Food & Travel
·
11 September 2020 15:44

Catat! Rahasia Membuat Motif Kue Marmer yang Cantik ala Thomas Law

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Catat! Rahasia Membuat Motif Kue Marmer yang Cantik ala Thomas Law (235626)
Kue marmer ala Laws Kitchen by Thomas Law Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Salah satu jenis kue bolu jadul yang masih eksis hingga saat ini adalah marble cake. Kudapan dengan nama lain kue marmer ini masih menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia. Tak sedikit juga, yang mencoba membuat sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT
Namun untuk mendapatkan tekstur serta motif marmer yang khas juga perlu perjuangan ekstra. Bahkan, salah menggunakan teknik, bukan cuma akan membuat kue bantat, tapi tampilannya juga jadi berantakan.
Nah, untuk mengantisipasi kegagalan dalam membuat camilan manis satu ini, Thomas Law --merupakan pengusaha kue marmer sukses-- tak segan untuk membagikan rahasianya kepada kumparan.
Catat! Rahasia Membuat Motif Kue Marmer yang Cantik ala Thomas Law (235627)
Ilustrasi Kue Marmer. Foto: Shutter Stock
Saat kami hubungin melalui sambungan telepon, Senin (7/9), laki-laki yang akan segera menginjak usia 28 tahun itu mengatakan bahwa untuk membuat motif marmer yang cantik kuncinya adalah; tuang adonan dengan teknik berlapis atau berlayer.
"Untuk mendapatkan motif yang bagus kita harus bikin berlayer. Kalau biasanya orang tuang putih semua, terus baru cokelatnya, dan berharap adonannya turun sendiri itu enggak akan cantik. Kalau aku pakai teknik berlayer. Dari awal jadi bisa menentukan sendiri motifnya. Aku minimal menuang hingga enam layer. Jadi, putih-cokelat sampai enam tingkat baru di-swirl, itu hasilnya bakalan bagus banget," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Thomas juga menyarankan untuk membuat adonan yang agak kental sehingga memudahkan membuat layer dan pola marmer.
Sementara, untuk mendapatkan tekstur kue marmer yang moist, empuk, dan lembut, laki-laki kelahiran 22 September 1992 ini menggabungkan dua teknik pembuatan kue; yaitu teknik membuat kue chifon dan butter cake.
"Aku combine dengan teknik bikin chifon, di mana putih telurnya aku pisah untuk aku kocok sendiri. Kemudian aku baru bisa dapatkan tekstur yang padet tapi moist, yang orang Indonesia suka," tambahnya.
Catat! Rahasia Membuat Motif Kue Marmer yang Cantik ala Thomas Law (235628)
Kue marmer ala Laws Kitchen by Thomas Law Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Thomas menjelaskan, bahwa pada dasarnya kue marmer merupakan jenis butter cake dengan tekstur yang rapuh atau crumbly. Sehingga dengan mengkombinasikan teknik tersebut ia bisa menghasilkan tekstur kue yang lebih padat namun tetap lembut.
ADVERTISEMENT
Hasil dari eksperimennya membuat kue marmer inilah yang bisa membuat Thomas sukses menjadi salah satu pengusaha kue marmer viral. Kue jadul buatan Thomas bisa laku hingga ratusan loyang saat perayaan hari besar di Tanah Air.
Bagaimana, sudah tidak ragu lagi, kan kalau yang memberi tips memasak langsung dari ahlinya?