Food & Travel
·
11 Januari 2021 16:54

Alasan Kamu Tak Perlu Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Alasan Kamu Tak Perlu Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur (304667)
air putih Foto: shutterstock
Kita selalu diingatkan untuk cukup minum air putih setiap hari. Bukan tanpa alasan, selain karena tubuh kita 70 persennya terdiri dari cairan, sehingga membutuhkan minum air untuk tetap terhidrasi.
ADVERTISEMENT
Mengutip Eat This, seorang ahli diet Jim White. RD, ACSM merekomendasikan standar minum air putih harian setiap orang, yakni 64 ons atau setara delapan gelas. Dengan minum sesuai asupan yang disarankan, manfaat air putih --terlebih untuk menurunkan berat badan-- akan lebih mudah tercapai.
Beberapa dari kita mungkin juga terbiasa minum air putih sebelum tidur. Bukan hanya sekadar mencegah dehidrasi saat terlelap, namun beberapa orang percaya minum air putih sebelum tidur juga membantu menurunkan bobot tubuh.
Alasan Kamu Tak Perlu Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur (304668)
com-Ilustrasi Minum AIr Foto: Shutterstock
Meskipun begitu, minum air putih sebelum tidur ternyata ada batasannya, lho. Menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDE mengatakan, "Jika kamu minum terlalu banyak sebelum tidur, maka kemungkinan akan lebih sering terbangun untuk buang air kecil."
ADVERTISEMENT
Yup, hal ini memang wajar terjadi --bahkan saya pun mengalaminya. Minum air putih terlalu banyak sebelum tidur akan membuat kita mudah terbangun untuk buang air kecil. Di sisi lain, tanpa kita sadari hal ini juga akan mengurangi kualitas istirahat.
Sebab, seperti halnya minum air, tidur yang cukup dan berkualitas membutuhkan batasan waktu 6-8 jam. Rentang waktu ini juga merupakan kunci dalam mencapai berat badan ideal, lho.
Sayangnya, berdasarkan laporan Environmental Health Perspectives menyatakan bahwa tidur yang lebih singkat (kurang) dapat menyebabkan obesitas, hipertensi, hingga gangguan metabolisme lainnya.
Alasan Kamu Tak Perlu Banyak Minum Air Putih Sebelum Tidur (304669)
Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Maka itu, Palinski-Wade menawarkan solusi sederhana, yakni kurangilah jumlah asupan air minummu. Atau, habiskanlah air putih tiga jam sebelum berencana tidur. Dalam jangka waktu tersebut, tubuh akan memproses dan kamu masih bisa bolak-balik kamar kecil tanpa mengganggu jam tidur.
ADVERTISEMENT
Ini berarti, jika kamu berencana tidur jam 10.00 malam, maka sebaiknya minumlah cukup air putih pada sekitar jam 7.00 malam. Dan, jangan lupa, ketika bangun keesokan harinya --sebelum makan atau minum apa pun-- teguklah dahulu segelas air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur.
Bukan cuma itu, minum air putih di pagi hari sebelum sarapan juga membantu menyegarkan tubuh, mengembalikan konsentrasi, mengatasi masalah pencernaan, hingga meningkatkan metabolisme.
Jadi, sudah cukupkah kamu minum air putih hari ini?