Food & Travel
·
28 April 2020 13:19

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64632)
Ilustrasi sakit tenggorokan Foto: Shutterstock
Banyak orang yang beranggapan bahwa menahan haus lebih berat daripada menahan lapar kala puasa. Tak jarang pula yang merasa tenggorokan jadi begitu kering hingga timbul panas dalam.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah begini kita bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, lho. Misalnya dengan makan buah-buahan yang bersifat mendinginkan tenggorokan. Buah-buahan segar ini bisa kamu makan sebagai pencuci mulut saat berbuka maupun sahur.
Buah apa saja, sih yang bisa bikin adem tenggorokanmu? Berikut ulasan selengkapnya, simak ya!

1. Blewah

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64633)
Banyaknya buah blewah saat di bulan Ramadan Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Buah berdaging oranye satu ini memang paling pas dikonsumsi saat berbuka puasa. Hampir 90 persen buahnya adalah air. Kandungan airnya yang cukup banyak tersebut membuat blewah nikmat bila dijadikan es buah.
Tak hanya menyegarkan, menurut USDA Research Service, dalam secangkir es blewah (156 gram) mengandung 65 persen vitamin C harian yang disarankan. Bahkan, kandungan vitamin C dan A dalam blewah dinilai lebih banyak daripada melon.
ADVERTISEMENT
Kekayaan nutrisi itu, membuat blewah bermanfaat dalam melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi, menurunkan berat badan, hingga meringankan asma.

2. Timun suri

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64634)
Permintaan timun suri Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Buah kuning satu ini juga menjadi makanan favorit saat berbuka puasa. Ditambahkan sirup dan es batu, timun suri siap melegakan tenggorokan kering saat berbuka puasa.
Sama seperti blewah, timun suri juga kaya akan vitamin C, A, hingga senyawa saponin. Kandungan tersebut membuat timun suri berkhasiat mengoptimalkan proses detoksifikasi, melancarkan pencernaan, hingga meminimalisir risiko kanker usus, payudara, dan hati.

3. Cincau

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64635)
Ilustrasi sajian cincau hijau Foto: dok.shutterstock
Dilansir dari Dr.Health Benefits, cincau kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam melancarkan pencernaan, meringankan panas dalam, mencegah masalah pencernaan, hingga meningkatkan sistem imun.
Kamu bisa mengonsumsi cincau hitam maupun hijau yang sama-sama berkhasiat baik untuk kesehatan. Supaya lebih enak dan segar tambahkan santan cair, gula merah atau sirup, dan es batu sebelum mengonsumsinya, ya.
ADVERTISEMENT

4. Semangka

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64636)
Ilustrasi Biji Semangka Foto: Shutterstock/Virtu studio
Dikutip dari Healthline, kandungan air dalam buah semangka bisa memperlancar pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Rutin mengonsumsi jus semangka juga bisa membuat kulit dan rambut tampak lebih sehat.
Jadi, enggak ada salahnya menyajikan jus atau mencampur potongan semangka dalam sajian sop buah untuk berbuka puasa istimewa #dirumahaja.

5. Kolang-kaling

5 Buah yang Bikin Adem Tenggorokan untuk Menu Buka Puasa #dirumahaja (64637)
Ilustrasi kolang kaling Foto: dok.shutterstock
Buah kenyal yang teksturnya mirip agar-agar ini juga enggak kalah bikin adem tenggorokanmu, lho. Bukan cuma itu, kolang-kaling juga bisa menurunkan hawa panas dalam tubuh.
Dalam buah bening ini juga terkandung kalsium, kalium, zat besi, zinc, dan serat. Nutrisi tersebut juga membantu tubuh dalam mencegah berbagai serangan penyakit; seperti sakit jantung.
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT