Menginspirasi, Barcelona Dapat Medali Kehormatan dari Parlemen Catalan

16 September 2023 18:53
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain FC Barcelona Femeni saat melawan VfL Wolfsburg pada pertandingan final Women's Champions League di Philips Stadion, Eindhoven, Belanda, pada 3 Juni 2023. Foto: Yves Herman/REUTERS
ADVERTISEMENT
Barcelona Femeni mendapat Medali Emas Kehormatan dari Parlemen Catalan pada Kamis (14/9) lalu. Penghargaan tersebut diberikan usai Blaugrana berhasil menyabet sederet prestasi prestisius serta partisipasinya dalam memajukan sepak bola wanita.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Barcelona, Barcelona Femeni menjadi tim olahraga pertama yang mendapat penghargaan tersebut. Medali kehormatan itu biasanya diberikan kepada orang atau lembaga atas nilai-nilai kerja tim, usaha, dan kehormatan yang tinggi.
Bintang Barcelona, Alexia Putellas, merasa terhormat timnya bisa mendapat penghargaan tersebut. Dirinya pun berharap Barcelona bisa menjadi role model yang baik bagi sepak bola wanita saat ini.
"Kami adalah tim pertama yang memenangkan Medal of Honor ini. Hal yang mungkin tak pernah terpikirkan dalam beberapa tahun yang lalu. Tapi ini benar-benar terjadi," ucap Putellas, dikutip dari situs resmi Barcelona.
"Kami ingin semua wanita yang mengikuti kami di tahun-tahun mendatang memiliki semua yang mereka butuhkan untuk bersenang-senang, bermain, dan menang," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Putellas, Presiden Barcelona, Joan Laporta, juga merasa terhormat sekaligus bangga atas penghargaan itu. Menurutnya, medali kehormatan itu menjadikan Barcelona sebagai tolok ukur klub dalam kancah sepak bola wanita di seluruh dunia.
"Saya merasa sangat bangga bahwa kota kami telah menjadi tolok ukur sepak bola wanita, di Catalonia dan seluruh dunia. Penghargaan ini akan menginspirasi kami untuk meneruskan pekerjaan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun dan untuk mendobrak hambatan yang harus dihadapi sepak bola wanita," tutur Laporta.
Selebrasi pemain FC Barcelona Femeni usai juara Women's Champions League di Philips Stadion, Eindhoven, Belanda, pada 3 Juni 2023. Foto: Yves Herman/REUTERS
Barcelona Femeni memang dalam tren yang apik dalam beberapa tahun terakhir. Terbaru, Aitana Bonmati cs berhasil memenangkan Liga Champions Wanita 2022/23 usai menumbangkan Wolfsburg 3-2 di partai puncak.
Musim lalu, Blaugrana juga meraih gelar liga ke delapan mereka. Empat di antaranya mereka raih secara beruntun sejak 2020 hingga 2023.
ADVERTISEMENT
Adapun medali kehormatan dari Parlemen Catalan telah rutin diberikan setiap tahunnya sejak 2000 silam. Gelar itu diberikan kepada orang atau lembaga yang berperan penting di berbagai bidang.
Beberapa tokoh Catalan yang terkemuka juga pernah meraih gelar tersebut. Salah satunya yakni mantan pemain dan eks-pelatih Barcelona, Pep Guardiola pada 2010 silam.