Food & Travel24 Juli 2019 9:00

5 Fakta Unik Seputar Kaesang dan Ternakopi Miliknya

Konten Redaksi kumparan
5 Fakta Unik Seputar Kaesang dan Ternakopi Miliknya (61036)
Ternakopi by Kaesang rasa Vanila Foto: Dok: istimewa
Siapa yang tak kenal Kaesang Pangarep? Bukan hanya dikenal sebagai putra dari Presiden Jokowi, ia juga diketahui memiliki banyak bisnis. Beberapa bisnisnya ia fokuskan pada dunia kuliner.
ADVERTISEMENT
Laki-laki kelahiran 25 Desember 1994 ini mengaku, dalam membuka bisnis ia tak mau ketinggalan tren. Untuk mengikuti tren ini, Kaesang sapaannya, akhirnya membuka kedai kopi bernama Ternakopi yang diresmikannya pada April 2019 lalu.
Sebelum memutuskan untuk membuka Ternakopi, Kaesang mengaku melakukan riset untuk menghasilkan cita rasa kopi susu yang sesuai dengan minat konsumen. Ia pun tak segan untuk belajar tentang seluk-beluk soal kopi.
Bukan hanya itu, rupanya di balik usaha kedai kopinya ini ada beberapa fakta unik Kaesang dan bisnis kulinernya yang mungkin belum kamu ketahui. Kira-kira, apa saja ya?
1. Kaesang enggak suka kopi
5 Fakta Unik Seputar Kaesang dan Ternakopi Miliknya (61037)
Kaesang (tengah) di acara Pembukaan Ternakopi di Cipayung, Jakarta Timur Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Punya usaha Ternakopi, bukan lantas membuat Kaesang menjadi suka dengan minuman pahit ini. Saat ditemui kumparan dalam acara pembukaan Mangkok Ku, Sabtu (20/7), laki-laki berusia 24 tahun itu mengatakan jika dirinya tidak suka minum kopi.
ADVERTISEMENT
Ketika ditanya, sehari berapa kali minum kopi, Kaesang menjawab, "Hmm saya enggak suka minum kopi," ungkapnya. Meski tak suka minum kopi, Kaesang mengaku di samping soal apa yang ia sukai, pertimbangannya dalam berbisnis juga karena tren.
Bisa dikatakan,tren kopi bikin Kaesang membuka kedai kopinya sendiri.
2. Pernah sekolah barista, walau tidak tamat
Meski mengaku tak suka minum kopi, bukan berarti Kaesang asal dalam membuat produk Ternakopi. Sebelum memutuskan untuk berbisnis, ia juga pernah mendapat kesempatan belajar di salah satu sekolah barista pada tahun 2018.
"Jadi, dulu saya pernah dapat kesempatan latihan barista di salah satu sekolah, tapi enggak sampai selesai," tuturnya.
Walaupun tidak selesai, Kaesang tetap melakukan riset terlebih dahulu sampai menemukan rasa yang tepat untuk kopinya. Bahkan ia mengaku, butuh waktu setahun untuk trial and error produknya.
ADVERTISEMENT
3. Jokowi menjadi tester setia produk Ternakopi
Selama setahun tersebut, diceritakan Kaesang, bapaknya --Presiden Jokowi-- yang menjadi tester setianya.
"Selama setahun bapak (Joko Widodo) adalah tester saya di rumah. Bapak yang nyoba kopi-kopi buatan saya. Sampai sekarang, kalau lagi di Indonesia saya selalu buatin kopi buat bapak," tambah pemilik usaha Sang Pisang itu.
4. Kopi gula jawa adalah favorit Jokowi
5 Fakta Unik Seputar Kaesang dan Ternakopi Miliknya (61038)
Ternakopi di Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Ketika ditanya lebih lanjut soal kopi apa yang disukai oleh Jokowi, ia menjawab varian gula jawalah yang paling disukainya. "Favoritnya bapak itu yang gula jawa," katanya.
Varian kopi gula jawa ini memiliki cita rasa manis. Aroma gula jawanya sungguh khas dan rasa kopinya kuat. Selain gula jawa, Ternakopi juga punya varian lain; seperti mint, hazelnut, vanilla, taro, alpukat, karamel, cokelat, green tea, dan original.
ADVERTISEMENT
5. Ternakopi ditargetkan buka di 1.000 titik
5 Fakta Unik Seputar Kaesang dan Ternakopi Miliknya (61039)
Suasana Pembukaan Ternakopi di Cipayung, Jakarta Timur Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Keseriusan Kaesang dalam berbisnis kedai kopi ini juga ditunjukkannya dengan rencana membuka 1.000 titik di seluruh Indonesia. Rencana ini jadi targetnya pada tahun ini.
Bagaimana menurutmu, benarkah akan terwujud? Kita tunggu saja, ya kabar selanjutnya dari bisnis kedai Ternakopi milik Kaesang ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white