5 Kebiasaan Buruk Saat Memasak yang Bisa Bikin Makanan Jadi Enggak Enak

14 Mei 2020 14:02 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi memasak Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memasak Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan bila berhasil melakukannya. Tapi saat gagal, ada saja yang jadi putus asa dan tak ingin mencobanya lagi. Sebenarnya kegagalan memasak enggak melulu karena tekniknya yang salah. Bisa jadi ada kebiasaan-kebiasaan dari kita yang membuat rasa masakan atau teksturnya jadi tak enak.
ADVERTISEMENT
Salah satunya, kebiasaan memasak dengan api besar. Enggak semua bahan makanan perlu dimasak dengan api besar. Apalagi saat memasak sayuran, hal ini sangat dilarang karena akan mengurangi kandungan gizinya. Apalagi di tengah terpaan virus seperti sekarang ini, kita diharuskan makan makanan sehat.
Selain itu adakah kebiasaan buruk saat memasak lainnya yang harus dihindari? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak rangkumannya berikut ini. Jangan-jangan salah satu dari kebiasaan memasak berikut sering kamu lakukan, hayooo.

1. Memakai rempah-rempah kedaluwarsa

Ilustrasi Rempah-rempah Foto: Shutterstock/Dionisvera
Memang, sih rempah-rempah yang sudah kita stok banyak sayang kalau dibuang begitu saja. Tapi, kalau sudah busuk dan kedaluwarsa lebih baik jangan dipakai lagi, ya. Ini karena beberapa rempah bisa menimbulkan keracunan makanan saat dikonsumsi dalam keadaan tak segar.
ADVERTISEMENT
Meskipun begitu, dikutip dari The Dail Meal, untuk rempah kering sebenarnya masih bisa kamu gunakan dan hidupkan kembali rasanya.
Caranya dengan memanaskan kembali rempah tersebut. Masukkan takaran rempah yang hendak kamu pakai ke dalam teflon tanpa minyak, lalu panggang 1-3 menit hingga aromanya kembali keluar. Selanjutnya, kamu tinggal menambahkan rempah tersebut ke dalam masakan.

2. Mencuci ayam

Ilustrasi mencairkan daging ayam beku Foto: dok.shutterstock
Pengin mencoba menghindari keracunan makanan? Jangan cuci daging ayam yang akan kamu masak. Jika kamu mencucinya, maka hanya akan mencemari wastafel dapurmu.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, untuk mempersiapkan daging ayam mentah sebaiknya cuci tanganmu terlebih dahulu. Pastikan juga kamu menggunakan talenan khusus daging ayam untuk menghindari kontaminasi silang. Selanjutnya, masak daging ayam dengan suhu 165 derajat agar bakteri yang menempel mati dan kamu bisa memakannya dengan aman.
ADVERTISEMENT

3. Berlebihan dalam memberi bumbu atau saus

Memasak santan Foto: Shutter Stock
Tahukah kamu, enggak semua masakan perlu kamu bumbui atau dilumuri dengan banyak saus. Cara tersebut hanya akan membuat makananmu terasa jadi enggak enak dan bikin enek, lho.
Misalnya pada daging ayam atau sapi yang hendak kamu panggang, sebenarnya hanya butuh garam dan lada untuk meningkatkan rasanya. Ini karena, daging sudah memiliki cita rasa gurih alami yang justru akan rusak bila kamu membumbuinya secara berlebihan. Inilah mengapa juga para koki di restoran hanya memberikan garam dan lada pada sajian steaknya.

4. Membilas pasta dengan air

Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
Beberapa dari kamu mungkin memiliki kebiasaan membilas pasta yang sudah matang dengan air. Eits, jangan diulangi lagi, ya. Soalnya, membilas pasta dengan air hanya akan membuatnya lengket satu sama lain.
ADVERTISEMENT
Bila pengin menyajikan pasta bercitarasa restoran, maka masaklah dengan tingkat kematangan al dente. Dengan begitu, pasta akan terasa lebih nikmat dan tidak terlalu matang alias lembek. Memasak dengan tingkat kematangan al dente juga menjaga indeks glikemik pasta tetap rendah, lho, jadi aman untuk kestabilan gula darah.

5. Membuang makanan sisa

Ilustrasi makanan sisa. Foto: Shutter Stock
Kondisi seperti sekarang ini sangat sayang kalau kamu dengan mudahnya membuang-buang makanan. Sebenarnya enggak semua makanan sisa harus kamu langsung buang, lho. Apalagi makanan sisa baru dimasak, sebaiknya disimpan saja untuk stok lauk di lain hari.
Selain itu, kamu juga bisa menjadikan sisa lauk seperti daging, sambal, atau sayuran untuk membuat nasi goreng. Bisa makan enak lagi, deh.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.