Food & Travel
·
3 Maret 2021 12:08

Kopi Kenangan Jualan Ayam Goreng Berlumur Saus dan Sambal, Seperti Apa Rasanya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kopi Kenangan Jualan Ayam Goreng Berlumur Saus dan Sambal, Seperti Apa Rasanya? (12573)
searchPerbesar
Ayam Chigo dengan aneka sambal dan saus Foto: Dok.Chigo
Memperluas pasar, Kopi Kenangan kini menghadirkan aneka ayam goreng lewat Chigo. Tepat pada 25 Februari 2020 lalu, mereka telah resmi membuka outlet pertama di Mal Grand Indonesia, lalu menyusul Pondok Indah Mall pada 26 Februari 2020.
ADVERTISEMENT
Nama 'Chigo' dipilih lantaran dalam bahasa Hokkien Chi yang berarti ‘tujuh’ dan Go yang berarti ‘lima,' melambangkan 7 variasi saus dan 5 variasi sambal khas tempat makan baru tersebut. Sementara nama tersebut juga bermakna 'chicken on the go.'
Memang tak dapat dipungkiri ayam goreng sudah menjadi menu makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Rupanya kebiasaan makan ini juga satu selera dengan masyarakat Korea. Sehingga, mereka menyadari betapa luasnya pangsa pasar dari kehadiran makanan tersebut.
Kopi Kenangan Jualan Ayam Goreng Berlumur Saus dan Sambal, Seperti Apa Rasanya? (12574)
searchPerbesar
Chigo box porsi sharing dengan 6 nasi dan 6 varian ayam Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Mengutip rilis yang kumparan terima, Selasa (2/3), bahan yang digunakan merupakan bagian paha ayam goreng tanpa tulang. Menambah tekstur mereka membalut daging ayam dengan tepung renyah. Kemudian mereka akan melumuri ayam goreng tepung dengan aneka saus pilihan.
"Kami sengaja menyajikan beragam varian karena kami tahu setiap orang memiliki cita rasa berbeda-beda, oleh karena itu kami ingin memastikan Chigo tersedia dalam banyak varian yang dapat dinikmati semua orang," ujar James Prananto, CBO dan Co-Founder Kopi Kenangan.
ADVERTISEMENT

Cita rasa ayam goreng lokal hingga ala Korea pun ada!

Kopi Kenangan Jualan Ayam Goreng Berlumur Saus dan Sambal, Seperti Apa Rasanya? (12575)
searchPerbesar
Chigo box porsi sharing Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Kumparan mendapat kesempatan untuk mencoba langsung seluruh varian ayam gorengnya. Mulai dari yang berbalut sambal pedas ala Nusantara hingga saus khas Korea.
Ayam goreng renyah dipadukan juga dengan pilihan fillet ikan dori. Untuk pilihan sausnya kami menikmati Garlic Parmigiano menggunakan keju parmesan Parmigiano-Reggiano khas Italia. Lalu, ada bumbu cajun Amerika yang sedikit pedas dan gurih dalam saus Louisiana Cajun, Korean Samyang yang menggunakan bumbu Samyang dari Korea, serta rasa saus gurih dan manis madu dalam Asian Honey Soy.
Sementara untuk pilihan sambal, ada sambal ikan roa khas Manado, sambal geprek, dan kecombrang. Untuk pilihan ayam berbalut sambal ini rasanya cukup pedas menonjok. Sehingga buat kamu yang tak terlalu suka pedas, harus berhati-hati ya.
ADVERTISEMENT
Menjadi unik dan berbeda adalah kemasan mereka yang dari luar tampak seperti bungkus pizza. Namun begitu kami membukanya, aneka ayam goreng dan ikan dori berlumur saus mengelilingi nasi putih.
Rupanya kemasan yang kami terima merupakan porsi makanan untuk sharing; dengan enam porsi nasi putih dan enam varian ayam. Untuk satu box-nya dibanderol Rp 189 ribu. Selain itu, mereka juga menyediakan porsi makan personal yang dihargai mulai dari Rp 23 ribu.

Mengombinasikan makanan dan minuman

Kopi Kenangan Jualan Ayam Goreng Berlumur Saus dan Sambal, Seperti Apa Rasanya? (12576)
searchPerbesar
Ayam Chigo porsi personal dan minuman Kopi Kenangan Foto: Dok.Chigo
Kopi Kenangan memang merupakan peritel minuman, namun mereka mencoba melengkapi dengan kini menghadirkan makanan. Konon, mereka terinspirasi dari fenomena kombinasi makanan dan minuman yang tidak biasa namun menjadi favorit para foodies; seperti kentang goreng dengan es krim atau mi instan dengan kuah susu. Fenomena inilah yang mendorong para pendirinya untuk meluncurkan kombinasi unik Kopi Kenangan dan ayam goreng.
ADVERTISEMENT
"Kami ingin mengambil tantangan untuk membuktikan bahwa, meski kopi dan ayam goreng tampak seperti kombinasi yang ganjil, kedua hal ini dapat membuat kamu ketagihan," ujar James. "Kombinasi kopi dan pizza biasa ditemukan di Amerika, begitu pula kombinasi ayam goreng dengan bir (Chimaek) yang terdapat di Korea Selatan. Hal ini menjadi inspirasi kami untuk menemukan kombinasi makanan dan minuman unik yang sesuai dengan lidah Indonesia."
Maka itu, kamu juga bisa menemukan kombinasi paket ayam dan kopi Chi-Ko (Chicken dan Kopi) di outlet mereka. James juga menjamin makanan dan minuman mereka merupakan sajian halal.
Jadi, apakah kamu tertarik mencoba kombinasi ayam goreng dan kopi untuk menu makan siang kali ini?
Chigo
Alamat: Foodprint, Grand Indonesia West Mall lantai 5, Jl. M.H. Thamrin No.1, Kebon Melati, Central Jakarta City, Jakarta 10310.
ADVERTISEMENT