kumparan
search-gray
Food & Travel24 Maret 2020 12:28

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah

Konten Redaksi kumparan
5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316937)
Ilustrasi warna hijau pada dapur Foto: Shutterstock
Salah satu cara membunuh waktu kala di rumah aja seperti sekarang ini adalah dengan memasak. Selain mengisi perut, memasak juga bisa jadi cara mengusir stres dan bosan.
ADVERTISEMENT
Meski lagi sering memasak di rumah, jangan lupa sesudahnya langsung bersihkan dapur, ya. Ini guna menjaga dapur tetap bersih dan mencegah bakteri tak berkembang.
Kalau dapur bersih kegiatan memasak selanjutnya juga akan semakin menyenangkan, makanan yang tersaji pun rasanya bisa semakin nikmat, lho. Makanya, yuk simak selengkapnya mengenai hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan dapur di rumah.

1. Pastikan semuanya bersih sebelum dipakai

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316938)
Ilustrasi peralatan dapur Foto: dok.shutterstock
Dilansir dari LA Times, Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan barang, bahan, dan peralatan lainnya termasuk kompor dalam keadaan bersih sebelum dipakai.
Itulah mengapa pentingnya selalu membersihkan dapur dan peralatan masak usai memasak. Ini agar ketika kamu mau menggunakannya kembali sudah dalam keadaan bersih dan kering. Jadi, jangan lupa cuci piring, peralatan makan, masak, wastafel, rak piring, hingga dapur sebelum maupun sesudah menggunakannya.
ADVERTISEMENT

2. Selalu cuci tangan

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316939)
Ilustrasi Cuci Tangan. Foto: Shutter Stock
Meski sedang berlumur bumbu masakan, sesudahnya kamu harus tetap mencuci tangan sebelum memegang benda lain di dapur. Begitu pula sebelum ataupun sesudah memasak juga cuci tanganmu. Pastikan tangan tak lagi lengket akibat menempelnya bumbu, minyak, atau tepung.

3. Buang sampah setiap selesai masak

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316940)
Ilustrasi Sampah Makanan. Foto: Shutter Stock
Kebanyakan dari kamu mungkin memiliki kebiasaan menumpuk sampah di dapur. Hal ini sebenarnya tidak baik, lho. Sampah yang menumpuk bisa memicu bakteri berkembang yang berujung mengganggu kesehatan para penghuni rumah.
Sebaiknya langsung buang sampah sisa memasak. Jangan lupa juga untuk membersihkan sampah yang biasa tersaring di wastafel.

4. Ekstra bersih untuk peralatan berbahan kayu

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316941)
Ilustrasi peralatan masak dari kayu Foto: Pixabay
Dilansir Cooking Light, peralatan dapur berbahan kayu lebih berisiko terkena jamur dan bakteri. Ini karena biasanya usai dicuci peralatan dapur berbahan kayu didiamkan begitu saja. Kondisi lembap tersebut dapat memicu timbulnya bakteri.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, kamu perlu ekstra saat membersihkan peralatan masak berbahan kayu ini. Supaya lebih bersih kamu bisa menggosok dengan garam, rendam dalam cuka, atau cairan disinfeksi hydrogen peroxide.

5. Ganti spons pencuci piring

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Dapur di Rumah (316942)
Ilustrasi mencuci piring dengan pasangan. Foto: Shutterstock
Hal terakhir yang jarang diperhatikan adalah mengganti spons pencuci piring. Kebanyakan dari kita betah menggunakan spons yang sudah tersedia di dapur padahal bentuknya sudah enggak karuan.
Ada baiknya, kamu mengganti spons pencuci piring secara berkala. Pastikan juga kamu mengeringkan spons usai memakainya, karena tempat spons yang lembap menjadi sarang yang cocok untuk pertumbuhan jamur serta bakteri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white