Food & Travel
·
10 Mei 2021 11:59

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (441)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan pollock Alaska. Foto: Shutter Stock
Seperti kita ketahui, salmon menjadi pilihan ikan populer yang dinilai sehat dan cocok untuk makanan diet. Ikan berdaging oranye tersebut mengandung lemak sehat dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Tapi, sebenarnya hampir semua ikan itu baik, lho untuk kesehatan kita. Mulai dari mengurangi risiko diabetes sampai penyakit jantung, bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi daging ikan. Kendati demikian, memang tak semua jenis ikan mempunyai kandungan nutrisi yang sama. Bisa jadi lebih baik atau sebaliknya.
Mengutip Eat This, selain salmon yang berkuasa sebagai pilihan ikan terbaik. Ternyata, ada ikan pollock Alaska yang disebut sebagai ikan terbaik nomor satu. Bukan soal rasa dan nutrisi, namun ikan ini punya harga lebih terjangkau daripada salmon.
Kalau kalian masih cukup asing terhadap ikan pollock Alaska. Yuk, langsung saja simak beberapa manfaat dan fakta menariknya berikut ini:

1. Mempunyai rasa yang ringan

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (442)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan pollock Alaska. Foto: Shutter Stock
Pilihan ikan berprotein seperti salmon, memang sangat baik disantap ketika sedang diet. Sayangnya tak semua orang menyukai ikan tersebut. Lantaran rasanya terlalu amis dan harganya kurang ekonomis.
ADVERTISEMENT
Tapi jangan khawatir, bagi kalian pencinta ikan jenis ikan pollock Alaska bisa jadi alternatif makanan laut yang menyehatkan. Ikan ini punya cita rasa yang lebih ringan, dengan sedikit rasa rempah alami. Terlebih harganya juga terjangkau dibanding salmon.

2. Kaya vitamin dan mineral

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (443)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan Foto: Shutterstock
Ikan pollock Alaska yang sering dijadikan hidangan steak hingga burger fillet ‘o fish McDonald’s, banyak mengandung serat alami nan baik. Selama kamu mengonsumsinya, ada banyak kandungan vitamin, mineral, B12, selenium, protein, serta niacin di dalamnya.
Terlebih pada setiap porsi ikan pollock, ditemukan 10 persen kebutuhan vitamin D dan potasium harian tubuh. Dua nutrisi itu terkadang masih sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal kebutuhan keduanya sangat penting dan bermanfaat.
ADVERTISEMENT

3. Sumber asam lemak omega-3 yang bagus

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (444)
searchPerbesar
Makanan mengandung omega 3. Foto: Thinkstock
Selain punya serat alami dan ragam kandungan vitamin. Pollock Alaska juga mempunyai asam lemak omega-3, membantu mengurangi risiko penyakit mematikan; seperti kardiovaskular sampai kanker.
Menurut ahli, seseorang seharusnya mendapat asupan omega-3 sebanyak 1.100-1.600 miligram per hari. Sayangnya, tak banyak dari kita yang kerap memperhatikan itu. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi ikan ini, setidaknya kita sudah mendapat 50-1.000 miligram omega-3.
Penelitian Mayo Clinics Proceedings, menunjukkan bahwa tambahan 1.000 miligram per hari, mampu meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Mereka juga memperhatikan, bila semakin banyak konsumsi ikan pollock, semakin banyak pula manfaat yang ditorehkan.

4. Memiliki kandungan merkuri rendah

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (445)
searchPerbesar
com-Ikan dengan kandungan merkuri tinggi Foto: Shutterstock
Sejatinya, ikan adalah makanan laut terbaik dan tersehat. Tapi, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni kandungan merkuri dalam ikan. Saat ini, seringkali ditemukan ikan dengan kadar logam atau merkuri tinggi. Hal itu tentu berbahaya bagi anak-anak dan ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Nah, buat kalian yang ragu ingin memilih ikan dengan merkuri rendah. Ikan pollock Alaska merupakan pilihan terbaik sampai saat ini. Jenis ikan ini sudah terdaftar sebagai ikan bermerkuri paling sedikit. Sehingga aman untuk disantap.

5. Minim jejak karbon

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (446)
searchPerbesar
Ikan fillet Foto: ShutterStock
Fakta menarik pada ikan pollock Alaska, yakni dipanen secara berkelanjutan. Berdasarkan peraturan yang dikelolah oleh pemerintahan Amerika Serikat, ikan ini harus diproses dan dikelola dengan baik serta berkelanjutan. Sehingga menghindari penangkapan berlebih yang berujung mengancam populasinya.

6. Ikan terbaik untuk dinikmati

Bukan Salmon, Kata Ahli Diet Ini Jenis Ikan Paling Enak dan Sehat (447)
searchPerbesar
Ilustrasi kulit ikan Foto: Shutter Stock
Berdasarkan beberapa manfaat dan kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Sepertinya, selain salmon maupun tuna, makan ikan pollock Alaska bisa jadi menu sehari-hari. Terlebih cara mengolahnya pun mudah, bisa dijadikan isian taco atau yang simpel dipanggang menjadi steak.
ADVERTISEMENT
Nah bagaimana, cukup tertarik mencicipi seafood sehat satu ini?
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020