kumparan
7 April 2019 18:40

5 Manfaat Tak Terduga dari Kacang Tanah

Ilustrasi kacang tanah
Ilustrasi kacang tanah Foto: Pixabay
Kacang tanah merupakan kacang-kacangan kedua terpenting setelah di kedelai di Indonesia. Tak heran, karena kacang-kacangan yang memiliki nama imiah Arachis hypogaea ini sering dijadikan sebagai olahan makanan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tak sedikit dari kita menghindari kacang karena sering dijadikan alasan penyebab munculnya jerawat dan penyakit lain. Padahal, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine, kacang tanah atau groundnut memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan.
Kandungan nutrisi seperti sumber protein, mangan, niasin, folat, vitamin E, tiamin, fosfor, biotin, dan magnesium terbukti baik untuk tubuh.
Ingin tahu manfaat apa saja yang didapat dari kacang tanah? Mari simak informasinya berikut ini.
1. Menyeimbangkan kadar kolesterol
Coklat 1
Coklat tak bikin kolesterol jahat meningkat Foto: Thinkstock
Kacang tanah mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal dan kadar lemak tak jenuh ganda yang tinggi, sehingga bisa membantu menjaga keseimbangan antara LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik dalam darah.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, mengkonsumsi kacang tanah setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung.
2. Mencegah kanker
Ilustrasi kanker
Ilustrasi kanker Foto: THINKSTOCK
Kacang tanah mengandung beta-sitosterol, yang memiliki kapasitas untuk melindungi seseorang dari penyakit kanker. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa mengurangi penyebaran sel-sel tumor di dalam tubuh karena bisa menghambat pertumbuhannya.
3. Mencegah diabetes
Diabetes
Gula dan alat pengukur kadar gula. Foto: pixabay.com
Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi kacang tanah setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit diabetes hingga 21 persen. Ini artinya, kacang tanah menjadi salah satu camilan yang pas untuk dikonsumsi mereka penderita diabetes.
Kacang tanah juga kaya akan mangan yang bisa membantu menyerap kalsium serta lemak, sehingga bisa mengatur tingkat gula darah.
4. Baik untuk kesehatan kulit
Ilustrasi Kulit Glowing
Tampak glowing dengan perawatan Rejuran menggunakan ekstrak DNA ikan salmon dari Euroskinlab. Foto: Shutterstock
Banyak sekali anggapan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kacang bisa menyebabkan jerawat. Padahal, menurut beberapa penelitian, kacang bisa membuat kulit lembab dan bercahaya, lho.
ADVERTISEMENT
Salah satu penyebabnya, tak lain dan tak bukan, karena kacang tanah mengandung asam tak jenuh tunggal dan resveratrol. Selain itu, kacang juga mengandung serat makanan, yang bisa membantu mengeluarkan racun dari kulit sehingga membuat kulit lebih sehat dan bersih.
5. Mengurangi depresi
Depresi remaja
Ilustrasi depresi pada remaja. Foto: Dok. Freepik
Manfaat yang terakhir ini mungkin berguna bagi kamu yang sedang dilanda stres atau depresi. Menurut sebuah studi, kacang tanah mengandung tryptophan atau sejenis asam amino yang bisa membantu melepaskan zat kimia penyebab depresi.
Selain itu, senyawa tersebut juga bisa membuat suasana hati seseorang bertambah baik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan