kumparan
Food & Travel5 Februari 2020 8:24

5 Makanan yang Bisa Disantap Sepuasnya Tanpa Bikin Gagal Diet

Konten Redaksi kumparan
oatmeal kurma
bahan-bahan untuk membuat oatmeal kurma Foto: Shutterstock
Saat sedang menjalani diet, kita rela merasa kelaparan demi mendapatkan berat badan yang diinginkan. Makan jadi tak bisa puas, karena harus membatasi porsinya per hari.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita santap hingga kenyang, tanpa membuat lemak menumpuk, lho. Bukan itu saja, kandungan protein dan seratnya yang tinggi, serta kadar kalori rendah, bisa membuat kita cepat merasa kenyang.
Berikut telah kumparan rangkum, lima makanan yang bisa dikonsumsi sepuasnya, tanpa takut membuat berat badan naik. Apa saja?

1. Telur utuh

Mengupas telur
Telur Foto: Shutterstock
Telur mengandung berbagai nutrisi penting yang menyehatkan. Hampir seluruh nutrisinya, terdapat di bagian kuningnya. Telur merupakan protein komplet, yang berarti mengandung sembilan asam amino penting. Sebagai tambahan, makanan ini juga sangat mengenyangkan.
Beberapa penelitian menemukan, orang-orang yang mengonsumsi telur sebagai menu sarapan merasa lebih puas, dan akan menyantap lebih sedikit kalori setelahnya.

2. Oatmeal

Ilustrasi oatmeal
Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock
Selain telur, menu makanan yang bisa kita santap sepuasnya tanpa takut menambah lemak adalah oatmeal. Olahan gandum yang satu ini sangat mengenyangkan, dan menempati posisi ketiga dalam indeks kepuasan makanan.
ADVERTISEMENT
Hal ini disebabkan karena kadar seratnya yang tinggi, dan kemampuan oatmeal dalam menyerap air. Bukan itu saja, oat juga menjadi sumber serat larut bernama beta-glucan. Komponen tersebut bisa memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat.
Bila dibandingkan dengan sereal, oatmeal punya kemampuan menekan nafsu makan, meningkatkan kepuasan, dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari yang lebih baik.

3. Sup berkaldu

Lipsus, MRT Food Guide, Kedai Lilie Singkawang
Sup Iga di Kedai Lilie Singkawang, Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Sebuah studi berjudul Liquids are often considered to be less filling than solid foods menunjukkan, ketika seseorang mengonsumsi sup sebelum makan berat, asupan kalori yang disantap setelahnya akan berkurang sebesar 20 persen.
Beberapa studi juga menemukan, makan sup secara rutin bisa mengurangi asupan kalori, meningkatkan kepuasan, dan membantu menurunkan berat badan.
ADVERTISEMENT
Pilihlah sup yang berkuah kaldu, karena kandungan kalorinya yang lebih rendah ketimbang sup berbasis krim. Dengan begitu, kamu bisa menyantapnya sepuas hati tanpa perlu merasa berdosa.

4. Ikan

Makanan Penghilang Stres
Daging salmon. Foto: Thinkstock
Kaya akan asam lemak omega-3, ikan bisa meningkatkan kepuasan makan pada orang-orang yang mengalami obesitas. Bukan itu saja, ikan juga mengandung protein berkualitas tinggi, yang bersifat mengenyangkan.
Bahkan, sebuah studi berjudul A comparison of the effects of beef, chicken and fish protein on satiety and amino acid profiles in lean male subjects mengungkapkan, efek kepuasan usai mengonsumsi ikan jauh lebih tinggi ketimbang konsumsi daging ayam dan sapi.
Selain itu, orang yang makan ikan, asupan kalori setelahnya jadi 11 persen lebih sedikit ketimbang mereka yang makan daging.
ADVERTISEMENT

5. Keju cottage

keju cottage
keju cottage Foto: Shutterstock
Jenis keju ini memiliki kalori yang rendah, tapi sangat tinggi akan protein. Bukan itu saja, keju cottage juga diperkaya dengan nutrisi menyehatkan, seperti vitamin B, kalsium, fosfor, dan selenium.
Karakteristiknya ini menjadikan keju cottage sebagai makanan yang bisa menurunkan berat badan. Efek kenyang yang diciptakan usai mengonsumsinya juga disebut-sebut mirip dengan telur.
Dengan begitu, kita bisa tetap makan sampai puas, tanpa harus merusak usaha menurunkan berat badan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan