Food & Travel
·
13 April 2020 17:08

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52570)
Kunyit Foto: Shutter Stock
Kunyit menjadi salah satu rempah-rempah yang kerap diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi dalam kunyit juga biasa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional dan herbal.
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian jurnal Nutrition and Cancer, salah satu senyawa yang paling bermanfaat dalam kunyit adalah kurkumin. Setidaknya, terdapat 3 persen kurkumin di dalam kunyit yang baik bagi kesehatan, khususnya daya tahan tubuh.
Selain itu, masih ada kandungan lain dalam kunyit yang juga berguna memperkuat daya tahan tubuh. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya:

1. Mengandung kurkumin

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52571)
Bubuk kunyit Foto: Pixabay
Kurkumin adalah komponen yang menciptakan warna kuning pada kunyit, dan menjadi polifenol paling aktif. Senyawa ini punya efek antioksidan, anti-inflamasi, antibakterial, dan menyembuhkan luka.
Beberapa penelitian juga menunjukkan, ekstrak kunyit bisa menghambat infeksi dari mikroba patogen yang menyebabkan gangguan pada lambung. Penyerapan nutrisi dari kunyit akan lebih maksimal saat dipadukan bersama merica.
ADVERTISEMENT

2. Memiliki sifat antijamur

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52572)
Bubuk kunyit Foto: Pixabay
Minyak esensial yang diekstrak dari kunyit memiliki sifat antijamur dan aktif melawan virus saluran pernapasan penyebab flu. Dilansir Food NDTV, minyak tersebut juga bisa membantu menghilangkan dahak, melegakan batuk, mencegah asma, dan mencegah gigitan nyamuk.

3. Mengurangi kerusakan sel

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52573)
Teh kunyit Foto: Shutter Stock
Tingkat gula darah yang tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada sel. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, ginjal, penglihatan, dan saraf. Asupan ekstrak kunyit bisa mengurangi efek kerusakan sel tersebut, khususnya pada pasien penderita diabetes.

4. Meningkatkan antioksidan alami dalam tubuh

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52574)
Bubuk kunyit Foto: Pixabay
Kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang bisa menetralisir radikal bebas akibat senyawa kimia. Sebuah penelitian berjudul Antioxidant and anti-inflammatory properties of curcumin juga menunjukkan, konsumsi kurkumin bisa meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Dengan kata lain, kurkumin memberikan dua jenis perlindungan tubuh dari radikal bebas. Kurkumin akan melawan radikal bebas, serta menstimulasi antioksidan alami yang berperan sebagai daya tahan tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

5 Alasan Kunyit Baik untuk Daya Tahan Tubuh (52575)
Bubuk kunyit Foto: Pixabay
Kunyit juga diketahui punya manfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Rempah-rempah ini kerap digunakan untuk meredakan sakit perut, hingga meningkatkan fungsi hati.
Pencernaan yang sehat juga akan menjaga keseimbangan dalam sistem kekebalan tubuh. Sebab, pencernaan berperan dalam melatih sistem imun dan menjadi penjaga asupan makanan dalam tubuh, membuatnya jadi pusat kesehatan tubuh kita.