kumparan
Food & Travel22 Maret 2020 15:32

6 Tips Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tahan Lama

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi lapar
Mencari makanan di kulkas Foto: Shutterstock
Untuk memenuhi persediaan sehari-hari, banyak orang yang membeli bahan makanan dalam jumlah banyak, tak terkecuali sayuran. Apalagi dalam masa social distancing ini; kita pasti berpikir untuk menyetok sayur dan buah supaya tak terlalu sering keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Nah, setelah membeli secukupnya, sekarang saatnya kamu menjaga kualitas sayur dan buah. Kali ini, kumparan siapkan beberapa tips penting untuk mempertahankan umur buah dan sayur.

1. Tisu di atas sayuran

Ilustrasi Sayuran
Ilustrasi Sayuran Foto: Shutterstock/Prostock-studio
Seringkali kita memiliki sisa sayuran yang belum sempat terpakai. Untuk menyiasatinya, gunakan beberapa lembar tisu kering lalu simpan di atas sayuran hijau. Tisu akan menyerap air sehingga sayuran akan segar lebih lama.

2. Simpan kentang dekat apel

Kentang
Kentang Foto: Pixabay
Kentang yang telah disimpan dalam waktu lama akan ditumbuhi tunas-tunas beracun yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu dibutuhkan teknik khusus agar kesegaran kentang tetap terjaga.
Salah satu caranya adalah menyimpan kentang bersama beberapa buah apel. Buah apel bersifat menyerap kelembapan sehingga kentang akan tetap segar meski disimpan dalam waktu lama.
ADVERTISEMENT

3. Bungkus wortel dengan alumunium foil

Ilustrasi wortel
Ilustrasi wortel Foto: Pixabay
Wortel memiliki sifat yang mudah layu saat disimpan dalam waktu lama. Untuk menyiasatinya, bungkus wortel yang telah dikupas menggunakan alumunium foil.
Alumunium foil berguna sebagai pengganti wadah kedap udara sehingga rasa dan tekstur wortel tetap segar. Simpan di dalam kulkas dan kesegaran wortel akan bertahan hingga dua minggu lamanya.

4. Tahan lama dengan freezer

Ilustrasi makanan di dalam freezer
Ilustrasi makanan di dalam freezer. Foto: Shutter Stock
Buah yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga satu tahun. Sementara itu, sayuran bisa bertahan hingga enam bulan.
Namun, pastikan kamu mengeluarkan buah atau sayur dari freezer, sebelum langsung memasaknya. Jangan ambil buah dari freezer lalu diletakkan di suhu kulkas. Nanti buah kamu akan mulai mengkerut.

5. Sisakan sedikit batangnya

Ilustrasi Tomat
Ilustrasi Tomat Foto: goffkein.pro
Sisakan sedikit batang sayur atau buah untuk menjaga kelembapan dan kualitas keduanya. Hal ini juga bisa memperpanjang umur simpan sayur dan buah.
ADVERTISEMENT

6. Biarkan bawang bernapas

Stok Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru
Stok bawang merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Bawang perlu lubang udara supaya tetap kering. Ini bikin bawang bisa bertahan dalam waktu yang lama dan rasanya tetap terjaga.
Salah satu trik menyimpan bawang adalah dengan menggunakan wadah dim sum. Wadah dim sum memiliki lubang-lubang ventilasi yang akan membuat bawang tetap kering meski disimpan dalam waktu yang lama.
Itu dia tips menyimpan sayur dan buah supaya tahan lama. Namun, perlu kamu ingat kalau pastikan stok makanan kamu tak lebih dari dua minggu. Soalnya, ini perkara ketahanan makanan itu sendiri. Jangan sampai, kamu menyetok banyak, tapi ujung-ujungnya malah tak dimakan karena keburu busuk.