kumparan
search-gray
Food & Travel24 Juni 2019 11:02

Ikan Pari Sambal Cabai ala Restoran Michelin Star, Sungguh Sedap!

Konten Redaksi kumparan
Ikan Pari Sambal Cabai-Alliance Seafood Singapura
Ikan Pari Sambal Cabai-Alliance Seafood Singapura Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Udang, kepiting, hingga kerang memang sudah biasa diolah menjadi beragam makanan laut yang enak. Namun, bagaimana dengan ikan pari?
ADVERTISEMENT
Ikan pari adalah salah satu jenis hewan laut yang berbentuk unik. Datar, pipih dengan sirip lebar membentang sepanjang tubuh. Tak hanya itu, ikan pari juga memiliki tulang belakang yang tajam dengan tepi bergerigi atau berduri pada bagian ekornya, mirip cambuk. Kabarnya, tulang tersebut diselimuti racun yang bisa menghasilkan sengatan kuat dan menyakitkan.
Karena bisa menyengat itulah, tak banyak orang yang berani mengolah atau mengkonsumsi ikan ini jadi salah satu makanan enak nan menggiurkan.
Di Singapura, tepatnya di Newton Food Centre ada salah satu kios makanan yang menghidangkan ikan ini. Alliance Seafood namanya.
Nama Alliance Seafood memang cukup familier di kalangan para pencinta makanan laut. Bukan hanya pernah menyabet penghargaan Michelin Star, namun juga karena salah satu menunya masuk dalam film Crazy Rich Asians.
ADVERTISEMENT
Karena penasaran, kumparan pun memesan 1 porsi stingray (ikan pari) ukuran single di Alliance Seafood. Ada tiga pilihan ukuran yang bisa kamu coba; single (12 SGD atau Rp 125 ribu), medium (15 SGD atau Rp 156 ribu), dan large (20 SGD atau Rp 208 ribu).
Ikan Pari Sambal Cabai-Alliance Seafood Singapura
Ikan Pari Sambal Cabai-Alliance Seafood Singapura Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Ikan pari ala restoran Michelin Star ini disajikan di atas daun pisang, dan disiram dengan sambal cabai merah nan menggoda. Warna dagingnya putih, tebal, dan tanpa tulang. Saat digigit, tekstur daging ikan pari ini agak unik mirip dada ayam namun lebih juicy.
Keunikan lain juga datang dari aromanya. Dimasak dengan cara dipanggang bersama daun pisang, aroma ikan pari sungguh sedap hingga meresap ke bagian terdalam ikan.
ADVERTISEMENT
Rasa ikan pari ini akan semakin nendang jika dicelupkan ke dalam sambal cabai. Sambal cabainya hadir dengan rasa asam-pedas dan berminyak. Tak hanya itu, pemberian perasan jeruk nipis seakan menambah kesegaran pada hidangan laut ini. Sungguh sedap!
Bagaimana, tertarik mencicipi ikan pari sambal cabai ala restoran Michelin Star?
Alliance Seafood
Alamat: Newton Food Centre. 500 Clemenceau Ave N, #01-27 Circus Food Centre, Singapura 229495.
Jam buka: Setiap hari (11.30 -23.30 waktu Singapura).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white