Food & Travel
·
1 Oktober 2020 17:03

International Coffee Day! 5 Rekomendasi Es Kopi Hitam Segar Buat Santai Sore

Konten ini diproduksi oleh kumparan
International Coffee Day! 5 Rekomendasi Es Kopi Hitam Segar Buat Santai Sore (86647)
Es kopi lemon dan madu Foto: Toshiko/Kumparan
Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Kreasi kopi juga semakin berkembang, seperti tambahan gula, sirup, krim, dan lainnya. Tetapi, terkadang pelengkap tersebut enggak melulu bikin kopi menjadi nikmat.
ADVERTISEMENT
Ketimbang menambahkan susu ke dalam gelas kopi, ternyata kopi hitam punya keistimewaannya sendiri, lho. Rasa yang autentik ditambah manfaat kesehatannya, membuat kamu perlu mempertimbangkan pilihan es kopi ini.
Maka itu, berikut kumparan berikan rekomendasi es kopi hitam enak buat kamu nikmati tepat di Hari Kopi Internasional yang jatuh hari ini (1/10). Selamat ngopi guys!

1. Kopi Es Tak Kie

Kedai kopi legendaris ini merupakan salah satu tempat ngopi tertua di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1927, Kopi Es Tak Kie menyajikan racikan kopi dengan rasa original yang sederhana.
Menggunakan biji kopi robusta ditambah sedikit campuran biji kopi arabika, kedai kopi ini dapat menghasilkan es kopi hitam yang tidak kalah nikmat. Body kopinya yang tebal, pahit, dan kental, begitulah identitas sajian minuman di kedai ini. Bila pengin mencoba menikmati sajian es kopi ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20 ribuan.
ADVERTISEMENT

2. Kopi Tuku

Terkenal sebagai pelopor es kopi susu, ternyata Kopi Tuku juga unggul soal rasa es kopi hitamnya, lho. Nama menunya es kopi hitam tetangga. Dengan campuran espresso hasil houseblend kedai ini, lalu ditambah dengan air, es kopi hitam tersebut membawa rasa khas yang kuat.
Bila tertarik, maka siapkan uang sebesar Rp 18 ribu, kamu sudah dapat menikmati segelas es kopi hitam tetangga. Selain harganya yang terjangkau, kedai kopi ini juga tersebar di wilayah Jabodetabek.

3. Kisaku

International Coffee Day! 5 Rekomendasi Es Kopi Hitam Segar Buat Santai Sore (86648)
DIT Kit KISAKU x Bodum Foto: Dok.KISAKU
Berawal dari hobi minum kopi, Raline Shah akhirnya mendirikan kedai kopi sendiri. Dengan biji kopi jenis aceh gayo dan kopi flores, kedai kopi Kisaku menghadirkan es kopi hitam yang juara. Kamu juga bisa memesan kopi hitamnya dalam bentuk botolan siap minum seharga Rp 20 ribuan, hingga yang ukuran seliter Rp 90 ribuan.
ADVERTISEMENT

4. Kopi Cunduk

International Coffee Day! 5 Rekomendasi Es Kopi Hitam Segar Buat Santai Sore (86649)
Kopi Cunduk, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Salah satu tempat es kopi hitam nikmat yang punya rasa khas ada di sekitaran Kalibata. Kopi Cunduk hadir dengan menggunakan biji kopi asal Jepang yang 100 persen kopi arabika. Es kopinya punya body yang tebal namun enggak pahit di lidah.
Tidak sampai situ, Kopi Cunduk juga mencampurkan dua biji kopi Tanah Air dalam kreasi kopinya. Bagi kamu yang sedang mengurangi minuman manis, Es Kopi Hitam Indekost bisa jadi pilihannya. Harga minuman di Kopi Cunduk juga terbilang murah, berkisar dari Rp 15-28 ribu saja.

5. Kopi Kasih

International Coffee Day! 5 Rekomendasi Es Kopi Hitam Segar Buat Santai Sore (86650)
Pilihan kopi dan pastry di Kopi Kasih. Foto: Safira Maharani/kumparan
Minum es kopi hitam tidak harus terasa pahit atau asam, begitu menu yang ditawarkan kedai Kopi Kasih ini. Es Kopi Hitam Aren bisa jadi pilihanmu pecinta minuman manis. Kopi tersebut terbuat dari biji kopi asal Jawa Timur, memberikan rasa cokelat dan kacang-kacangan yang cukup dominan, dengan sedikit manis dari gula aren.
ADVERTISEMENT
Perpaduan pas kopi ini dijual dengan harga Rp 15 ribu per gelasnya. Selain terjangkau, kedai kopi ini juga menghadirkan berbagai varian kopi modern, seperti gula aren, cincau, regal, alpukat, dan masih banyak lagi.
Reporter: Natashia Loi