Food & Travel
·
20 Januari 2021 19:02

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101755)
searchPerbesar
Aneka chinese food halal di Royal Silk Road. Foto: Toshiko/kumparan
Bagi yang belum tahu, tempat makan dengan menu ala chinese food biasanya menjadi pilihan untuk kumpul keluarga. Pilihan menu dan lauk dengan porsi besar dan sangat beragam, membuat sajian di tempat makan tersebut terasa pas untuk dinikmati bersama-sama. Beberapa tempat makan chinese food identik pula dengan sajian comfort food.
ADVERTISEMENT
Jadi, daripada bingung menentukan makan siang atau makan malam keluarga di mana, yuk simak 5 rekomendasi tempat makan dengan menu ala chinese food yang enak di Jakarta berikut ini. Beberapa juga menerima pesanan delivery sehingga kamu bisa tetap makan di rumah saja, kok.

1. Royal Silk Road

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101756)
searchPerbesar
Fried shrimp and chicken wings. Foto: Toshiko/kumparan
Bila kamu ingin mencicipi makanan chinese food halal yang autentik khas Tiongkok, cobalah berkunjung ke tempat makan satu ini! Berbeda dengan chinese food non-halal, restoran ini hanya menggunakan daging sapi dan kambing sebagai sumber protein utama.
Oiya, pemilik resto ini juga berasal dari kota Gansu di China —di sana populasi kelompok Muslim cukup signifikan, jadi jangan khawatir. Kamu bisa memesan noodle bee (Rp 78 ribu), dumpling (Rp 30 ribu), serta aneka sayuran seperti bok choi tumis. Tidak lupa, segelas lemon tea hangat (Rp 55 ribu) yang disajikan dalam tempat teh dari kaca.
ADVERTISEMENT
Selain menu di atas, kamu juga bisa memesan sapi qingshui, iga kambing jiaoyan, buntut sapi pedas, serta royal barbekyu. Semuanya bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin makan tengah bareng keluarga. Tentunya, porsi makanannya juga sangat besar!
Royal Silk Road
Alamat: Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta Selatan

2. Bubur Cap Tiger

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101757)
searchPerbesar
Menu bubur di Bubur cap Tiger Foto: Safira Maharani/ kumparan
Restoran Bubur Cap Tiger menyajikan bubur tradisional khas China —dengan suasana tempat yang lebih modern. Ada tiga jenis bubur yang bisa kamu pilih; yaitu bubur polos, bubur ayam, dan bubur ikan dengan harga berkisar dari Rp 25-45 ribu per mangkuk.
Tak lupa, buburnya juga dilengkapi tambahan cakwe dan seledri. Pengunjung pun bisa menambah pelengkap lain, seperti telur asin, telur pitan, ati-ampela, usus ayam, tahu kecap, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Ayam rebus juga bisa jadi teman makan bubur di sini. Uniknya, kamu bisa menemukan porsi seperempat hingga satu ekor utuh ayam rebus (dibanderol dengan harga Rp 55-220 ribu). Seluruh menu makanan dan minuman juga dijamin halal. Jadi, tak perlu khawatir lagi untuk mencicipi hidangan di restoran ini, kan?
Bubur Cap Tiger
Alamat: Jalan Cikajang No. 34 A, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Mie Haw

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101758)
searchPerbesar
Mie kering keriting komplit ala Mie Haw, kedai bakmi halal di Jalan Ciranjang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Menikmati chinese food yang lebih sederhana, coba berkunjunglah ke Mie Haw. Dengan tempat mungil layaknya kedai ramen, pengunjung dapat langsung memesan beragam menu yang tersedia. Ada mie karet keriting, nasi hainan, kuotie, suikiaw kuah, dan masih banyak lagi. Tidak lupa, pesanlah segelas minuman segar, yaitu es liang teh ungu.
ADVERTISEMENT
Uniknya, kamu dapat melihat proses pembuatan makanan dan minuman langsung di dapur terbuka; tepat di depan meja pelanggan. Mengantisipasi situasi pandemi, kedai mie halal ini juga menjaga pengunjung dengan cara unik —mejanya diberi sekat bening layaknya ramen bar.
Mie Haw
Alamat: 2, Jl. Ciranjang No.25, RT.2/RW.1, West Rawa, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12180.

4. Wancan

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101759)
searchPerbesar
Menu makanan di Wancan Foto: Safira M/ kumparan
Untuk menikmati nasi hainan dengan pilihan yang lebih beragam, Wancan menyediakan banyak pilihan, lho. Kamu bisa menemukan ayam roasted atau poached —dengan dua ukuran berbeda; ayam satu atau setengah ekor. Keduanya tentu menawarkan sensasi makan chicken rice yang autentik, dengan menu roasted chicken berbalut kulit ayam nan garing!
Selain itu, ada beberapa menu pelengkap lainnya; seperti telur kecap, bok choy, soup, siomay, fried mantau, dan nastar. Untuk pelega dahaga, pilihlah liang teh yang dibuat homemade oleh restoran ini! Sekadar informasi, jika ingin berkunjung ke Wancan, pastikan datang lebih awal. Sebab, beberapa menu spesialnya - -siomay dan telur kecap-- kerap cepat habis terjual.
ADVERTISEMENT
Wancan
Alamat: Komplek Golden Plaza blok e-26, Jl. RS. Fatmawati Raya No.15, Jakarta Selatan.

5. Hainampol

5 Rekomendasi Tempat Makan Halal dengan Menu ala Chinese Food di Jakarta (101760)
searchPerbesar
Hainam set rice, Hainampol Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Hainampol menawarkan set makanan yang bisa kamu pesan ke rumah. Dalam satu box hainam set rice (Rp 45 ribu), kamu akan menemukan potongan ayam rebus, ayam char siew, sate manis, setengah potong telur rebus kecokelatan, dan irisan mentimun —campuran yang autentik, bukan?
Namun, jika kamu lebih suka kreasi menu yang modern, bisa mencicipi hainam crispy matah (Rp 35 ribu) yang berisi nasi, dengan topping daging ayam berbalut tepung, serta siraman sambal matah.
Jika bosan dengan pilihan nasi, maka Hainampol juga punya menu lain seperti bakmi signature asin dan manis. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan akan makan malam apa hari ini?
ADVERTISEMENT
Hainampol
Alamat: Plaza Kemang, Jl. Kemang Raya No.88, Kota Jakarta Selatan.
Reporter: Natashia Loi