Food & Travel
·
23 Agustus 2019 18:16

5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79764)
Ilustrasi perut kenyang Foto: Shutter Stock
Saat sedang kelaparan, kita cenderung kalap dan makan banyak. Apalagi, kalau yang ada di depan mata adalah makanan favorit. Bisa-bisa makan jadi tak terkontrol.
ADVERTISEMENT
Meski awalnya terasa puas, namun makan terlalu banyak bisa memperlambat sistem pencernaanmu, lho. Makanan yang belum sempat tercerna akan menumpuk dan terdorong ke atas menuju diafragma kita. Akibatnya, muncul rasa sesak napas, begah, bahkan sakit perut.
Untungnya, ada sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa begah akibat kekenyangan tersebut, lho. Apa saja? Yuk, simak tipsnya berikut ini!
1. Minum teh herbal
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79765)
Ilustrasi teh herbal Foto: Shutterstock
Menyesap secangkir teh herbal bisa membantu pergerakan makanan dalam sistem pencernaan, dan membuat perut terasa lega. Pilihlah teh chamomile, teh chicory, teh hijau, atau jenis teh herbal lainnya yang kamu sukai. Selain mengurangi begah, teh herbal juga bisa berfungsi untuk menenangkan tubuh.
2. Makan permen peppermint
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79766)
Ilustrasi permen mint Foto: dok.shutterstock
Salah satu cara ampuh untuk mengurangi begah usai makan terlalu banyak adalah makan permen peppermint. Peppermint mengandung menthol yang bisa menghilangkan gas, sembelit, dan rasa mual.
ADVERTISEMENT
Permen juga bisa membantu menenangkan lubang di antara perut dan kerongkongan, sehingga memungkinkan asam lambung mengalir dengan lancar.
3. Minum campuran cuka apel dan air
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79767)
Ilustrasi cuka apel Foto: Pixabay
Dilansir Food NDTV, campuran sesendok cuka apel dan segelas air bisa menyembuhkan rasa begah dengan cepat. Campuran ini akan membantu mengembalikan mekanisme pencernaan. Bukan itu saja, cuka apel juga mengandung probiotik yang bisa menjaga kesehatan usus.
4. Konsumsi kunyit
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79768)
Ilustrasi Susu Kunyit Foto: Shutterstock/Alphonsine Sabine
Kunyit telah lama dikenal sebagai rempah yang mengandung anti inflamasi, antibakterial, serta kaya akan antioksidan. Seluruh manfaat kesehatan tersebut, berasal dari komponen kurkumin yang bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat terlalu banyak makan. Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan sejumput bubuk kunyit dengan air hangat dan lemon.
ADVERTISEMENT
5. Minum campuran lemon dan rempah
5 Tips Efektif Atasi Sakit Perut karena Kekenyangan (79769)
Ilustrasi lemon Foto: Pixabay
Minuman berempah juga bisa membantu meringankan rasa tak nyaman pada pencernaan. Tambahkan pula potongan lemon supaya perut terasa lebih baik.
Kombinasi lemon, air hangat, dan sejumput merica bisa jadi pilihan untuk mengobati sakit perut karena kekenyangan. Ketiganya, merupakan obat pencernaan yang sangat manjur dan bisa menenangkan; sakit perut, kembung, begah, dan naiknya asam lambung.