Food & Travel
·
23 Februari 2021 15:26

Bagaimana Tips Merebus Air yang Lebih Sehat dan Layak Konsumsi?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bagaimana Tips Merebus Air yang Lebih Sehat dan Layak Konsumsi? (100524)
Ilustrasi merebus air Foto: Shutterstock
Merebus air biasanya kita perlukan baik untuk minum maupun memasak. Tapi, tahukah kamu alasan di balik pentingnya merebus air sebelum dikonsumsi?
ADVERTISEMENT
Mengutip Food and Wine, air keran bisa saja mengandung jutaan bakteri dan mikroorganisme penyebab penyakit; dan merebus air mampu membunuh hal tersebut. Setidaknya, bakteri dan mikroorganisme itu tak akan bertahan hidup pada air panas yang telah dimasak selama 30 menit dalam suhu 70 derajat celsius.
Bahkan, pada suhu 100 derajat celsius, virus, bakteri, atau parasit dapat dipastikan telah mati, meski nanti air telah mendingin.

Lalu, bagaimana tips merebus air yang aman dan sehat?

Bagaimana Tips Merebus Air yang Lebih Sehat dan Layak Konsumsi? (100525)
Ilustrasi minum air putih. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Menurut Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), cara memasak air yang aman dan sehat tergantung pada ketinggian tempat tinggal dari atas permukaan laut. Semakin tinggi rumahmu, maka suhu tempat tinggal akan lebih dingin. Sehingga, kamu perlu meningkatkan suhu hingga waktu saat merebus air.
ADVERTISEMENT
Kabar baiknya, air rebusan tersebut akan lebih aman meski kamu baru akan mengonsumsinya nanti. Air rebusan ini juga lebih aman bila kamu ingin memakainya untuk membuat es batu.
Dalam catatan CDC, mereka juga memberi peringatan bahwa air es yang terisi otomatis dalam kulkas belum tentu aman. Sehingga, jika ragu, maka kamu perlu merebusnya terlebih dahulu.
Bagaimana Tips Merebus Air yang Lebih Sehat dan Layak Konsumsi? (100526)
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Begitu juga dengan air keran yang telah diberi filter --juga belum tentu aman untuk kesehatan, lho. Sekalipun filter air di keran rumah merupakan yang termewah, CDC masih menyarankan untuk kamu merebus sebelum mengonsumsi --untuk menghilangkan rasa tidak enak yang berpotensi membawa penyakit.
Jadi, apa pun alasannya, penting untuk kamu merebus air terlebih dahulu sebelum mengonsumsi; kecuali, air tersebut merupakan air minum khusus siap konsumsi dalam kemasan.
ADVERTISEMENT