Preview Indonesia vs Bahrain, Mampukah Garuda Pertiwi Lanjutkan Tren Positif?

8 Juni 2024 12:59 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Timnas Wanita Indonesia melawan Singapura di Stadion Madya, GBK, Jakarta, Selasa (28/5/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Timnas Wanita Indonesia melawan Singapura di Stadion Madya, GBK, Jakarta, Selasa (28/5/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Timnas Wanita Indonesia akan melakoni partai tandang kontra Bahrain pada Sabtu (8/6) malam WIB. Duel itu akan dihelat di Al Ahli Stadium, Kota Manama, Bahrain.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan laga resmi kedua Satoru Mochizuki (Pelatih Timnas Wanita) menangani tim senior sejak kedatangannya di Februari lalu. Sedangkan, debutnya kontra Singapura pada (28/5) lalu berakhir manis usai berhasil menang dengan skor telak 5-1 di Stadion Madya.
Hasil itu tentu jadi modal yang sangat apik bagi Satoru Mochizuki jelang laga kontra Bahrain. Meski baru bertugas tiga bulan, pelatih asal Jepang itu setidaknya sudah memahami karakter masing-masing pemain dan bagaimana cara memaksimalkannya di lapangan.
Tapi, sayangnya skuad Garuda Pertiwi tak akan full team dalam lawatannya ke Bahrain. Dari 20 nama yang dibawa saat menghadapi Singapura, hanya 19 saja yang ikut ke Bahrain.
Sesi latihan gym Timnas Wanita Indonesia jelang lawan Bahrain di laga uji coba. Foto: Fachri GSI untuk kumparanBOLANITA
Satu pemain yang tak ikut ialah Helsya Maeisyaroh, ia harus kembali ke Jepang guna membela FC Ryukyu yang tengah berjuang untuk naik ke Divisi 4 Liga Jepang Wanita. Absennya Helsya jelas bakal membuat Satoru Mochizuki putar otak, sebab Helsya adalah jendral lapangan tengah saat laga kontra Bahrain kemarin.
ADVERTISEMENT
Sebagai pengganti, Coach Mochi mungkin bakal memasang Reva Octaviani yang memiliki kemampuan apik sebagai gelandang. Kemampuan Reva dalam mendistribusikan bola dari tengah diharapkan bisa menggantikan peran vital yang diemban Helsya.
Soal kondisi tim, Shafira Ika cs tampaknya dalam kondisi prima dan tak ada yang mengalami cedera. Hanya Shalika Aurelia yang sempat dikhawatirkan mengalami cedera lutut saat berbenturan di laga kontra Singapura, tapi ia bilang kondisinya baik-baik saja saat ditemui kumparanBOLANITA pada Rabu (5/6) kemarin.
Bergeser ke Bahrain, calon lawan Indonesia ini sebenarnya dalam tren yang kurang baik di 2024 ini. Sebelum melawan Indonesia, Bahrain sempat dua kali mengadakan uji coba kontra Palestina, hasilnya mereka menelan dua kekalahan tipis.
Itu adalah laga pertama mereka sejak 2021 silam. Kali terakhir Bahrain bertanding sebelum melawan Palestina adalah saat bertamu ke markas Hongkong dalam Kualifikasi Piala Asia Wanita. Mereka juga kalah 0-2 di laga itu.
ADVERTISEMENT
Kendati tak pernah menang dalam tiga laga terakhir, Bahrain tak bisa diremehkan begitu saja. Karena dalam ranking FIFA per Maret 2024, Bahrain ada di posisi 86, unggul di atas Indonesia yang masih bercokol di ranking 109.
Bahrain (86) juga punya posisi jauh di atas lawan Indonesia sebelumnya, yakni Singapura yang berada di urutan 137. Coach Mochi dan timnya tentu mesti waspada lawan Bahrain.
Pelatih Timnas Wanita Indonesia Satoru Mochizuki di Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Riwayat Pertandingan

Indonesia
Bahrain

Jadwal Indonesia vs Bahrain

Duel di Al Ahli Stadion itu akan digelar pukul 19.00 waktu Bahrain atau 23.00 WIB.
ADVERTISEMENT