Food & Travel
·
14 Oktober 2019 14:04

5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294959)
Ilustrasi Buah-buahan Foto: Shutterstock/Pixel-Shot
Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sensasi penuh pada perut, meningkatnya buang angin atau sendawa, kentut, hingga perut terlihat membesar.
ADVERTISEMENT
Meski tidak terlalu berbahaya, perut kembung ternyata bisa merusak mood dan aktivitas. Namun jangan khawatir, jika kondisi ini sedang menimpa kamu, ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa mengatasi perut kembung.
Buah-buahan apa saja yang bisa mengatasi perut kembung? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.
1. Kiwi
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294960)
Ilustrasi kiwi Foto: Pixabay
Buah kecil berwarna hijau ini mengandung actinidin atau sejenis enzim protease yang bisa menguraikan protein (produk susu, daging, dan kacang-kacangan) penyebab timbulnya gas di dalam perut.
Tak hanya itu, kiwi juga kaya akan kalium dan serat yang bisa mencegah terjadinya pembengkakan pada perut. Konsumsilah dua buah kiwi saat perut kembung, kandungan potassium dan seratnya bisa membuat perut terasa lebih lega.
2. Apel
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294961)
Ilustrasi Apel Foto: Shutterstock/Baibaz
Apel dikemas dengan serat alami yang bisa membantu mengatur pencernaan. Menurut ahli gizi, kandungan serat alami yang ada di dalam apel juga bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan memberikan energi yang lebih banyak.
ADVERTISEMENT
3. Alpukat
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294962)
alpukat Foto: Shutterstock
Alpukat juga bisa kamu mengatasi perut kembung. Ini karena, kandungan kalium yang ada di dalamnya bisa membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh untuk mengatasi kelebihan natrium, penyebab perut kembung.
Manfaat lainnya, alpukat juga kaya akan lemak baik (lemak tidak jenuh tinggal) yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.
4. Pepaya
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294963)
Ilustrasi pepaya Foto: dok.shutterstock
Pepaya mengandung papain atau enzim yang ditemukan dalam getah pepaya. Menurut beberapa studi, enzim ini bisa membantu memecah protein dalam sistem pencernaan, hingga mendorong proses pencernaan yang lebih sehat.
Selain itu, pepaya juga memiliki banyak serat yang bisa membantu pencernaan dan melawan peradangan (untuk mengurangi kembung pada perut).
5. Pisang
5 Buah yang Bisa Mengatasi Perut Kembung (294964)
Ilustrasi Pisang Foto: Shutterstock/Baibaz
Pisang mengandung serat larut yang bisa menjaga usus bergerak secara teratur (dan pada akhirnya mengurangi perut kembung).
ADVERTISEMENT
Selain itu, pisang juga mengandung potasium yang berperan dalam membuang sodium dan kelebihan air dalam tubuh (penyebab perut kembung). Konsumsilah pisang sepanjang hari untuk mengatasi perut kembung secara terus menerus.