Food & Travel
·
3 Desember 2020 9:52

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290119)
ilustrasi bumbu dapur di pasar Foto: Shutterstock
Bumbu dapur tak hanya membantu membuat masakan menjadi lebih sedap, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan kita, lho. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa sejumlah jenis bumbu dapur memiliki manfaat teruji secara klinis. Sebut saja, bawang putih, lada, cabai, jahe, kunyit, dan jenis bumbu dapur lainnya.
ADVERTISEMENT
Beberapa jenis bumbu dapur yang sudah disebutkan itu memiliki manfaat, dari mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan, hingga meningkatkan fungsi otak. Penasaran apa saja jenis dan manfaat dari bumbu dapur di rumahmu? Berikut kumparan rangkum 7 bumbu dapur yang kaya manfaat kesehatan dan sangat mudah kamu temukan.

1. Kayu manis

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290120)
Kayu manis Foto: Shutter Stock
Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin. Jadi, saat mengonsumsinya bersama dengan sesuatu yang manis, lebih sedikit gula yang kamu makan disimpan sebagai lemak. Bahan dapur ini juga terbukti meningkatkan fungsi otak dan proses kognitif. Jangan lupa taburkan kayu manis ke dalam kopi, pancake, oat, atau roti —yang ternyata sangat serbaguna.

2. Lada hitam

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290121)
Petani memperlihatkan biji lada yang sudah dipanen. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Tado
Bahan kedua yang tidak kalah bermanfaat adalah lada hitam. Di setiap dapur , lada menjadi bumbu wajib untuk menyeimbangkan rasa masakan. Baru-baru ini, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa piperin, senyawa kuat dalam lada hitam, berpotensi mengurangi peradangan dan menghentikan pembentukan sel lemak baru. Dengan kata lain, mengurangi lemak tubuh dan menurunkan kadar kolesterol.
ADVERTISEMENT

3. Bawang putih

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290122)
Penjual bumbu dapur di Pasar Ciputat. Foto: Ela Nurlaela/kumparan
Bawang putih juga merupakan bumbu dapur wajib dalam berbagai hidangan Nusantara. Mengutip berbagai sumber, manfaat bawang putih sudah sangat terkenal dan beragam; dari menjaga kesehatan jantung, melancarkan sirkulasi darah, zat sulfur yang mendetoksifikasi tubuh, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi. Tak disangka, ya ternyata menambahkan bawang putih ke tumisan atau sup kamu bisa bermanfaat bagi kesehatan.

4. Bawang merah

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290123)
Bawang merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/1). Foto: Nurul Nur Azizah/kumparan
Pada suatu penelitian, mengonsumsi bawang mentah secara teratur dipercaya dapat membantu mempercepat pengobatan pada pasien penderita kanker payudara serta kanker usus —kandungan quercetin dan antosianin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
Selain itu, bumbu dapur ini juga memiliki manfaat lain dari meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, hingga anti-inflamasi untuk pengobatan asma.
ADVERTISEMENT

5. Cabai

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290124)
cabai Foto: Shutterstock
Si merah satu ini juga tidak kalah dalam memberi manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat, maka cabai dapat melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, hingga menurunkan tekanan darah.
Penelitian di Journal of Complementary and Integrative Medicine tahun 2016, menemukan kalau cabai dapat meningkatkan pertahanan lambung terhadap infeksi, produksi cairan pencernaan, serta membantu mengantarkan enzim ke lambung.

6. Daun salam

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290125)
Daun salam Foto: dok.shutterstock
Mengutip buku "Health Benefits of Bay Leaf" daun salam punya banyak manfaat baik bagi pencernaan, hormon, kesehatan mata, dan bahkan jantung. Sifat diuretik yang dimiliki bumbu dapur ini dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan seperti fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolide bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Masukkan daun salam ke tumisan kamu atau campurkan saat membuat nasi liwet!
ADVERTISEMENT

7. Kunyit

7 Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat Kesehatan, Kayu Manis Cegah Gula Darah Meningkat (290126)
Bahan Jahe, kunyit, dan serai Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Manfaat senyawa curcumin dalam kunyit sudah tidak perlu diragukan lagi. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition and Cancer, setidaknya terdapat 3 persen curcumin dalam sebatang kunyit yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagai ‘obat super’.
Herbal ini bermanfaat mengurangi risiko radang sendi, sebagai obat anti depresi, menurunkan risiko penyakit jantung dan Alzheimer, hingga menetralkan radikal bebas. Mungkin, kini kita butuh sedikit makanan kuning ini untuk jadi lebih sehat.
Reporter: Natashia Loi