kumparan
26 Maret 2020 12:22

6 Manfaat Cokelat Hitam untuk Camilan di Rumah Aja

Ilustrasi dark chocolate
Ilustrasi dark chocolate Foto: dok.shutterstock
Ada banyak orang yang tergila-gila dengan rasa cokelat. Bisa dikreasikan jadi camilan enak, cokelat batang saja sebenarnya sudah enak dinikmati begitu saja. Namun, kalau kamu sedang tergerak untuk makan sehat saat di rumah aja, tak ada salahnya untuk menggantinya ke cokelat hitam.
ADVERTISEMENT
Soalnya, cokelat hitam ini punya banyak manfaat baik yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat dan produktif di masa pandemi. Berikut adalah 5 manfaat cokelat hitam untuk camilan di rumah aja yang sudah kumparan rangkum untuk kamu:

1. Menurunkan risiko penyakit degeneratif

Coklat 3
Pasien diabetes tak masalah makan coklat. Foto: Thinkstock
Risiko terkena penyakit degeneratif seperti stroke, hipertensi, hingga diabetes ternyata dapat dikurangi dengan rutin mengkonsumsi jenis cokelat hitam. Di dalam cokelat terdapat flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari serangan racun berbahaya akibat radikal bebas.
Tak hanya itu, flavonoid juga berperan dalam meningkatkan produksi nitric oxide, yaitu senyawa berupa gas untuk mengontrol setiap aktivitas organ seperti melancarkan aliran darah serta memberikan imunitas pada tubuh.

2. Kaya antioksidan

Dark chocolate
Dark chocolate Foto: Pixabay
Cokelat, terutama cokelat hitam, diperkaya dengan kebaikan antioksidan. Cokelat hitam kaya akan polifenol, flavanol, dan katekin, yang membantu memberikan antioksidan dalam tubuh dalam jumlah banyak.
ADVERTISEMENT
Baik cokelat dan coklat hitam memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan beberapa buah dan sayuran. Seperti yang kita tahu, antioksidan juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan mood

Makanan Penghilang Stres
Dark chocolate ternyata juga berguna untuk menghilangkan stres lho. Asal dikonsumsi dalam jumlah yang tepat ya. Foto: Thinkstock
Cokelat telah lama digunakan sebagai ramuan alami pencegah depresi dan meningkatkan suasana hati. Cokelat mengandung phenylethylamine yang dapat menurunkan hormon cortisol penyebab stres serta meningkatkan serotonin yang dikenal pula sebagai hormon bahagia.
Bahkan, konsumsi dark chocolate saat hamil sangat dianjurkan karena dapat meredam stres dan membuat saraf lebih rileks.

4. Menambah energi

Ilustrasi Olahraga di Rumah
Tetap olahraga di rumah meski sedang work from home. Foto: Shutterstock
Kalau tubuh kita memerlukan energi dalam dosis instan, mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedikit bisa membuat keajaiban.
Kebanyakan orang menikmati teh, kopi, atau minuman energi yang mengandung gula untuk memberi tubuh mereka dosis energi yang cukup, tetapi sedikit cokelat hitam dapat melakukan hal yang sama untuk kita.
ADVERTISEMENT
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal 2015 yang dilakukan oleh American College of Cardiology, diamati bahwa makan cokelat hitam meningkatkan energi dalam mitokondria dan meningkatkan biogenesis mitokondria, yang selanjutnya membantu meningkatkan tingkat energi secara instan.

5. Meningkatkan daya pikir

Ilustrasi Olahraga di Rumah
Tetap olahraga di rumah meski sedang work from home. Foto: Shutterstock
Tak hanya melancarkan peredaran darah dan menjaga kekebalan tubuh, flavonoid di dalam cokelat ternyata juga dapat meningkatkan konsentrasi serta fokus saat bekerja di rumah aja. Bahkan, cokelat juga dapat digunakan sebagai ramuan alami untuk mempercepat penyembuhan gegar otak.

6. Menjaga berat badan

Ilustrasi berat badan anak
Ilustrasi berat badan anak Foto: Shutterstock
Cokelat hitam membangun metabolisme yang baik. Pastikan kamu memilih cokelat hitam dengan kadar gula serendah mungkin. Cokelat hitam itu justru mengontrol berat badan kamu.
Sesuai penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine, diamati bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) bagi peserta yang memiliki cokelat hitam secara teratur. Diamati bahwa kehadiran kalori rendah juga dapat membantu dalam mengelola berat badan.
ADVERTISEMENT
Itu dia 5 manfaat makan cokelat hitam untuk camilan di rumah aja. Jadi, kamu bisa kerja lebih fokus dengan berat badan tetap terjaga.
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan