Profil Ewa Pajor, Top Scorer Liga Champions Wanita 2022/2023 dari Polandia

11 Juni 2023 16:43 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Wolfsburg, Ewa Pajor. Foto: Kenzo Tribouillard/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Wolfsburg, Ewa Pajor. Foto: Kenzo Tribouillard/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dari 211 gol yang tercipta selama gelaran Liga Champions Wanita 2022/23, Ewa Pajor menyumbang 4,27 persen di antaranya. Catatan pesepak bola internasional Bialo-czerwoni, julukan Timnas Polandia, itu begitu mentereng, membuatnya mendapat predikat top scorer Liga Champions Wanita 2022/2023.
ADVERTISEMENT
Meski ia gagal membawa Wolfsburg juara usai kena comeback Barcelona, tak ada yang meragukan ketajamannya di depan gawang. Total pemain kelahiran 3 Desember 1996 itu mencetak 24 gol dari 35 pertandingan yang ia lakoni sepanjang musim ini.
Ewa Pajor berasal dari Pęgów, sebuah desa di barat daya Polandia. Sejak berusia delapan tahun, Pajor sudah menggemari sepak bola dan berlatih di klub Orlety Wielenin. Setelah lulus dari sekolah dasar, ia pindah ke Konin dan berlatih dengan klub Medyk Konin.
Pada 14 April 2012, ia debut di Ekstraliga. Lalu saat melawan AZS PWSZ Biała Podlaska—salah satu klub Polandia, Konin menang dengan skor 3-0. Dua gol yang bersarang di gawang Biala Podlaska dilesakkan oleh Ewa Pajor.
ADVERTISEMENT
Beberapa prestasi membanggakan telah ditorehkan oleh Pajor. Saat itu usianya masih 15 tahun 133 hari. Berkat performa apiknya itulah ia bisa diizinkan bermain di Ekstraliga, liga teratas Polandia untuk sepak bola wanita.
Padahal, sudah disebutkan sebelumnya bahwa harus ada izin khusus dari PZPN terlebih dahulu. Sebab, peraturan yang diterbitkan hanya memperbolehkan pemain berusia di atas 16 tahun untuk bermain.
Ewa Pajor. Foto: Instagram/@ewa_pajor17
Pada musim 2012/2013, ia juga berhasil memenangkan Piala Polandia. Prestasi Pajor tidak berhenti sampai di situ. Pada musim 2013/2014 dan 2014/2015, Pajor berhasil membawa Konin memenangkan Ekstraliga dan dua kali Piala Polandia.
Pada partai final Piala Polandia, Pajor bahkan mencetak hattrick di laga melawan Gornik Leczna. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 5-0 untuk Medyk Konin.
ADVERTISEMENT
Total, Ewa Pajor sudah mencetak sebanyak 74 gol di semua pertandingan resmi untuk Medyk Konin. 64 di antaranya dicetak di liga domestik (60 penampilan).
Pada Juni 2015, Pajor bergabung ke VfL Wolfsburg dengan kontrak dua tahun. Usai masa kontrak habis pada Desember 2017, ia dan klub pun sepakat untuk memperpanjangnya hingga 30 Juni 2020. Setelah itu, Pajor pun kembali menandatangani perpanjangan kontrak dengan Die Wolfe hingga kini.

Top Scorer VfL Wolfsburg dan Timnas Polandia

Saat menandatangani kontrak dengan Wolfsburg, Pajor masih berusia 18 tahun. Meski usianya masih muda, penampilannya begitu mengesankan. Rata-rata Pajor mencetak lebih dari satu gol per pertandingan.
Pada musim domestik 2018/2019, Ewa Pajor berhasil menjadi top skorer dengan mencetak sebanyak 24 gol pada Women’s Bundesliga. Torehan tersebut membuatnya menjadi pemenang liga domestik lima kali dan runner-up Liga Champions tiga kali.
ADVERTISEMENT
Puncaknya adalah pada Liga Champions Wanita musim ini, ketika Ewa Pajor sukses menjadi top scorer dengan mencetak sembilan gol.
Keberhasilan Ewa Pajor juga disoroti oleh sang pelatih Wolfsburg, Tommy Stroot, pada Februari 2023 lalu. Melansir Coaches Voice, Stroot mengatakan bahwa dirinya jarang melihat pemain yang memberikan banyak kontribusi untuk timnya seperti Pajor.
“Saya jarang melihat pemain yang memberikan sebanyak Ewa di setiap sesi latihan. Batasnya sudah tinggi bagi kami, jadi bagi siapapun untuk melampaui itu tidak dapat dipercaya,” ujar Sroot.
Pemain Sepak Bola Wolfsburg Wanita, Ewa Pajor. Foto: Instagram/@ewa_pajor17

Prestasi Ewa Pajor di Tim Nasional Polandia

Pada Juni 2013, digelar sebuah kompetisi bernama Kejuaraan U-17 Eropa yang mengikutsertakan beberapa tim, salah satunya Polandia. Saat itu, Timnas U-17 Wanita Polandia berhasil menyabet medali emas.
ADVERTISEMENT
Mudah ditebak, Pajorlah yang jadi tulang punggung capaian Polandia tersebut. Pada turnamen tersebut, Ewa Pajor dianugerahi gelar Pemain U-17 Terbaik di Eropa.
Beberapa prestasi membanggakan Pajor membuat ia akhirnya ditunjuk untuk memperkuat Timnas Wanita Senior Polandia di bawah kepelatihan Wojciech Basiuk. Tiga bulan setelah menjuarai Kejuaraan U-17 Eropa, Pajor bermain untuk tim senior dalam turnamen persahabatan melawan Republik Ceko yang digelar di Hongaria, pada 20 Agustus 2013. Pada menit ke-84, Pajor mencetak gol kemenangan di laga debutnya.
Berselang tiga tahun kemudian, dalam Piala Istria yang digelar pada 4-11 Maret 2015 di Kroasia, Pajor berhasil membawa Polandia memenangkan posisi pertama usai mengalahkan Slovakia di final. Ia juga pernah mencetak hattrick pada September 2022 ke gawang Kosovo.
ADVERTISEMENT
Catatan-catatan tersebut membuat Ewa menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Timnas Wanita Polandia dengan total 51 gol dari hanya 70 pertandingan saja.