Food & Travel
·
27 Juni 2021 14:53
·
waktu baca 2 menit

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56074)
searchPerbesar
Gochujang saus khas yang menjadi pelengkap dalam makanan Korea Foto: Dok. Pixabay
Hampir semua negara punya camilan khasnya masing-masing. Tak terkecuali di Korea, negara ini punya sejumlah kuliner yang mampu membuat perut kita keroncongan. Selain memang dikenal sebagai negara penghasil ginseng, Korea juga punya ragam camilan autentik.
ADVERTISEMENT
Sebut saja, tteokbokki yang sangat mendunia, pancake sayur khas bernama jeon, dan masih banyak lagi. Mengutip rilis dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, ragam bunsik atau jajanan ringan ini memang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional Korea. Bila kamu memiliki kesempatan berkunjung ke sana seusai pandemi, wajib sekali untuk menjajal aneka camilan tersebut.
Nah, untuk menambah referensi akan daftar camilan Korea yang wajib kamu coba, kami mempunyai beberapa rekomendasinya. Mulai dari kimbap sampai hotteok hangat nan manis, pencinta makanan Korea, yuk merapat dan simak daftar berikut ini.

1. Kimbap

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56075)
searchPerbesar
kimbap Foto: Shutterstock
Kimbap merupakan camilan Korea yang mirip dengan sushi ala Jepang. Hanya saja, tampilan kimbap tidak begitu beragam laiknya sushi. Nasi gulung ala negeri Ginseng ini lebih sering disajikan dengan bentuk silinder memanjang, lalu dilapisi rumput laut di bagian luarnya. Isian kimbap biasanya terdiri dari potongan telur, eomuk, wortel, bayam dan acar lobak. Untuk pelengkapnya, gimbap nikmat diolesi dengan minyak dan taburan biji wijen.
ADVERTISEMENT

2. Jeon

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56076)
searchPerbesar
Pajeon (pancake daun bawang Korea) Foto: Shutterstock
Orang korea juga memiliki pancake andalan, lho. Disebut jeon, camilan satu ini umumnya mempunyai cita rasa asin-gurih. Kalau biasanya pancake disajikan dengan tambahan sirup manis atau es krim, jeon lebih sering disajikan dengan kecap asin. Ini karena, bahan dasar jeon terbuat dari daging, seafood, sayuran, serta telur. Jeon atau pancake Korea ini juga punya beberapa varian; seperti pajeon maupun kimchijeon

3. Tteokbokki

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56077)
searchPerbesar
com-Tteok-bokki Foto: Shutterstock
Nah, pasti sudah banyak dari kamu yang mengenal kue beras satu ini? Yup, tteokbokki memang jadi camilan khas dan wajib di Korea, bahkan kini eksistensinya sudah dikenal oleh banyak orang di berbagai negara. Di Korea, tteokbokki dijual di pinggir jalan atau di pedagang kaki lima. Kue beras tersebut umumnya punya rasa manis, gurih, dan pedas.Terkadang dalam seporsi tteokbokki juga terdapat eomuk atau odeng sebagai pelengkap.
ADVERTISEMENT

4. Odeng

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56078)
searchPerbesar
Odeng atau Eomuk, jajanan khas Korea. Foto: Niken Nurani/kumparan
Tak jauh berbeda dengan camilan sebelumnya, odeng atau fish cake merupakan kudapan paling umum di Negeri Ginseng. Biasanya kedua camilan ini dijual bersamaan. Odeng berbahan dasar ikan giling laiknya otak-otak. Lalu dimasak dengan cara ditusuk seperti sate kemudian direbus dengan kuah kaldu. Untuk menikmati odeng, biasanya akan diberikan potongan lobak serta daun bawang.

5. Hotteok

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56079)
searchPerbesar
Hotteok Dan Bam Indonesia, pancake ala Korea Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Kalau jeon merupakan pancake Korea dengan rasanya yang asin. Kali ini ada hotteok, pancake mini yang manis nan renyah. Hampir semua pancake di Korea tidak di panggang, kebanyakannya hanya digoreng dalam minyak panas supaya kulitnya garing. Nah, untuk hotteok seringnya diisi dengan aneka kacang-kacangan, laiknya pinus serta kenari; lalu ditambah gula sebagai pelengkap rasa manis.
ADVERTISEMENT

6. Bungeoppang

6 Camilan Khas Korea Terfavorit, Ada Kimbap sampai Hotteok Juga, Lho (56080)
searchPerbesar
Ilustrasi bungeoppang Foto: Dok. Pixabay
Kue manis berbentuk ikan ini jadi salah satu camilan paling favorit ketika musim dingin tiba di Korea. Hampir serupa dengan camilan Taiyaki ala Jepang, bungeoppang juga punya cita rasa manis dari isian pasta kacang merah dicampur dengan krim atau selai keju. Bungeoppang sangat nikmat disantap ketika masih hangat dan baru diangkat dari panggangan.
Nah, dari semua kuliner Korea di atas, mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya