Food & Travel
·
21 Juni 2019 22:19

6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92856)
Ilustrasi Soto Betawi Foto: Instagram @warungbetawihmul
Bagi kamu yang hobi makan, kuliner Betawi tak boleh kamu lewatkan. Enggak cuma budaya dan sejarah, makanan khas betawi juga banyak yang sedap dan bikin ketagihan.
ADVERTISEMENT
Suku Betawi merupakan penduduk asli yang bermukim di sebagian besar wilayah Jakarta. Maka itu, beruntunglah warga Jakarta, karena tak perlu jauh untuk mencari kuliner Betawi yang enak.
Beberapa di antaranya bisa kamu temukan di 6 tempat makan enak berikut ini. Apa saja? Berikut rangkuman kumparan:
1. Warung Betawi H. Ibeh
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92857)
Dok. Amy Chepy
Warung makan khas Betawi haji ibeh mendukung Kementerian Pariwisata untuk melestarikan wisata kuliner khas Betawi di Jakarta. Bila mampir ke sini, jangan lupa cobain pecak bandeng bakar atau pecak nilanya.
Tempat ini agak ramai saat siang hari. Namun, kalau kamu kesorean, bisa kehabisan juga. Suasana makan di sini juga seru, sangat terasa nuansa Betawinya. Setelah makan, jangan lupa untuk ngopi sambil menikmati aneka kue khas Betawi.
ADVERTISEMENT
Alamat: Jalan Raya Kembangan No. 1E, Gang Mandor, Bugis Belor, Kembangan, Jakarta Barat.
Jam buka: Senin-Sabtu (09.00-18.00)
2. Nasi Uduk Gondangdia
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92858)
Nasi Uduk Gondangdia Foto: Mela Nurhidayati Syamsiyah/Kumparan
Jika ingin menyantap nasi udukJakarta yang enak, Nasi Uduk Gondangdia jawabannya. Nasi uduk legendaris ini sudah ada sejak 1993.
Menunya ada ayam goreng, ati ayam, ampela, jantung, telur, dan daging empal. Ada pula usus, babat, paru, limpa, cumi, udang, tempe, tahu, dan petai. Semuanya bisa digoreng dengan tingkat kematangan sesuai selera.
Ingin yang dibakar juga ada. Tersedia ayam, lele, gurame, bawal, dan daging bakar. Aneka lauk-pauknya dihargai berkisar Rp 4.000 - Rp 20 ribu.
Ketika datang, kita diwajibkan untuk memilih terlebih dahulu lauk apa yang akan dimakan. Barulah lauk yang dipesan disajikan bersama nasi uduk, sambal, serta lalapan. Sambalnya ada dua macam; sambal terasi dan sambal kacang.
ADVERTISEMENT
Alamat: Jl. Cikini IV No. 12 RT. 015/RW. 005, Cikini, Menteng, RT.15/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam buka: Setiap hari (10.00-23.00)
3. Gado-gado Bon-bin
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92859)
Gado-gado Bon-Bin. Foto: Toshiko/kumparan
Salah satu kuliner Betawi yang cukup terkenal adalah gado-gado. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di Gado-gado Bon-Bin.
Dinamakan Gado-gado Bon-Bin karena dulunya nama jalan tempat makan ini adalah Jalan Bonbin. Singkatan dari Jalan Kebon Binatang 3. Tempat ini merupakan salah satu kuliner legendaris Jakarta. Buka sejak 1960.
Bumbu kacang gado-gado di sini sangat pekat. Isiannya ada kacang panjang, kangkung, tauge, dan mentimun. Ada pula tahu, kentang, dan telur rebus. Supaya kenyang pakai lontong.
ADVERTISEMENT
Selain gado-gado, ada pula asinan sayur, lontong cap go meh, mi ayam, dan bakso.
Alamat: Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Jam buka: Setiap hari (10.00-17.00)
4. Warung Mak Dower
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92860)
Warung Mak Dower. Foto: Safira Maharani/kumparan
Warung Mak Dower juga jagonya kuliner Betawi. Restoran ini bahkan mengusung menu Betawi asli.
Di sini kamu bisa makan tutut nampol, gabus pucung, jengkol nampol, dan lainnya. Lebih enak bila makan bersama karena semua porsinya cukup besar.
Alamat: Jl. Pemuda No. 72, Rawamangun, Jakarta Timur
Jam buka: Setiap hari (10.00-22.00
5. Soto dan Sop Khas Betawi Bang Nawi
6 Tempat Makan Enak Kuliner Betawi di Jakarta (92861)
Soto Betawi Daging-Sop Khas Betawi Bang Nawi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Kuliner Betawi memang enggak bisa jauh dari sotonya. Nah, salah satu tempat makan soto enak di Jakarta adalah Soto dan Sop Khas Betawi Bang Nawi. Cabangnya cukup banyak; ada di Sunter, Tanjung Duren, Kelapa Gading, Serpong, hingga Bekasi.
ADVERTISEMENT
Pilihan soto dan sopnya juga cukup beragam. Ada yang campur atau ada beberapa pilihan bagian sapi. Misalnya saja paru, kaki, daging, babat, iso, iga sapi, buntut, sumsum, dan oseng-oseng daging. Ada pula yang ayam, serta oseng-oseng campur. Untuk harganya, mulai dari Rp 20-35 ribu.
Khusus soto betawinya, pakai kuah susu. Pelengkapnya ada potongan tomat, bawang daun, bawang goreng, dan jeruk limau.
Kuah sotonya terasa sedikit manis namun tidak membuat cepat eneg. Rasa manis itu juga diseimbangkan dengan rasa gurih dan segar dari perasan jeruk limau.
Soto dan Sop Khas Betawi Bang Nawi
Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.362, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.
ADVERTISEMENT
Jam buka: Setiap hari (11.00 - 21.00 WIB)
6. Kedai Seni Djakarte
Restoran ini menggunakan bangunan sejarah sebagai outlet-nya. Kedai Seni Djakarte menawarkan aneka kuliner Betawi yang menggoda. Menu favoritnya adalah soto betawi karena santannya cukup pekat dan rasanya gurih.
Selain makanannya, tempat makan ini menggunakan lukisan-lukisan karya pelukis lokal sebagai hiasan dinding. Konsepnya yang artsy membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.
Alamat: Taman Fatahillah, Jl. Pintu Besar Utara No. 17, Kota, Jakarta
Jam buka: Setiap hari (09.00-21.00)