Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty

18 Oktober 2021 15:19
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty  (11278)
searchPerbesar
Kedai Mad For Coffee di Cipete, Jakarta Selatan Foto: dok.MadForCoffee
Minuman kopi plant-based atau berbasis nabati kian digemari. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya kedai kopi yang menyuguhkan secara khusus jenis minuman tersebut. Salah satunya Mad For Coffe yang baru saja membuka kedainya di Cipete, Jakarta Selatan (12/10).
ADVERTISEMENT
Kecintaan masyarakat Indonesia terhadap kopi membuktikan industri minuman ini di Jakarta kian menawan. Seiring dengan hal tersebut, rupanya masalah soal intoleransi laktosa turut terangkat dengan semakin meningkatnya permintaan kopi berbasis susu non-hewani.
Berawal dari fenomena tersebut kedai kopi ini mengutamakan penyajian kopi yang menggunakan 100 persen susu nabati, serta 100 persen biji arabika. Mengutip rilis yang kumparanFOOD terima, kopi yang disajikan dibanderol dengan kisaran harga Rp 28-38 ribu.
Untuk pilihan susu nabati yang mereka gunakan salah satunya berasal dari Swedia, yakni merek Oatly. Sementara campuran biji kopi berasal dari tiga daerah berbeda di Indonesia; Toraja, Aceh, dan Jawa Barat.
Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty  (11279)
searchPerbesar
Minuman kopi ala Mad For Coffee menggunakan 100 persen biji arabika Foto: dok.MadForCoffee
Kami pun mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa kopi andalan mereka. Namun menjadi paling andalan adalah Oatly latte. Pada dasarnya sama seperti kopi susu pada umumnya, hanya saja minuman ini tidak menggunakan campuran gula sama sekali. Hanya memadukan susu Oatly yang nutty dan creamy dengan kopi; yang juga tak masam serta ringan pahitnya.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, pilihan kopi yang agak manis bisa kamu cicipi dalam menu madly. Minuman segar ini menggunakan campuran susu kedelai non-GMO premium, dan Oatly Barista Edition. Atau, cobalah madly caramel macchiato yang lebih manis dan creamy.
Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty  (11280)
searchPerbesar
Minuman kopi kaleng Mad For Coffee yang menggunakan susu nabati Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Dalam memadukan latte berbasis susu nabati ini, Chandra Revo, salah satu pendiri dan CEO Mad For Coffee membeberkan bahwa mereka membutuhkan waktu cukup lama.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
"Butuh waktu sekitar 6 bulan untuk kami melakukan research terhadap produk latte kami. Kami telah mencoba beberapa biji kopi dari merek dan daerah yang berbeda juga mencoba hampir semua semua jenis susu nabati yang tersedia di pasaran untuk menemukan perpaduan yang sempurna antara kopi dan susu nabatinya," kata Revo.
Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty  (11281)
searchPerbesar
Minuman kopi ala Mad For Coffee Foto: dok.MadForCoffee
Revo menambahkan dengan hadirnya kedai kopi baru ini mereka ingin mencoba mengajak masyarakat untuk beralih pada pilihan minuman yang lebih ramah lingkungan dan sehat.
ADVERTISEMENT
Dalam pembukaannya mereka juga mengangkat isu Fast Fashion, dengan mengadakan acara bertajuk "Pesta Tangan Dua". Mereka mengajak masyarakat untuk menggunakan kembali, memperbaiki, dan menghemat barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi demi alasan lingkungan.

Kedai kopi sekaligus tempat nongkrong berkonsep cloud kitchen

Kedai Kopi Plant-based Baru Buka di Cipete, Ada Oatly Latte yang Nutty  (11282)
searchPerbesar
Aneka makanan dan minuman plant-based di Mad Grass, Cipete Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Mad For Coffee menempati tempat nongkrong dengan konsep ruang kolaboratif terbuka di Cipete. Area tersebut merupakan bagian dari cloud kitchen Mad Grass.
Tempat makan ini menyatukan beberapa merek nabati lokal di Jakarta di bawah satu atap meliputi 100 Wraps, Baona Party, Cincau Cuan, Green Inc, iVegan Pizza, Kinkitusya, Kyuri, Mad For Coffee, Nutsy Bowl, Orvia, Plantelicious, Prana On dan Sematjam.
Sesuai namanya, tempat makan ini pun menghadirkan aneka santapan berbasis nabati. Sebut saja nasi bebek madura bumbu hitam dari Plantelicious yang daging bebeknya menggunakan bahan dasar gluten serta jamur. Ada lagi, KFC Bao alias Korean Fried Chimkin yang dagingnya mereka ganti dengan serat kedelai.
ADVERTISEMENT
Sehingga, bagi kamu para vegetarian atau vegan bisa menjadikan tempat makan ini sebagai pilihan tempat nongkrong baru. Soal harga, kamu bisa mendapatkan menu makanan hingga minuman sehat ini dengan menyiapkan budget Rp 50-100 ribuan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020