Begini Cara Membersihkan Kulkas agar Tetap Sehat

22 September 2021 11:55
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Begini Cara Membersihkan Kulkas agar Tetap Sehat (36575)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan kulkas Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Membersihkan kulkas atau lemari pendingin sering dianggap sebagai pekerjaan rumah yang sulit. Lantaran, banyak bagian kulkas yang sulit dijangkau bila hanya dibersihkan dengan kain biasa. Maka itu, wajar kalau membersihkan kulkas membutuhkan waktu lama.
ADVERTISEMENT
Salah-salah membersihkan, kulkas bisa saja mudah rusak. Kalau sudah begini, fungsinya sebagai lemari pendingin tempat mengawetkan makanan pun tidak akan berjalan seperti seharusnya.
Maka itu, penting pula membersihkan lemari pendingin secara berkala. Mengutip Eat This, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah menjelaskan mengapa cara membersihkan tempat utama menyimpan makanan, yaitu kulkas memerlukan praktik terbaik.
"Kulkas adalah salah satu peralatan terpenting di dapur untuk menyimpan makanan yang aman. Satu langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan makanan kamu, adalah dengan menjaga kebersihan kulkas."
Lantas apa saja yang harus dilakukan agar kulkas tetap bersih dan sehat? Yuk, simak tips dari CDC berikut ini:
Begini Cara Membersihkan Kulkas agar Tetap Sehat (36576)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan kulkas Foto: Shutter Stock
Cara Membersihkan agar Kulkas Tetap Sehat
Membersihkan kulkas sering dianggap sebagai pekerjaan rumah yang sulit. Tapi kamu tak perlu khawatir, yuk ikuti tips ini!
1. Bersihkan tumpahan
Tips ini menjadi langkah awal yang harus kamu perhatikan dalam membersihkan kulkas. Kamu bisa mulai dengan mengeluarkan makanan dari dalam kulkas, kemudian keluarkan pula rak penampung makanan. Setelah itu, gosok-gosok sisa tumpahan makanan atau minuman menggunakan spons atau kain bersih di bagian rak dan sekat kulkas. Pastikan bahwa semua sudut rak sudah bersih. Setelah dicuci dengan air hangat dan sabun hingga bersih, sekat dan rak bisa dibilas serta dikeringkan menggunakan kain kering yang bersih.
2. Buat rutinitas membuang makanan yang telah lama
Kerap kali kita mengabaikan makanan yang sudah mengering bahkan basi dalam kulkas hingga terlalu lama. Hal ini tentu bisa menyebabkan munculnya bau yang tidak enak. Untuk menghindari hal ini, kamu harus membuang makanan yang sudah tidak bisa dimakan setidaknya sekali dalam seminggu. CDC mengatakan bahwa aturan umum untuk menyimpan sisa makanan dalam kulkas, yakni empat hari sekali. Sedangkan untuk unggas mentah dan daging giling adalah satu hingga dua hari.
3. Pilih produk pembersih dengan hati-hati
Untuk menunjang kebersihan lemari es, produk pembersih tentu memiliki peran penting. Hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung zat kimia karena beberapa produk pembersih bisa saja menyebabkan kerusakan pada bagian dalam kulkas.
4. Bersihkan bagian dalam lemari es
Seperti kita ketahui, bahwa tidak semua bagian rak dan sekat pada kulkas itu bisa dilepas. Oleh karena itu, bagian-bagian ini harus dibersihkan secara manual. Kamu bisa menggosok rak dengan cairan pembersih dan spons, atau menyemprotkan cairan antibakteri dan membilasnya dengan spons. Lalu, keringkan menggunakan kain kering yang bersih. Selain itu, sesuai saran CDC kamu juga bisa menggunakan larutan cuka untuk membersihkannya. Bersihkan kulkas bagian dalam menggunakan kain lap yang dibasahi campuran cuka, lalu gosok dan pastikan semua sudut sudah bersih. Bilas dengan kain kering agar tidak ada lagi larutan cuka yang tertinggal.
5. Membersihkan kulkas ketika rusak atau mati listrik
Jika kulkas kamu mati dan disebabkan oleh kerusakan ataupun pemadaman listrik, kamu tidak perlu khawatir kulkas kamu akan memunculkan bau yang tidak sedap. Kamu hanya perlu memindahkan beberapa makanan yang diperlukan ke dalam freezer untuk memperpanjang pendinginan. Hal ini juga akan membuat makananmu tetap terjaga dan segar. Namun, jika makanan yang tertinggal lainnya mengeluarkan bau yang kuat saat pemadaman listrik; maka bisa menaburkan soda kue atau bubuk kopi segar guna menyerap bau tersebut.
Nah, jangan lupa lakukan cara di atas secara rutin agar kulkasmu tetap bersih dan sehat, ya!
ADVERTISEMENT
Reporter: Destihara Suci Milenia
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020