Food & Travel6 September 2019 18:22

Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar

Konten Redaksi kumparan
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74674)
ketumbar Foto: dok.pixabay.com
Tambahan beberapa sendok ketumbar memang membuat hidangan semakin nikmat. Misalnya saja untuk membuat tempe goreng, ayam goreng, hingga makanan berkuah santan.
ADVERTISEMENT
Tapi ketumbar tak hanya berfungsi sebagai penambah rasa. Rempah yang juga disebut coriander ini kerap digunakan sebagai obat herbal. Menurut jurnal University Medical Center di Freiburg, Jerman, minyak ketumbar punya kandungan antioksidan dan antimikroba yang berfungsi mengeluarkan racun tubuh.
Apa lagi manfaat dari rempah mungil penambah rasa ini? Ini dia lima di antaranya.
1. Melawan tanda penuaan dini
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74675)
Mencegah tanda-tanda penuaan dini dengan goji berry. Foto: Shutterstock
Paparan sinar matahari, polusi, hingga pola makan tidak sehat bisa mempercepat tanda-tanda penuaan. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung ekstrak ketumbar bisa jadi solusinya.
Ketumbar mengandung vitamin C, A, dan K yang bersifat antioksidan. Menurut Journal of Medicinal Food dari Universitas Kyung Hee, Korea Selatan, minyak ketumbar akan memperlambat kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Selain itu, juga dapat mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru.
ADVERTISEMENT
2. Menurunkan gula darah
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74676)
com-Alat cek gula darah. Foto: Shutterstock
Kadar gula yang tinggi akan mengundang berbagai penyakit kronis datang. Kamu bisa mengimbanginya dengan ramuan dari air rendaman ketumbar.
Berdasarkan penelitian dari Sciencedirect, di dalam ketumbar terdapat enzim yang bisa memisahkan glukosa dari darah. Bahkan dari penelitian itu disebutkan bahwa, orang yang mengonsumsi biji ketumbar secara teratur punya kadar gula darah yang lebih stabil.
3. Meredakan diare
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74677)
Ilustrasi diare. Foto: Derneuemann via Pixabay (CC0 Creative Commons)
Ramuan dari ekstrak ketumbar bisa jadi alternatif mudah untuk meredakan diare yang menyakitkan.
Dari jurnal Ethnobotanical Leaflets, Southern Illinois University, ekstrak ketumbar mengandung cineole, borneol, limonene, alpha-pinene, and beta-phellandrene yang bersifat antimikroba.
Kandungan tersebut, akan membunuh mikroba berbahaya penyebab infeksi. Air dari ekstrak ketumbar juga bisa meredakan kembung dan mual, akibat penumpukan gas di perut.
ADVERTISEMENT
4. Menyegarkan mulut
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74678)
com-Ilustrasi bau mulut Foto: Shutterstock
Bau mulut tentu membuat kepercayaan diri menciut. Tak perlu pusing, kumur-kumur dengan air rendaman ketumbar bisa jadi solusi mudah.
Cintronellol yang ada pada minyak ketumbar berguna sebagai antiseptik untuk membunuh kuman penyebab bau mulut. Bahkan, mengunyah ketumbar dapat mencegah kerusakan gigi dan gusi akibat bakteri di mulut.
5. Mencegah keracunan
Kaya Antioksidan dan Cegah Inflamasi, Ini 5 Manfaat Ketumbar (74679)
Ilustrasi keracunan makanan. Foto: Getty Images/kumparan
Keracunan makanan bisa diatasi dengan meminum air ketumbar. Terutama bila keracunan tersebut disebabkan oleh makanan yang telah terkontaminasi bakteri salmonella.
Menurut penelitian dari Universitas California, kandungan bernama dodecenal pada ketumbar, berfungsi membunuh kuman bakteri keracunan. Kandungan tersebut, bahkan punya efek dua kali lebih kuat dibandingkan obat antibiotik biasa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white