Food & Travel
·
14 Juli 2020 18:55

Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47318)
Warga belanja di supermarket pusat perbelanjaan CAP300 di Saint-Laurent-du-Var, Nice, Prancis. Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Penyebaran virus corona tampaknya belum menemui titik terang, kasusnya pun masih bertambah. Meski sudah memasuki masa transisi, namun bukan berarti kita tak perlu waspada akan penyebaran virus yang mengganggu pernapasan tersebut.
ADVERTISEMENT
Terutama ketika berada di luar rumah, kamu perlu ekstra menjaga kebersihan agar terhindar dari risiko paparan corona. Termasuk saat hendak berbelanja di supermarket. Terlebih di tempat seperti ini banyak barang yang tersentuh oleh orang lain.
Bukan tidak mungkin, barang-barang tersebut menjadi media penyebaran bakteri, kuman, hingga virus. Apalagi kalau kamu enggak langsung mencuci tangan usai berbelanja.
Selain itu, untuk mencegahnya kamu juga sebaiknya tinggalkan saja ketiga barang berikut di rumah atau di mobil. Apa saja barang tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Handphone

Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47319)
Ilustrasi Telepon Selular Foto: Pixabay
Sebagian besar dari kita memang sulit terlepas dari handphone, tapi meninggalkan sebentar telepon genggammu di rumah atau mobil bisa menjadi salah satu langkah bijak saat berbelanja di tengah pandemi.
ADVERTISEMENT
Sebab, secara tidak sadar handphone bisa menjadi perantara penyebaran virus, atau terutama bila kamu sering menyentuhnya usai mengambil berbagai barang belanjaan.
"Menyentuh produk di toko dan kemudian ponsel kamu beberapa kali, bisa meningkatkan kemungkinan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan virus," ujar ahli kesehatan Dr. Lina Velikova, MD, PhD, seperti dikutip dari Eat This.
Sebagai gantinya, kamu bisa membawa secarik kertas kecil berisi catatan barang belanjaan yang hendak kamu beli.

2. Tas jinjing

Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47320)
Ilustrasi tas jinjing Foto: Thinkstock
Saat berbelanja sejatinya kamu hanya memerlukan satu tas, yakni reusable bag untuk menyimpan barang belanjaan. Bila kamu juga membawa kartu untuk membayar cukup letakkan dalam saku baju atau celana.
Hal ini dilakukan tentunya untuk mencegah risiko paparan virus dari luar. Sesampainya di rumah, pastikan juga kamu langsung mencuci tangan, tas belanja dan baju yang dikenakan, ya.
ADVERTISEMENT

3. Sarung tangan

Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47321)
Ilustrasi belanja pakai sarung tangan karet. Foto: Shutterstock
Beberapa orang menggunakan sarung tangan sebagai pelindung diri dari permukaan-permukaan yang terpapar kuman atau virus. Namun, akhir-akhir ini para ahli hingga juru masak menyarankan hal sebaliknya.
"Sarung tangan tidak benar-benar kamu butuhkan saat membeli bahan makanan," kata Dr. Rashmi Byakodi, seorang ahli nutrisi. Sarung tangan justru bisa menjadi media penyebaran virus corona, terlebih bila kamu tak sering mengganti atau membuangnya usai berbelanja.
Terkadang menggunakan sarung tangan juga meningkatkan rasa nyaman, sehingga kita merasa aman dan tanpa sadar mengenakannya dalam waktu yang lama. Saat itulah, bisa saja sarung tangan yang kamu pakai berjam-jam tersebut sudah terpapar kuman, bakteri, atau virus; yang kemudian kamu gunakan untuk memegang barang lainnya.
ADVERTISEMENT

4. Uang tunai

Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47322)
Ilustrasi uang tunai Foto: Shutter Stock
Beberapa pusat perbelanjaan maupun tempat makan kini sudah menghilangkan sistem pembayaran dengan uang tunai, karena dianggap mampu meningkatkan risiko paparan virus corona.
"Uang berfungsi sebagai alat pelengkap, kendaraan mati yang dapat menyebarkan patogen," jelas Charles Bailey, MD, direktur medis untuk pencegahan infeksi di Providence St. Joseph Health, dikutip dari Insider.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Southern Medical Journal tahun 2002, menemukan 94 persen dari tagihan belanjaan yang diuji ternyata membawa bakteri yang menyebabkan pneumonia atau infeksi serius lainnya.
Cegah Risiko Virus Corona, Tinggalkan 4 Barang Ini Saat Belanja ke Supermarket (47323)
Infog tips aman belanja saat pandemi. Foto: Ilham Syawal/kumparan
Maka itu, kini sebaiknya kurangi pembayaran dengan uang tunai dan ganti dengan kartu debit atau kredit. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan kartu tersebut dengan disinfektan usai digunakan.
ADVERTISEMENT
Ingatlah, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.