Tigres UANL Femenil Juara Liga Meksiko Wanita Apertura 2023

29 November 2023 11:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tigres UANL Femenil juara Liga Meksiko Wanita Apertura 2023. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Tigres UANL Femenil juara Liga Meksiko Wanita Apertura 2023. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Tigres UANL resmi menjadi juara Apertura Liga MX Femenil atau Liga Meksiko Wanita musim 2023. Gelar itu mereka pastikan usai bermain imbang 0-0 di babak final leg kedua kontra Club Amerika pada Selasa (28/11) kemarin di Estadio Universitario, Meksiko.
ADVERTISEMENT
Pada final leg pertama Tigres menang di kandang Club America dengan skor 0-3. Sehingga, agregat berakhir 0-3 bagi keunggulan Tigres.
Di musim 2023, Tigres memang tunjukkan perfoma yang apik sepanjang kompetisi. Mereka puncaki klasemen dengan torehan 44 poin hasil dari 17 laga. Tigres memenangi 14 laga dan hanya kalah sekali saja.
Lalu, di babak play off yang diikuti delapan tim teratas di papan klasemen, laju Tigres juga begitu mulus dan tak terkalahkan. Di perempat final, Tigres tundukan UNAM (1-3, 2-1). Kemudian, di semifinal Tigres juga menyingkirkan C.F. Monterrey (0-0, 1-0).
Raihan Apertura pada 2023 ini membuat Tigres telah memenangkan Liga MX Femenil sebanyak enam kali sejak pertama kali diadakan pada 2017. Sebelumnya mereka meraih gelar tersebut pada 2018 (Clausura), 2019 (Clausura), 2020 (Guardianes), 2021 (Guardianes), dan 2022 (Apertura).
ADVERTISEMENT
Liga MX Femenil merupakan kompetisi sepak bola wanita tertinggi di Meksiko. Liga ini diikuti oleh 18 tim, tiap musimnya mempunyai dua turnamen: Apertura yang berjalan dari Juli hingga Desember, dan Clausura yang berjalan dari Januari hingga Mei.
Sementara itu, pada musim 2020 dan 2021 Liga MX Femenil hanya menggelar satu turnamen saja dengan nama Guardianes. Musim dimulai pada 13 Agustus 2020 dan berakhir pada 31 Mei 2021, jadwal berbeda dari musim sebelumnya imbas COVID-19.
Tigres UANL Femenil juara Liga Meksiko Wanita Apertura 2023. Foto: Dok. Istimewa
Adapun Tigres UANL (Universidad Autonoma de Nuevo Leon) merupakan klub profesional yang berbasis di daerah Monterrey, Meksiko. Tigres UANL Femenil merupakan tim wanita dari klub Tigres UANL. Tigres UANL sebenarnya adalah sebuah tim resmi dari universitas milik pemerintah Meksiko yaitu University of Nuervo Leon.
ADVERTISEMENT
Klub Tigres UANL Femenil pertama kali dibentuk pada 2017 lalu. Pembentukan itu dilakukan tim utama Tigres UANL setelah Presiden Primera Division Meksiko, Enrique Bonilla, mengumumkan pembentukan liga profesional untuk wanita di Meksiko.
Pada 14 Januari 2017 pun mereka resmi membentuk tim putri Tigres UANL Femenil. Dalam awal pembentukannya, mereka menyeleksi sekitar 2 ribu perempuan untuk tim wanita Tigres.
Tigres UANL Femenil berkembang pesat sejak pertama kali dibentuk. Dalam enam tahun pendiriannya, mereka sudah merengkuh enam gelar juara Liga MX Femenil.
Bahkan, pada bulan September 2022, dalam peringkat bulanan yang mencerminkan kinerja tim di turnamen nasional dan internasional selama 12 bulan terakhir, IFFHS menempatkan Tigres sebagai tim terbaik di Concacaf. Itu membuat Tigres menjadi klub pertama dari Meksiko yang memimpin peringkat tersebut sepanjang sejarahnya.
ADVERTISEMENT