Food & Travel
·
27 Oktober 2018 19:04

7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257781)
searchPerbesar
Jahe merah (Foto: Istimewa)
Sambil menikmati rintikan hujan dan udara yang mulai dingin, memang paling cocok menikmati minuman yang hangat-hangat. Contohnya seperti secangkir teh, susu, atau kopi panas.
ADVERTISEMENT
Tapi bila bosan dengan beberapa minuman di atas, racikan minuman hangat berempah juga cocok disajikan sambil menunggu hujan reda. Tak hanya berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh, campuran rempah-rempah ternyata juga bisa menjadi ramuan alami untuk menjaga daya tahan tubuh. Sebut saja kunyit untuk meredakan flu, kayu manis yang bersifat anti-bakteri, hingga jahe atau merica yang berfungsi menghangatkan badan.
Ingin tetap segar meski sering diterpa udara dingin di musim penghujan? Berikut kumparanFOOD rekomendasikan tujuh minuman berempah yang bisa diracik di rumah.
1. Wedang jahe
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257782)
searchPerbesar
wedang jahe (Foto: Shutterstock)
Wedang jahe merupakan salah satu minuman hangat yang cukup populer di Indonesia. Terbuat dari air rebusan jahe disajikan bersama gula merah, perpaduan rasa manis dan hangatnya jahe sangat nikmat diseruput sambil menunggu hujan. Bahkan, wedang jahe sering disajikan sebagai obat alami saat hidung mampet dan tenggorokan mulai terasa sakit akibat flu.
ADVERTISEMENT
Selain menggunakan bahan utama berupa jahe putih atau merah, wedang jahe juga sering dikombinasikan bersama campuran lainnya seperti serai, kapulaga, atau daun pandan agar aromanya lebih wangi.
2. Cokelat rempah panas
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257783)
searchPerbesar
Ilustrasi cokelat. (Foto: Thinkstock)
Cokelat ternyata tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan mood, tapi juga bisa diracik menjadi minuman yang menghangatkan badan, lho. Salah satunya racikan cokelat panas yang dikombinasikan dengan aneka rempah seperti kayu manis bubuk, kapulaga, dan bunga lawang.
Tambahan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan bunga lawang akan menghasilkan aroma khas yang berguna untuk melegakan jalan nafas saat flu mulai menyerang. Ditambah lembutnya cokelat, minuman ini juga cocok disajikan untuk anak-anak agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga selama musim hujan.
ADVERTISEMENT
3. Golden milk
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257784)
searchPerbesar
Susu kunyit yang lezat nan menyehatkan (Foto: Instagram/@moondeli dan @sunfood )
Sesuai namanya, minuman berbahan utama susu ini memang memiliki warna kuning keemasan yang berasal dari campuran bubuk kunyit. Dikenal pula dengan nama turmeric milk atau susu kunyit, minuman dari India ini bahkan sempat populer hingga ke Amerika karena khasiat yang terkandung di dalamnya.
Kunyit memang telah dikenal sebagai salah satu obat alami untuk flu serta ampuh mengatasi peradangan karena kandungan kurkuminnya yang bersifat anti-inflamasi. Selain dicampur dengan bubuk kunyit, biasanya golden milk juga dicampur dengan rempah lainnya seperti kayu manis, jahe, merica, dan gula semut sebagai pemanisnya.
4. Wedang uwuh
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257785)
searchPerbesar
wedang uwuh (Foto: Shutterstock)
Dalam bahasa Jawa, wedang uwuh berarti minuman sampah karena memang tampilannya yang menyerupai minuman penuh sampah dedaunan. Namun tak perlu khawatir, wedang uwuh sebenarnya terbuat dari beraneka macam rempah dan dedaunan yang direbus hingga mendidih.
ADVERTISEMENT
Rempah-rempah tersebut diantaranya adalah jahe, kayu manis, pala, cengkeh, kapulaga, dan serutan kayu secang sebagai pewarna alaminya. Untuk mengimbangi rasa getir rempah-rempah, biasanya wedang uwuh disajikan dengan tambahan gula batu atau gula Jawa.
5. Air lemon hangat
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257786)
searchPerbesar
air lemon (Foto: Shutterstock)
Potongan lemon yang diseduh dengan air panas bisa menjadi pilihan minuman hangat nan praktis yang cocok dibuat di tengah sibuknya aktivitas. Terbuat dari lemon yang diseduh air panas dan disajikan bersama beberapa sendok madu, minuman ini memiliki rasa yang asam-manis menyegarkan. Selain berkhasiat untuk menghangatkan badan, kandungan vitamin C di dalam lemon berguna untuk menangkal penyakit serta memperkuat kekebalan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit di musim hujan.
6. Bajigur
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257787)
searchPerbesar
bajigur (Foto: Instagram @half_mushroom)
Bajigur merupakan minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran santan, jahe, dan gula aren. Perpaduan ketiga bahan tersebut menghasilkan rasa manis, gurih, dan hangat yang cocok disajikan saat udara dingin.
ADVERTISEMENT
Sebagai penambah tekstur, bajigur juga sering disajikan bersama irisan tipis kolang-kaling. Selain itu, bajigur biasanya selalu disajikan bersama aneka kudapan tradisional seperti ubi rebus, kacang tanah rebus, dan berbagai jajanan pasar khas Jawa Barat.
7. Sekoteng
7 Minuman Berempah untuk Hangatkan Badan di Musim Hujan (257788)
searchPerbesar
sekoteng (Foto: Instagram @bogor.delicious)
Sekoteng bisa menjadi sajian untuk menghangatkan badan sekaligus mengganjal perut di tengah cuaca dingin. Sering disajikan sebagai kudapan di malam hari, sekoteng terdiri dari kacang hijau rebus, sagu mutiara, roti tawar, kolang-kaling, dan kacang sangrai yang disiram kuah jahe manis lalu disajikan dalam mangkuk kecil.
Selain sekoteng tradisional dari kuah jahe, kini mulai muncul juga inovasi sekoteng yang disajikan dengan tambahan susu kental manis. Susu ini dapat membuat semangkuk sekoteng terasa lebih gurih sekaligus creamy.
ADVERTISEMENT