4 Cara Mencairkan Mentega Selain Didiamkan dalam Suhu Ruang

7 September 2021 10:23
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
4 Cara Mencairkan Mentega Selain Didiamkan dalam Suhu Ruang (88573)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mentega. Foto: Shutterstock
Mentega atau butter sejatinya, adalah komponen terpenting dalam pembuatan kue maupun masakan. Mentega akan membuat makanan jadi lebih lembut dan harum, namun tidak terlalu berminyak.
ADVERTISEMENT
Guna mendapatkan tekstur seperti itu pun, disarankan jangan menggunakan mentega yang baru dikeluarkan dalam kulkas. Ada baiknya, mendiamkan mentega sekitar 30 menit dalam suhu ruangan. Ini bertujuan agar mentega lebih lunak dan mudah diolah.
Sayangnya, banyak dari kita yang tak memperhatikan hal ini. Berujung menggunakan mentega beku dan sukar untuk dipotong atau digunakan. Padahal, ada beberapa cara membuat mentega cair lebih cepat. Misalnya, memotongnya jadi serpihan kecil atau bahkan merendam dalam air hangat tanpa bantuan microwave.
Berikut kumparanFOOD telah merangkum sejumlah tips mudah dan efektif untuk mencairkan mentega. Yuk, simak lebih lanjut supaya kamu juga lebih mudah mengolah mentega di rumah.
4 Cara Mencairkan Mentega
Ada beberapa tips mudah, lho dalam mencairkan mentega tanpa bantuan microwave. Yuk, simak selengkapnya langkah-langkah berikut ini.
1. Potong menjadi beberapa bagian kecil
Mengutip All Recipe, setiap kali membeli butter atau mentega utuh, kita kerap membiarkannya dalam bongkahan yang cukup besar. Padahal, jika kita memotongnya jadi beberapa bagian kecil, maka dapat melembutkan teksturnya. Metode satu ini juga tidak membutuhkan banyak waktu. Hanya 10 menit saja untuk memotong mentega menjadi bongkahan kecil. Ini akan memudahkan kita, bila sewaktu-waktu membutuhkan mentega, tanpa harus memotongnya lagi jadi serpihan kecil.
2. Pipihkan dalam plastik
Selanjutnya, meratakan atau memipihkan mentega. Seringnya, kita meletakkan mentega dalam kulkas, dan masih dalam bentuk balok. Sayangnya, hal ini kan menyulitkan kita ketika akan memakainya di lain hari. Maka, supaya tidak perlu repot-repot lagi, sebelum menyimpan dalam kulkas, pipihkan mentega terlebih dahulu. Masukkan mentega utuh dalam plastik, lalu pipihkan atau ratakan menggunakan penggilas khusus adonan kue. Bila dirasa sudah rata, lalu simpan dalam suhu dingin agar mentega tahan lama.
3. Parut menjadi serpihan tipis
Metode memarut mentega merupakan cara paling cepat dalam melunakkan mentega. Caranya hampir sama dengan memarut keju. Gunakanlah parutan keju, lalu parut sebanyak yang diinginkan. Mentega dalam tekstur serpihan tipis akan membuatnya lebih cepat lunak atau cair.
4. Rendam dalam air
Terakhir, tips praktis lainnya, yaitu cukup merendam bongkahan mentega dalam air panas. Jika kamu tak memiliki microwave sekalipun, maka tips satu ini sangat membantu mencairkan mentega. Sediakan air hangat dalam wadah, lalu letakkan di atasnya. Pastikan mentega diletakkan dalam mangkuk atau tempat makan tahan panas. Biarkan air hangat melelehkan mentega sampai benar-benar lunak.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020