itu dibuat oleh Presiden Interim RFEF, Pedro Rocha.
ADVERTISEMENT
Setelah pemecatan tersebut, RFEF pun langsung menunjuk Montse Tome sebagai penggantinya. Penunjukkan itu pun membuat Timnas Spanyol, baik pria maupun wanita, untuk kalinya diarsiteki pelatih wanita sejak 1971.
"Federasi Sepak Bola Spanyol telah menunjuk (pelatih) tim nasional wanita Montse Tome dan dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi ini di Spanyol," tulis pernyataan RFEF melalui laman resminya, Selasa (5/9).
Pelatih Timnas Wanita Spanyol, Montse Tome. Foto: Twitter/@montse_tome
Dalam pernyataan tersebut, Pedro Rocha menyebut bahwa penunjukkan Tome sebagai pelatih kepala merupakan upaya regenerasi yang tengah diupayakan pihak RFEF. Di lain sisi, Tome yang sejak 2018 menjadi asisten Vilda juga telah membuktikan diri sebagai bagian yang sangat penting dalam pertumbuhan La Roja.
"Dia (Montse Tome) mengenal ruang ganti dengan sangat baik dan juga memiliki pengetahuan luas tentang akademi nasional yang unggul. Spanyol, selain baru saja menjuarai Piala Dunia di Australia dan Selandia Baru, juga menjadi juara di kategori U-17 dan U-20," sambung pernyataan itu.
ADVERTISEMENT
Sebelum penunjukkan tersebut, Montse Tome sempat mundur dari Timnas Wanita Spanyol imbas kasus yang menyeret Luis Rubiales. Ia termasuk dalam 11 staf pelatih Spanyol yang mundur karena mengutuk keras tindakan yang dilakukan oleh Rubiales kepada Hermoso.
Selain itu, Tome juga sempat menjadi korban atas kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh pelatih La Roja, Jorge Vilda, kepadanya saat final Piala Dunia Wanita 2023 berlangsung. Saat itu, bagian dada Tome tersentuh oleh Vilda kala jajaran staf pelatih Spanyol tengah merayakan gol tunggal Olga Carmona ke gawang Inggris.
Pelatih tim nasional sepak bola wanita Spanyol Jorge Vilda mengadakan konferensi pers di kota olahraga sepak bola Las Rozas dekat Madrid pada 30 September 2022. Foto: Javier Soriano/AFP
Sementara itu, Vilda baru saja angkat suara mengenai penunjukkan Tome sebagai pelatih La Roja. Menurut Vilda, Tome memang pantas mendapatkannya karena memiliki kapasitas yang apik sebagai pelatih kepala Timnas Wanita Spanyol.
ADVERTISEMENT
"Saya telah mengirim ucapan selamat kepadanya. Dia memiliki kemampuan untuk melakukannya dengan sangat baik. Dia memiliki tim yang hebat. Saya meninggalkan gaya permainan yang diakui di tim. Di sanalah dia akan bertugas dengan baik," tutur Vilda kepada radio Spanyol, Cadena SER.
Montse Tome bukanlah sosok asing di sepak bola wanita Spanyol. Ia adalah penggawa La Roja di tahun 2012, lalu pada 2018 ia menjadi asisten pelatih Vilda di Timnas Wanita Spanyol.
Setelah ditunjuk sebagai pelatih kepala Timnas Wanita Spanyol, Montse Tome akan melakoni debutnya di UEFA Women's Nations League. Pada 22 September, Spanyol akan bermain melawan Swedia dan empat hari setelahnya menjamu Swiss.