kumparan
19 September 2019 20:08

5 Jenis Pasta Paling Langka di Dunia

pasta
Ilustrasi pasta. Foto: dok.pixabay.com
Ada berapa jenis pasta yang kamu tahu? Sebagian kamu mungkin hanya akrab dengan macaroni, fussili, penne dan beberapa jenis lain.
ADVERTISEMENT
Faktanya, jenis pasta itu sungguh banyak; kira-kira ada 400 jenis. Sayangnya, tidak semua jenis pasta dikenal, bahkan beberapa mulai langka.
Lantas, seperti apa pasta yang sudah mulai langka ini? Berikut adalah lima jenis pasta yang sudah hampir punah:
1. Su filindeu
Su filindeu disebut sebagai pasta terlangka di dunia. Kabarnya, hanya tiga orang di dunia yang bisa membuat pasta ini. Pertama ada Paola Abraini yang tinggal di kota Nuoro, Sardinia, Italia dan kedua orang lainnya adalah keponakan dan saudara ipar Paola Abraini.
Pasta ini terdiri dari serat-serat panjang dan tipis seperti rambut. Bentuknya ini yang membuat cara pembuatannya juga jadi sangat rumit.
Dilansir BBC, sudah ada beberapa tamu yang datang ke Abraini untuk membuat pasta ini; beberapa bahkan mencobanya dengan mesin. Namun, mereka tidak bisa.
ADVERTISEMENT
Bahkan, setelah dua jam belajar, Jamie Oliver mengangkat tangannya dan mengatakan, "Saya sudah membuat pasta selama 20 tahun, dan saya tidak pernah melihat yang seperti ini."
2. Caccavella 
Caccavella dikenal sebagai salah satu pasta kering dengan ukuran terbesar di dunia. Bentuk pasta ini menyerupai cangkang dengan ukuran mencapai 10 sentimeter.
Caccavelle biasa diolah menjadi masakan panggang seperti lasagna. Makaroni dengan bagian luar bergerigi ini lumrah diisi dengan rempah dan daging yang disiram saus atau kuah.
3. Corzetti
Bentuk pasta corzetti memang unik; mirip dengan koin berukuran besar.
Pasta corzetti berasal dari Liguaria sehingga sering disajikan bersama bumbu aglio olio atau saus pesto yang juga berasal dari kota tersebut. Pasta ini dibuat dari gandum, garam, dan air kemudian dicetak dengan stempel bergambar atau curzetti stampae.
ADVERTISEMENT
4. Candele
Sesuai dengan namanya, pasta jenis candele memiliki bentuk seperti lilin. Berupa tabung yang padat dan panjang, candele tampak indah saat disajikan dalam piring.
Bagian tengah pasta candele biasanya diisi dengan daging rempah yang kemudian digoreng. Candele disajikan dengan saus bercitarasa pedas.
5. Quadrefiore
Bentuk pasta quadrefiore sangat unik. Bentuknya mirip dengan buah kecipir dengan dengan bagian tengah yang berlubang. Pasta ini biasa dimasak dengan saus kental dengan rasa tajam karena sifatnya yang lebih menyerap bumbu.
Cara memasak pasta ini sangat sulit. Kamu harus benar-benar teliti agak memasaknya dengan tingkat kematangan yang tepat. Jika tidak, rasanya akan keras dan alot.
Wah, bila tidak dilestarikan jenis-jenis pasta ini bisa hilang, nih! Mana yang bikin kamu paling penasaran?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan