Food & Travel
·
20 September 2019 14:00

5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84045)
Camilan serba buah Foto: Shutterstock
Anak-anak hingga orang dewasa, mungkin hampir semuanya suka dengan camilan manis, bukan?
ADVERTISEMENT
Es krim hingga permen, memang nikmat disantap di sela-sela beraktivitas. Legitnya aneka camilan ini membuat suasana hati semakin tenang dan rileks.
Tak jarang permen juga dimanfaatkan untuk menambah fokus hingga mengurangi stres saat bekerja. Namun di balik legitnya camilan manis, termasuk permen, tentu ada juga efek sampingnya. Mulai dari kenaikan gula darah, obesitas, hingga diabetes mengintai saat seseorang terlalu banyak menyantap makanan manis.
Tapi bila kamu tidak bisa lepas dari camilan manis, tak ada salahnya menggantinya dengan buah-buahan. Dilansir jurnal Centers for Disease Control and Prevention tahun 2014, diet buah-buahan bisa membantu meningkatkan metabolisme hingga mencegah serangan berbagai penyakit kronis. Buah-buahan juga nikmat diolah jadi berbagai camilan lezat dan menyegarkan.
ADVERTISEMENT
Masih bingung mencari ide olahan buah pengganti camilan manis? Berikut kumparan suguhkan rekomendasinya:
1. Salad buah
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84046)
Ilustrasi Salad Buah Foto: Shutterstock/Nesavinov
Mungkin inilah camilan dari buah yang paling populer. Selain mudah dibuat, cita rasanya yang legit dan menyegarkan cocok untuk seluruh anggota keluarga.
Apalagi salad ini umumnya terbuat dari perpaduan buah-buahan segar yang tentunya punya nutrisi lebih padat. Agar lebih segar, salad buah biasanya disajikan bersama siraman dressing atau saus salad. Untuk dressing-nya, gunakanlah madu, perasaan air lemon, atau plain yoghurt yang tinggi probiotik.
2. Frozen yoghurt
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84047)
Frozen yoghurt Foto: Shutter Stock
Bila ingin menyajikan olahan buah menyegarkan, frozen yoghurt bisa menjadi pilihannya. Sesuai namanya, kudapan ini terbuat dari plain yoghurt yang dibekukan lalu disajikan mirip es krim. Potongan buah-buahan bercita rasa segar seperti stroberi, kiwi, hingga peach, biasanya ditambahkan sebagai topping atau campuran yoghurt.
ADVERTISEMENT
Selain segar, berdasarkan data nutrisi dari US Department of Agriculture (USDA), yoghurt punya kandungan kalori yang rendah tapi tinggi serat. Ditambah buah-buahan yang segar, camilan ini cocok untuk melepas dahaga, meningkatkan kekebalan, hingga menyehatkan pencernaan.
3. Es loli buah-buahan
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84048)
Camilan serba buah Foto: Shutterstock
Selain frozen yoghurt, ada juga es loli buah-buahan yang tak kalah menyegarkan. Proses pembuatannya juga mudah, cukup tuang jus buah favorit ke dalam cetakan es loli kemudian bekukan.
Di balik rasanya yang menyegarkan, es loli bisa jadi pengganti es krim yang lebih sehat untuk anak-anak. Apalagi bila es loli dari buah-buahan ini terbuat; dari jeruk, kiwi, atau sari stroberi yang tinggi vitamin C. Vitamin C termasuk antioksidan yang membantu meningkatkan imunitas, memperlambat kerusakan sel, hingga mempercepat produksi kolagen.
ADVERTISEMENT
4. Keripik buah
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84049)
Olahan apel Foto: Shutterstock
Biasanya keripik yang kita kenal terbuat dari umbi-umbian seperti kentang atau singkong. Padahal, beberapa jenis buah ternyata bisa diolah menjadi keripik yang tak kalah gurihnya.
Gunakan buah yang punya kandungan air sedikit seperti pisang, apel, atau nangka agar tekstur keripik tidak lembek. Iris-iris buah, lalu panggang menggunakan oven hingga teksturnya renyah dan kering.
5. Sate buah
5 Camilan dari Buah, Pengganti Permen yang Menyehatkan (84050)
Camilan serba buah Foto: Shutterstock
Sate buah bisa jadi alternatif bekal saat berlibur maupun sekadar camilan bersantai. Sama seperti sate pada umumnya, potong-potong buah lalu tusuk dengan bambu.
Camilan ini semakin lezat bila disajikan bersama dark chocolate leleh sebagai sausnya. Kombinasi buah segar dan cokelat tinggi antioksidan, akan membuat badan lebih segar luar dan dalam. Dari data USDA, 100 gram cokelat juga mengandung hingga 11 gram serat yang tentunya baik untuk pencernaan.
ADVERTISEMENT