Food & Travel14 September 2020 8:57

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia

Konten Redaksi kumparan
Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519244)
Ilustrasi makanan yang sudah berumur tua Foto: Shutter Stock
Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia, bahkan semenjak Adam dan Hawa turun ke bumi. Manusia pasti membutuhkan makanan. Enggak heran kalau jejak penemuan makanan yang berkembang dari zaman ke zaman seringkali menjadi catatan baru dalam sejarah kuliner dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir Mental Floss, dalam temuannya, para arkeolog dunia juga pernah menelusuri jejak sejarah makanan dunia dari hidangan yang diduga memiliki umur sangat tua. Selain umur yang panjang, beberapa makanan ini juga menandakan penemuan pertama kali hidangan tersebut pernah disajikan di muka bumi.
Untuk semakin membuka wawasanmu soal penemuan makanan tertua yang tercatat oleh sejarah, berikut kumparan rangkum ulasan selengkapnya.

1. Anggur dari Georgia

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519245)
Ilustrasi menuang wine. Foto: Shutter Stock
Sekitar 5000 tahun sebelum masehi, Iran menemukan jejak pertama pembuatan anggur fermentasi di negaranya. Namun, teori Iran sebagai pembuat anggur pertama mulai terbantahkan sejak ditemukannya pecahan tanah liat bersejarah di ibu kota Georgia, Tbilisi pada tahun 2017.
Analisis kimia mengungkapkan bahwa potongan tanah liat tersebut mengandung jejak asam sitrat, serbuk sari anggur, dan bahkan tanda-tanda lalat buah prasejarah. Hal itu membuat para peneliti percaya bahwa potongan tanah liat tersebut merupakan tong yang pernah digunakan untuk menampung anggur dalam jumlah besar.
ADVERTISEMENT

2. Keju dari makam di Mesir

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519246)
Ilustrasi keju berumur tua Foto: Dok.Shutterstock
Penggalian makam Ptahmes pada tahun 2013-2014 turut menemukan keju pertama yang diketahui dari masa Mesir kuno. Keju itu merupakan produk susu yang tidak dipasteurisasi sehingga dapat menimbulkan penyakit akibat mengandung strain bakteri, yang juga ditemukan pada sisa makanan unik itu.
Keju ini diperkirakan mengandung susu domba dan kambing. Profesor Paul Kindstedt, pakar sejarah keju, juga memperkirakan bahwa produk ini mungkin akan terasa sangat-sangat asam.

3. Mentega dari Irlandia

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519247)
Museum Nasional Irlandia di Dublin Foto: Dok.Anton Ivanov/Shutterstock.com
Pada tahun 2009, pekerja gambut di Irlandia menemukan 35 kilogram mentega dalam tong yang telah dibuang ke rawa. Diperkirakan usia mentega tersebut sudah sekitar 3000 tahun. Sejarawan melihat jumlah mentega tersebut, dan mempercayai bahwa mentega Buatan masyarakat setempat itu sengaja direndam dalam air untuk mengawetkannya, atau menyembunyikan dari pencuri.
ADVERTISEMENT
Disimpan lebih dari 3000 tahun, penampakan mentega berubah warna menjadi lebih putih tetapi bentuknya masih utuh. Sayangnya, mentega itu tidak dapat dicicipi atau tersedia di pasaran. Mentega ini akhirnya dibawa ke Museum Nasional Irlandia untuk menjadi salah satu koleksi bersejarah.

4. Cokelat dari Skotlandia

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519248)
Cokelat. Foto: Thinkstock
Sekaleng cokelat berusia 116 tahun dari Skotlandia mungkin saja menjadi yang tertua di dunia. Koleksi cokelat tersebut dibuat khusus untuk merayakan penobatan Raja Edward VII pada 26 Juni 1902.
Perempuan muda yang menerima cokelat tersebut menyimpannya sampai dia dewasa; dan menyerahkan cokelat itu kepada putrinya yang melanjutkan tradisi tersebut. Cokelat tertua tersebut akhirnya diserahkan ke St. Andrews Preservation Trust pada tahun 2008 untuk dikonservasi.

5. Sup tulang khas China

Keju di Makam Mesir hingga Sup Tulang, 5 Jejak Penemuan Makanan Tertua di Dunia (1519249)
Ilustrasi sup tulang khas China Foto: Dok.Shutterstock
Pada tahun 2010, sebuah tungku perunggu berisi sup kaldu tulang ditemukan dalam sebuah makam kuno dekat bekas ibukota China Xian. Pekerja lokal yang sedang menggali situs tersebut sebagai proyek perluasan bandara lokal, terkejut ketika menemukan sup berusia 2400 tahun terkubur dalam bawah tanah.
ADVERTISEMENT
Dalam wadah sup tersebut masih berisi tulang hasil rebusan. Para peneliti juga menandai penemuan tersebut sebagai ‘penemuan pertama sup tulang dalam sejarah arkeologi China.’ Menurut para arkeolog, makam tersebut kemungkinan merupakan milik seorang perwira militer berpangkat rendah atau seorang pemilik tanah di China.

Reporter: Natashia Loi

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white