Food & Travel
·
29 Maret 2021 12:24

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63027)
searchPerbesar
Antrean di kasir sebuah supermarket, usai wabah virus corona, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/3). Foto: REUTERS/Lim Huey Teng
Belanja ke supermarket bisa jadi salah satu kegiatan yang menghibur. Terlebih, ketika sedang melancong ke luar negeri, pasti banyak dari kita yang penasaran seperti apa bentuk supermarket lokal setempat.
ADVERTISEMENT
Tapi, karena supermarket adalah tempat umum, maka tak jarang nih, kamu akan menemukan hal-hal yang bisa mengganggu aktivitas belanjamu bahkan orang lain.
Sadar atau tidak, terkadang beberapa hal yang menjadi kebiasaan saat berbelanja ternyata dapat mengganggu kita dan juga orang lain, lho. Nah, apa saja kebiasaan berbelanja yang bisa membuat orang lain terganggu dan jengkel itu?

1. Meninggalkan troli di area parkir

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63028)
searchPerbesar
Warga memakai masker saat meninggalkan salah satu supermarket di Wellington, Selandia Baru. Foto: Marty MELVILLE / AFP
Ketika kita sampai di area parkir dari supermarket, tak jarang ditemukan troli yang ditinggal secara sembarangan. Mengutip Fox News, ada survei dari Treadmill Review yang membahas tentang etika pengunjung di supermarket.
Sebanyak 72 persen responden, mengatakan bila meninggalkan troli di parkiran merupakan hal yang sangat dilarang. Bukan hanya mengganggu, tapi juga bisa menggores dan merusak mobil yang terparkir.
ADVERTISEMENT

2. Meninggalkan antrean kasir secara tiba-tiba

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63029)
searchPerbesar
Warga antre berbelanja saat pemberlakuan pembatasan pengunjung supermarket di Tiptop, Depok, Jawa Barat, Senin (30/3/2020). Foto: REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana
Hampir 80 persen pengunjung di supermarket setuju kalau tindakan yang satu ini sangat tidak sopan. Bayangkan saja ketika kamu sedang antre, lalu orang di depan meninggalkan keranjang belanjaan demi mengambil barang lain.
Tindakan ini bukan hanya tidak sopan, namun juga jadi beban bagi para pengunjung lainnya. Pastikan ketika kamu sudah berada di antrean, jangan sekali-kali meninggalkan sembarangan, karena akan sangat mengganggu aktivitas pembayaran.

3. Terlalu banyak membeli suatu produk

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63030)
searchPerbesar
Warga antre masuk untuk belanja ke supermarket di Hoenheim, Prancis. Foto: REUTERS / Christian Hartmann
Saat pandemi, persediaan produk tertentu, seperti barang kesehatan dan makanan jumlahnya jadi terbatas. Tapi, permintaan dari pengunjung pun banyak. Oleh karenanya, kamu jangan pernah memborong untuk dirimu sendiri. Pastikan kamu menyisakannya, karena banyak orang yang juga membutuhkan barang tersebut.
ADVERTISEMENT

4. Menghalangi lorong belanja dengan troli

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63031)
searchPerbesar
Suasana supermarket di Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat, Senin (2/3). Foto: Ema Fitriyani/kumparan
Kamu mungkin sering mengalami kemacetan di lorong karena banyaknya jumlah troli yang ada. Apalagi kalau di hari libur, supermarket jadi lebih padat pengunjung. Maka dari itu, banyak dari mereka menggunakan troli karena bisa menampung banyak belanjaan.
Akan tetapi, perlu diingat ya, 90 persen orang tidak menyukai kejadian ini. Sehingga, tipsnya mulailah untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

5. Tidak mengikuti petunjuk khusus

5 Kebiasaan Belanja di Supermarket Ini Bisa Bikin Pengunjung Lain Jengkel Lho! (63032)
searchPerbesar
Ilustrasi Supermarket. Foto: Pixabay
Petunjuk khusus kerap dijumpai di lantai supermarket. Meski terkadang terlihat hanya sebagai hiasan saja; namun, petunjuk ini memiliki esensinya tersendiri.
Pihak supermarket sengaja membuatnya, untuk mempermudah alur belanja yang rapi, dan sebagai petunjuk ketika mereka merasa kesulitan untuk mencari lorong yang diinginkan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu jadi pengunjung yang baik dengan mematuhi aturan petunjuk ini, ya.
ADVERTISEMENT
Nah, bagaimana dengan kamu, kebiasaan belanja seperti apa yang menurutmu menjengkelkan?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya