kumparan
search-gray
Food & Travel30 Juni 2020 10:29

6 Tips Menghilangkan Bau Bawang Putih yang Menempel di Tangan

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi bawang putih
Bawang putih mulus belum tentu menyehatkan Foto: Dok.Pixabay
Bawang putih menjadi bumbu wajib yang tak pernah luput dari jenis masakan apa pun. Bahkan sayuran yang ditumis dengan bawang putih saja rasanya sudah sedap.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, aroma khas bawang putih ini kerap menempel di tangan dan sulit dihilangkan. Ini karena, bawang putih mengandung senyawa sulfur dan allicin yang membuatnya memiliki bau khas menyengat.
Tapi kini kamu tak perlu khawatir lagi, soalnya ada beberapa cara praktis untuk menghilangkan bau bawang yang menempel pada tangan. Bagaimana tipsnya? Yuk, intip ulasan berikut ini:

1. Stainless Steel

Mengiris bawang bombay.
Mengiris bawang bombay. Foto: Thinkstock
Dikutip dari Insider, trik sederhana ini ternyata menjadi cara yang paling banyak dilakukan orang. Kamu cukup menggosok lembut tangan menggunakan spons atau permukaan apa pun yang berbahan stainless steel, lalu cuci kembali dengan sabun. Stainless steel akan menyerap bau menyengat dari bawang putih yang menempel di tangan, sehingga bisa berkurang.

2. Lemon

Ilustrasi lemon
Ilustrasi lemon. Foto: Pixabay
Harum khas dari lemon yang segar juga bisa membantumu mengurangi bau tak sedap usai memotong bawang. Caranya, kamu cukup mengambil seiris lemon lalu lumurkan pada permukaan tangan. Selanjutnya bilas dengan air dan sabun. Tada! tanganmu bisa kembali harum.
ADVERTISEMENT

3. Kopi

Ampas kopi
ampas kopi. Foto: Gina Yustika Dimara/kumparan
Kalau kamu punya ampas kopi sebaiknya mulai sekarang jangan langsung membuangnya, ya. Sebab, kamu bisa menggunakan ampas kopi sebagai 'sabun alami' penghilang bau bawang putih pada tangan. Bertindak sebagai exfoliant, ampas kopi akan melepaskan bau lebih cepat dengan aromanya yang khas.

4. Garam dan baking soda

Baking soda
Baking soda Foto: Shutter Stock
Baking soda telah lama dikenal sebagai bahan super yang dapat menghilangkan segala jenis kotoran membandel. Dilansir Metro, baking soda juga memiliki sifat menyerap bau sehingga sangat efektif mengangkat bau tak sedap.
Caranya, campurkan satu sendok teh garam, dua sendok teh baking soda, dan air. Lalu, cuci tanganmu dengan cairan tersebut dan bilas kembali hingga bersih.

5. Pasta gigi

sikat dan pasta gigi
sikat dan pasta gigi Foto: Shutterstock
Selain untuk membersihkan gigi, pasta yang biasanya memiliki harum mint ini juga bisa kamu manfaatkan guna menghilangkan bau bawang putih yang membandel di tangan. Pasta gigi mengandung senyawa alkali yang akan bereaksi dan memecah senyawa allicin yang menyebabkan bau pada bawang putih.
ADVERTISEMENT
Namun, pastikan kamu tak menggunakannya secara berlebihan sehingga tidak menimbulkan rasa panas di tangan.

6. Air dingin

Ilustrasi air dingin
Ilustrasi air dingin Foto: Shutter Stock
Bila kamu tak memiliki kelima bahan di atas, jangan bersedih dahulu. Kamu masih bisa memanfaatkan air dingin yang akan membuat pori-pori kulit mengecil sehingga, bau bawang putih tidak akan terserap hingga ke dasar kulit.
Sebaliknya, mencuci tangan menggunakan air hangat menyebabkan pori-pori membesar, dan membuat bau tak sedap semakin terserap ke dalam lapisan kulit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white