kumparan
7 September 2019 19:27

7 Tips Agar Diet Sehat Tetap Lancar saat Makan Enak di Luar

All You Can Eat Bar.B.Q Plaza
All You Can Eat Bar.B.Q Plaza Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Kegiatan makan di restoran bersama kawan, keluarga, atau rekan kerja memang terdengar menyenangkan. Namun, di sisi lain, makan di luar juga bisa jadi cobaan tersendiri bila kita sedang melakukan diet sehat.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, menu di restoran cenderung membuat kalap dan menyebabkan kita makan banyak. Beberapa penelitian membuktikan: kegiatan makan di luar sangat riskan membuat kita makan lebih banyak dan memilih menu yang salah. Tentunya, ini bisa menggagalkan program diet yang sedang dijalankan.
Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu tetap pada program diet sehat; tentu plus makan enak di restoran. Simak ulasannya berikut ini, ya:
1. Tentukan pesanan sebelum tiba di restoran
(not cover) Warung Mak Dower.
Menu makanan yang tersedia di Warung Mak Dower. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Kalau sudah menentukan restoran yang akan dituju, sebaiknya lakukan riset menu terlebih dahulu dan tentukan pilihan sebelum sampai di sana.
Sebab, kita cenderung memilih makanan yang tak sehat saat sedang lapar atau terdistraksi. Penampilan dan aroma dari makanan yang menguar di restoran bisa membuat kita tergoda. Oleh karena itu, tentukan pesanan terlebih dahulu sebelum tiba di restoran, supaya terhindar dari kalap.
ADVERTISEMENT
2. Santap kudapan sehat sebelum mulai jamuan makan
Frozen yoghurt
Frozen yoghurt Foto: Shutter Stock
Ketika kita tiba di restoran dalam keadaan lapar, kita akan berakhir dengan makan terlalu banyak. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menyantap kudapan sehat terlebih dahulu.
Dilansir Healthline, kudapan tinggi protein seperti yoghurt akan membuat kita merasa kenyang, sehingga tak akan makan terlalu banyak nantinya.
3. Pesan makanan sebelum orang lain
Ilustrasi makan enak di restoran
Ilustrasi makan enak di restoran Foto: dok.shutterstock
Tanpa disadari, orang lain bisa memengaruhi keputusan kita saat berada dalam situasi sosial. Tak terkecuali, ketika makan bersama.
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PubMed pada tahun 2014, pilihan menu makanan dan perilaku makan seseorang sangat mudah dipengaruhi oleh pilihan dari partner makannya.
Nah, jika kita makan di restoran bersama sekelompok orang lainnya yang kemungkinan besar tak akan makan sehat, pastikan kamu telah memesan paling pertama.
ADVERTISEMENT
4. Kunyah makanan dengan perlahan
com-Ilustrasi makan sebelum mudik
Ilustrasi makan. Foto: Shutterstock
Salah satu tips paling efektif supaya kita lebih cepat kenyang adalah mengunyah makanan dengan perlahan. Bila perlu, hitung tiap kunyahan agar tempo makan kita tak terlalu cepat.
Selain itu, meletakkan peralatan makan di sela-sela mulut juga bisa memperlambat kunyahan dan mempercepat munculnya sinyal kenyang pada tubuh.
5. Minum kopi sebagai hidangan penutup
Kota yang cocok disambangi pecinta kopi
Ilustrasi latte Foto: Pexels
Alih-alih memesan hidangan tinggi gula dan kalori sebagai dessert, sebaiknya pesan kopi hitam. Tak hanya akan memberikan efek kenyang, kopi hitam mengandung antioksidan yang kaya akan manfaat kesehatan.
Eits, jangan lupa untuk tak menambahkan gula atau pemanis lainnya dalam jumlah berlebih, supaya jumlah kalorinya tetap terjaga, ya.
6. Pesan dua menu appetizer sebagai hidangan utama
Appetizer.
Appetizer di Jakarta Culinary Movement Foto: Toshiko/kumparan
Sebuah studi tahun 2004 berjudul Increased portion size leads to increased energy intake in a restaurant meal menunjukkan, peluang untuk makan banyak akan lebih besar bila seseorang menyantap hidangan berporsi besar.
ADVERTISEMENT
Bila restoran yang kita kunjungi menyajikan menu dalam porsi besar, sebaiknya pilihlah dua menu hidangan appetizer. Dengan begitu, kita akan tetap merasa kenyang tanpa harus kelebihan asupan kalori.
7. Pesan menu sharing
keju mozzarella
ilustrasi pizza keju mozzarella Foto: Shutterstock
Riset berjudul Dietary Practices, Dining Out Behavior, and Physical Activity Correlates of Weight Loss Maintenance menunjukkan: seseorang yang kerap memesan setengah porsi atau berbagi porsi makanan saat makan di luar lebih sukses menurunkan berat badan mereka.
Trik ini merupakan cara terbaik untuk memangkas asupan kalori dan mencegah kita makan terlalu banyak. Bila tak ada yang bisa diajak sharing, kita bisa meminta pelayan untuk membungkus setengah porsi makanan kita untuk dibawa pulang.
Jadi, atur lagi pola makanmu ya. Diet sehat itu soal menjaga kebiasaan makan supaya lebih baik.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan