Saling Lawan di Belanda, Noa Leatomu & Estella Loupatty Baru Klop di Indonesia

10 Juli 2024 11:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
clock
Diperbarui 18 Juli 2024 15:39 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Noa Leatomu dan Estella Loupatty jalani TC di Timnas Wanita Indonesia, Selasa (25/6/2024). Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Noa Leatomu dan Estella Loupatty jalani TC di Timnas Wanita Indonesia, Selasa (25/6/2024). Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dua pekan lalu, Timnas Wanita Indonesia kedatangan dua pemain diaspora Belanda, yaitu Noa Leatomu dan Estella Loupatty. Keduanya menjalani trial terlebih dahulu untuk dinilai kemampuannya oleh Satoru Mochizuki, pelatih Garuda Pertiwi, sebelum bergabung dengan skuad.
ADVERTISEMENT
Baru dua minggu berlatih bersama, Noa dan Estella sudah tampak begitu akrab, bak kawan lama. Padahal, mereka baru bercakap-cakap tepat sebelum melakukan perjalanan dari Belanda ke Indonesia, yakni pada 24 Juni lalu.
“Sebenarnya, saya tidak tahu apapun tentang dia (Noa). Ketika saya bertemu di bandara, itu adalah pertama kalinya,” kata Estella saat disambangi kumparanBOLANITA di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/7).
Pemain berusia 20 tahun itu juga bercerita bahwa sebelum bertemu Noa di bandara, keduanya pernah saling bersua di Belanda. Itu terjadi ketika klub Estella, Jong Telstar Vrouwen, bertanding melawan klub Noa, Jong Fortuna Sittard.
“Ya, kita pernah melawan satu sama lain sebanyak dua kali di liga (kompetisi Belanda), tapi kami tidak pernah berbicara, juga posisi kami tidak sama. Jadi, saya tidak tahu apa pun tentang dia,” imbuh Estella.
ADVERTISEMENT
“Saya pernah melihatnya di Instagram pada beberapa postingan yang menandai saya. Jadi, saya tahu sedikit tentang dia, jadi kami sering mengirim pesan. Tapi, saya tidak mengenalnya secara langsung,” jelasnya.
“Jadi, kami pertama kali ketemu itu di bandara, tapi kami sudah langsung ‘klik’,” pungkas Estella.
Pemain Timnas Wanita Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) di Lapangan Rugby, komplek GBK, Jakarta, Rabu (26/6/2024). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Setelah menghabiskan dua pekan di Indonesia untuk trial, pada Senin (8/7) kemarin, Noa dan Estella pun kembali ke Belanda. Mereka belum bisa bergabung di laga uji coba internasional Indonesia vs Hong Kong pada 11 dan 14 Juli karena proses naturalisasi mereka belum selesai.
Kabar gembiranya, Coach Mochi selaku pelatih Timnas Wanita Indonesia sudah memberikan lampu hijau untuk Noa dan Estella dinaturalisasi. Namun, masih belum tahu kapan proses naturalisasi keduanya akan rampung.
ADVERTISEMENT