kumparan
7 September 2018 13:30

Kumpulan Resep Jus Segar yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Jus buah dan sayur sebagai pewarna alami
Jus buah dan sayur sebagai pewarna alami (Foto: Thinkstock)
Mengkonsumsi minuman sehat seperti jus merupakan salah satu cara paling praktis untuk memenuhi asupan gizi harian yang diperlukan tubuh. Terdiri dari aneka buah yang diblender halus, jus mengandung vitamin dan berbagai mineral penting yang dapat meningkatkan kesehatan. Mulai dari menjaga keseimbangan cairan, menurunkan berat badan, hingga mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, ternyata beberapa olahan jus dipercaya dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, lho. Jadi untuk kamu yang ingin hidup sehat dengan mengonsumsi jus, berikut kumparanFOOD rangkum kumpulan resep jus sehat dan segar yang bisa kamu buat setiap hari.
1. Jus untuk kesehatan mata
com-Wortel
com-Wortel (Foto: Thinkstock)
Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di depan layar laptop, pasti pernah mengalami gejala mata lelah, bukan? Mulai dari kemerahan di area mata hingga pandangan yang mendadak kabur dan buram.
Untuk menyiasatinya, konsumsi jus yang terdiri dari campuran wortel, tomat, pepaya, dan seledri yang kaya vitamin A ini. Dapat diminum dua hingga tiga kali seminggu, jus ini bisa membantu menjaga kesehatan organ mata, memperkecil risiko rabun jauh, hingga mencegah katarak.
ADVERTISEMENT
2. Jus bagi penderita diabetes
Ilustrasi jus pare.
Ilustrasi jus pare. (Foto: Thinkstock)
Penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung glukosa tinggi. Sehingga minuman sehat yang terbuat dari kombinasi sayuran dapat menjadi solusi agar gula darah tetap stabil.
Salah satunya, jus dari campuran pare, mentimun, kacang panjang, dan seledri yang diblender hingga halus. Kandungan pare di dalam jus ini dipercaya dapat menurunkan dan menstabilkan gula darah di dalam tubuh, sedangkan kombinasi sayur lainnya yang kaya serat, mineral, vitamin befungsi sebagai sumber antioksidan agar tetap bugar.
3. Jus agar hati tetap sehat
Jamu Kunyit Asam
Jamu Kunyit Asam. (Foto: Flickr/Leni Suryani 13)
Hati merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi menyaring racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Selain menyantap makanan bernutrisi, salah satu cara untuk menjaga kesehatan hati adalah rutin mengonsumsi jus yang tinggi vitamin dan mineral.
ADVERTISEMENT
Salah satunya jus rempah dari temulawak, kunyit putih, air kelapa, dan gula aren sebagai penambah rasa. Kandungan pada sari temulawak dan kunyit putih dipercaya dapat memberi perlindungan terhadap hati serta memulihkan gejala kerusakan hati.
4. Jus bagi penderita darah tinggi
Ilustrasi buah belimbing
Ilustrasi buah belimbing. (Foto: Thinkstock)
Penyakit darah tinggi yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah seringkali menimbulkan gejala pusing, kelelahan, hingga detak jantung yang tidak teratur. Untuk menjaga agar tekanan darah tetap normal, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi jus dari campuran buah belimbing, timun, seledri, dan kacang panjang.
Konsumsi belimbing secara teratur dipercaya dapat mengurangi penumpukan plak pada pembuluh serta mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Ditambah kombinasi sayur dan buah yang kaya serat serta nutrisi, jus ini dapat menurunkan risiko penyakit darah tinggi.
ADVERTISEMENT
5. Jus untuk menurunkan penyakit asam urat
Ilustrasi Jus Apel
Ilustrasi Jus Apel (Foto: Dok. Wikimedia)
Penyakit Asam urat merupakan gangguan kesehatan pada sendi yang sering dialami orang lanjut usia. Sering menyebabkan persendian terasa nyeri bahkan bengkak, jus dari apel, lemon, dan jahe dapat menjadi salah satu cara mengurangi risiko penyakit ini.
Apel memiliki kandungan malic acid yang dipercaya dapat menetralkan kadar asam urat di dalam darah. Selain itu, lemon yang kaya vitamin C serta tambahan jahe ampuh meningkatkan metabolisme asam urat di dalam tubuh.
6. Jus agar jantung tetap prima
Ilustrasi buah apel
Ilustrasi buah apel
Seperti halnya hati, jantung merupakan organ penting di dalam tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Tak cukup dengan makanan bergizi, minum jus dari kombinasi apel, air lemon, dan jahe merah dipercaya dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Apel yang kaya serat serta lemon sebagai sumber vitamin C dapat meningkatkan sistem metabolisme serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Disajikan bersama jahe merah yang dapat merangsang pelebaran pembuluh darah, jus ini sangat cocok diminum agar kesehatan jantung tetap prima.
7. Jus yang bantu tingkatkan nafsu makan
Ilustrasi daun pepaya
Ilustrasi daun pepaya (Foto: Thinstock)
Nafsu makan bisa menurun karena beberapa sebab, seperti stres, hormon yang tidak stabil, hingga menurunnya kesehatan. Untuk mengembalikan nafsu makan agar badan tetap bugar, campuran temulawak, daun pepaya, dan madu dapat menjadi salah satu solusinya. Selain meningkatkan nafsu makan seseorang, kandungan di dalam temulawak dan daun pepaya juga dapat melancarkan sistem pencernaan serta mencegah kembung dan mual.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan