kumparan
14 Sep 2019 18:10 WIB

5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

Teh Hijau Foto: pixabay
Teh hijau sudah lama dikenal sebagai salah satu minuman tersehat. Karena minim proses, teh hijau tidak teroksidasi, sehingga kandungan antioksidannya sangat tinggi.
ADVERTISEMENT
Teh hijau juga kaya akan mineral, polifenol, dan flavonoid yang bersifat anti-inflamasi. Nah, berbagai kandungan nutrisi tersebut rupanya tak cuma bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan kulit, lho.
Konsumsi minuman ini secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan menjaga kesehatan kulit. Nah, berikut telah kumparan rangkum lima manfaat teh hijau bagi kulit, di antaranya:
1. Membantu melawan jerawat
Ilustrasi jerawat. Foto: Shutterstock
Teh hijau kaya akan polifenol, yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Komponen tersebut berperan mencegah munculnya jerawat dan infeksi kulit lainnya.
Selain itu, teh hijau juga mengandung beberapa agen antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacteria acnes, propionibacteria granulosum, serta Staph.
2. Menurunkan risiko terkena kanker kulit
Ilustrasi teh hijau Foto: Shutterstock/Africa Studio
Paparan radiasi dari sinar UV dapat membuat kita riskan terkena melanoma, salah satu jenis kanker kulit paling berbahaya. Penyakit ini menyerang sel tubuh yang memproduksi melanin —pigmen warna kulit.
ADVERTISEMENT
Sebuah penelitian pada tahun 2003 yang dilakukan oleh Departemen of Dermatology Universitas Alabama di Birmingham menyimpulkan bahwa, teh hijau bisa berfungsi sebagai agen pencegah kerusakan kulit, terutama yang disebabkan karena paparan radiasi sinar UV berlebih. Selain itu, kandungan polifenol di dalamnya juga terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Mengontrol kulit berminyak
Ilustrasi kulit berminyak. Foto: Shutterstock
Kadar minyak berlebih pada kulit dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Tenang saja, kamu bisa meminimalisir kadar minyak pada kulit dengan mengonsumsi teh hijau.
Komponen epigallocatechin gallate atau EGCG di dalamnya, dapat mengurangi jumlah keluarnya minyak pada kulit. Dengan begitu, pertumbuhan jerawat pun dapat dicegah.
4. Mengurangi efek penuaan pada kulit
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
Dilansir Healthline, mengonsumsi teh hijau dapat membantu kulit mengatasi proses penuaan dengan lebih baik. Sebuah studi di tahun 2005 menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi teh hijau, dan mengaplikasikannya pada kulit mengalami peningkatan pada elastisitas kulitnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, studi pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed menunjukkan, kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dapat diminimalisir dengan penggunaan kosmetik berbahan dasar ekstrak teh hijau.
5. Mengempiskan kantung mata
Ilustrasi kantung mata hitam. Foto: Shutterstock
Kandungan kafein dalam teh hijau ternyata efektif untuk mengempiskan kantung mata yang membandel, lho. Rendam kantung teh hijau dengan air selama beberapa saat, lalu peras untuk mengurangi air yang masih tersisa.
Masukkan ke dalam kulkas selama 10 - 20 menit. Lalu, letakkan di atas kelopak mata selama kurang lebih 30 menit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan