Food & Travel
·
19 Mei 2020 14:57

5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282485)
Ilustrasi buka bersama bersama keluarga di rumah. Foto: Shutterstock
Bulan Ramadhan tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dulu bulan puasa selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari berburu sajian khas Ramadhan bersama keluarga, hingga mengadakan acara bukber (buka bersama) dengan teman.
Namun kini, pandemi memaksa kita untuk tetap di rumah dan meminimalisir kontak langsung dengan banyak orang. Otomatis rencana yang seharusnya dilaksanakan saat bulan puasa pun harus dibatalkan.
Jangan lantas tidak bersemangat, karena momen di rumah aja ini justru bisa kamu manfaatkan untuk mempererat hubungan dengan keluarga. Salah satunya dengan rutin merencanakan momen berbuka dan sahur yang lebih seru dan menyenangkan.
Agar momen sahur dan buka lebih menyenangkan, tentu persiapannya pun harus spesial. Tapi jangan khawatir, dengan beberapa tips mudah berikut ini, kamu pun bisa membuat suasana sahur maupun buka jadi semarak. Apa saja?

1. Ajak keluarga saat memilih menu bersama

5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282486)
com-Ilustrasi buka puasa bersama Foto: Shutterstock
Kebersamaan akan terasa lebih hangat saat bisa memilih dan mempersiapkan makanan sahur maupun buka puasa bersama-sama. Kamu bisa memulainya dengan memilih menu yang akan disajikan, misalnya hari ini akan menyajikan hidangan ala Indonesia, western, japanese, atau sajian oriental.
Setelah itu, bagi tugas untuk mempersiapkan makanan di meja, mulai dari tugas untuk menata meja, menyiapkan hidangan pembuka, hingga menyajikan hidangan utama. Perhatikan juga waktu saat persiapannya agar tidak terburu-buru, ya!

2. Pilih menu yang bervariasi

5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282487)
Ilustrasi buka bersama bersama. Foto: Shutterstock
Setiap orang pasti punya selera sendiri-sendiri akan hidangan yang disukai maupun tidak disukainya. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat atau memesan menu yang bervariasi.
Selain itu, hindari juga menyajikan makanan yang mungkin tidak disukai oleh salah satu anggota keluarga. Apalagi saat sahur, hidangan yang sesuai dengan selera kita tentu akan meningkatkan semangat.

3. Ciptakan suasana makan yang bersih dan nyaman

5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282488)
Ilustrasi buka bersama bersama keluarga di rumah. Foto: Shutterstock
Meski terkesan tidak penting, nyatanya kebersihan ruang makan bisa mempengaruhi nafsu makan, lho. Ruang makan yang bersih tentunya juga akan membuat keluarga jadi semakin betah untuk makan bersama-sama.
Selain itu, kenyamanan juga tak kalah penting. Salah satu caranya adalah menata meja makan dengan tema yang berbeda-beda agar semakin semarak. Atau kamu juga bisa mengadakan buka bersama bertema garden party kecil-kecilan di halaman rumah.

4. Manfaatkan fitur video call saat berbuka

5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282489)
Ilustrasi video call sambil buka bersama di rumah. Foto: Shutterstock
Menjalani physical distancing bukan berarti kita tidak bisa menjalin silaturahmi dengan kerabat jauh. Dengan memanfaatkan fitur video call melalui smartphone atau laptop, kamu dan keluarga bisa mengadakan bukber sambil melepas rindu meski tidak berada di tempat yang sama. Agar lebih seru, kamu juga bisa menyiapkan tema dan dresscode tertentu sebelum melakukan sesi video call.

5. Pesan makanan lewat fitur Pesanan Terjadwal di GrabFood

Di tengah kesibukan yang tak henti, mempersiapkan menu buka maupun sahur terkadang jadi hal yang cukup merepotkan. Namun kini tidak lagi, sebab kamu bisa mempersiapkan menu sahur dan berbuka secara lebih praktis lewat fitur pemesanan terbaru yang dipersembahkan GrabFood.
5 Tips Rencanakan Sahur dan Buka Menyenangkan Bersama Keluarga (282490)
com-Grab luncurkan fitur 'Pesan Terjadwal' dalam program SiapAntarRamadanmu. Foto: Dok. Grab
Agar momen Ramadan kamu dan keluarga makin spesial meski dalam kondisi physical distancing, Grab telah meluncurkan program #SiapAntarRamadanmu. Melalui program tersebut, Grab tak ketinggalan menghadirkan fitur ‘Pesanan Terjadwal’, apa itu?
Dengan adanya fitur ‘Pesan Terjadwal’, pelanggan bisa lebih leluasa mengatur waktu pemesanan makanannya melalui GrabFood, mulai dari dua jam hingga dua hari. Menariknya lagi, dengan fitur ini, pelanggan juga bisa memesan makanan dari empat restoran sekaligus melalui fitur ‘Multi Order’. Jadi tidak perlu lagi tergesa-gesa karena takut melewati waktu sahur dan berbuka puasa.
Caranya tidak jauh berbeda dengan proses pemesanan yang biasa kita lakukan. Pertama kamu bisa mencari merchant pilihan yang ditandai dengan logo centang hijau, lalu pilih menu yang diinginkan. Selanjutnya kamu tinggal klik pilihan waktu pengantaran dan atur waktu pemesanan sesuai dengan kebutuhan.
Dengan adanya fitur ini, tentu akan mengurangi waktu antrian dan penumpukan pesanan di waktu yang sama. Ditambah adanya fitur ‘Pengantaran Tanpa Kontak’, pemesanan makanan pun jadi lebih aman karena adanya batasi interaksi langsung antara pelanggan dan mitra GrabFood. Ya, Grab berkomitmen tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19.
Tidak perlu repot lagi kan, merencanakan momen sahur dan buka puasa yang menyenangkan bersama keluarga di rumah!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Grab