kumparan
search-gray
Food & Travel15 Mei 2020 10:00

Dapat Pendanaan saat Pandemi, Ini 5 Fakta tentang Kopi Kenangan

Konten Redaksi kumparan
Kopi Kenangan (NOT COVER)
Produk Kopi Kenangan. Foto: Dok. Kopi Kenangan
Nama Kopi Kenangan tentu sudah tak asing lagi di telinga. Gerai kopi yang mengusung konsep grab and go, alias pesan dan bawa pulang ini sudah punya ratusan outlet yang tersebar di pusat perkantoran dan perbelanjaan.
ADVERTISEMENT
Jenama kopi ini juga punya menu-menu yang unik sebagai ciri khasnya. Kopi kenangan mantan, kopi mantan menikah, dan sederet nama lain yang tak kalah nyeleneh.
Meski baru berusia kurang lebih 3 tahun, Kopi Kenangan berhasil berkembang pesat, dan mendapat pendanaan dari berbagai investor asing. Bahkan, di tengah pandemi, Kopi Kenangan mendapatkan guyuran dana dari salah satu pendiri Facebook.
Kini, Kopi Kenangan telah memiliki ratusan outlet yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Berikut telah kumparan rangkum, lima fakta perjalanan sukses Kopi Kenangan, di antaranya:

1. Asal usul nama Kopi Kenangan

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan Foto: Toshiko/ kumparan
Kopi Kenangan tak hanya dikenal karena cita rasanya yang khas, dan harga yang terjangkau. Gerai kopi ini juga punya nama yang catchy, dan sederet menu yang terdengar nyeleneh.
ADVERTISEMENT
Nah, usut punya usut, nama Kopi Kenangan rupanya terinspirasi saat sang owner, Edward Tirtanata membeli air mineral dengan slogan 'kenangan' di dalamnya.
Menurutnya, kata kenangan mengandung makna yang mendalam dan terkesan mahal. Hingga akhirnya, ia pun memakai nama itu sebagai merek kedai kopi.

2. Resepnya baru didapatkan satu malam sebelum buka outlet pertama

Kopi Kenangan
Produk Kopi Kenangan. Foto: Dok. Kopi Kenangan
Ada satu cerita menarik saat outlet Kopi Kenangan yang pertama akan dibuka. Sang owner, Edward Tirtanata dalam wawancaranya dengan kumparan beberapa waktu lalu mengungkapkan, kalau resep kopi andalan mereka baru ditemukan sehari sebelum gerai pertama mereka buka.
"Kalau kita tuh yang penting hajar aja dulu. Kita jalanin dulu. Bahkan resep Kopi Kenangan Mantan tuh baru final sehari sebelumnya, nekat aja, jangan kalah momentumnya," kisahnya.
ADVERTISEMENT

3. Semua outletnya dikelola sendiri

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan Foto: dok. Nurvita Indarini/ kumparan
Meski sudah memiliki ratusan outlet, namun tak satupun di antaranya merupakan franchise. James Prananto, COO Kopi Kenangan memastikan, semua toko yang menjual Kopi Kenangan 100 persen dimiliki sendiri.
Hal ini dilakukan agar kualitas Kopi Kenangan tak menurun, dan membuat cita rasanya tetap konsisten. "Dengan makin banyak outlet, nama semakin dikenal, kualitas harus tetap sama," ungkap James.

4. Berhasil balik modal hanya dalam waktu tiga bulan

Kopi Kenangan
kopi kenangan mantan di Kopi Kenangan Foto: Nurvita Indarini/ kumparan
Hanya dalam waktu singkat, Kopi Kenangan berhasil menyaingi jenama-jenama kopi yang lebih senior. Di awal pembukaan gerainya, mereka mampu menjual 700 cangkir kopi per harinya. Padahal, harapan awalnya hanya 50 cangkir per hari.
Angka penjualan yang tinggi ini membuat Kopi Kenangan mampu balik modal hanya dalam waktu 3 bulan, dan menambah outletnya hingga 3 unit.
ADVERTISEMENT

5. Didanai oleh artis Hollywood dan salah satu pendiri Facebook

Teh nostalgia di Kopi Kenangan
Teh nostalgia di Kopi Kenangan di Grand Indonesia Foto: Nurvita Indarini/ kumparan
Hanya dalam hitungan tahun, kini nama Kopi Kenangan tak cuma dikenal di dalam negeri saja, tapi juga mampu memikat para investor dari luar negeri. Bahkan, pada akhir tahun 2019 lalu, rapper asal Amerika Serikat Jay-Z tercatat sebagai investor baru di Kopi Kenangan, lho.
Bukan hanya Jay-Z, petenis papan atas AS Serena Williams dan pemain basket NBA Caris LeVert juga masuk sebagai investor baru di startup F&B tersebut. Baru-baru ini, Kopi Kenangan juga mendapat suntikan dana dari salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin.
Menurut Edward Tirtanata seperti dilansir kumparanBISNIS, investor masih memandang positif prospek bisnis makanan dan minuman di Indonesia, meskipun saat ini seluruh dunia tengah menghadapi pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white