kumparan
28 Agustus 2018 8:06

Layaknya Restoran, 5 Maskapai Pesawat Ini Sajikan Hidangan Kelas Atas

Menu mewah di pesawat (Foto: Instagram/ @emirates)
Menyantap makanan mewah di restoran kelas atas tentu sudah menjadi hal yang biasa, namun bagaimana bila makanan mewah tersebut dinikma di dalam pesawat terbang?
ADVERTISEMENT
Banyak yang mengatakan, menu makanan di pesawat seringkali memiliki cita rasa yang kurang sedap dan cenderung hambar. Hal ini dikarenakan kemampuan indera pengecap kita berkurang saat berada di ketinggian.
Namun, berbeda halnya dengan beberapa maskapai penerbangan berikut ini. Alih-alih menyajikan menu makanan yang ‘standar’ dan umum, mereka justru menghidangkan menu-menu gourmet yang telah melalui proses konsultasi terlebih dahulu dengan koki ternama, bahkan menghadirkan wine ternama.
Tak cuma disajikan di penerbangan kelas utama saja, namun beberapa di antaranya juga dapat dinikmati oleh para penumpang kelas bisnis. Kira-kira, maskapai mana saja yang menghidangkan menu makan di pesawat termewah, ya? Dilansir Tasting Tables, berikut ulasannya:
1. Air New Zealand
Di bawah tangan dingin seorang koki konsultan asal Auckland dan London, Peter Gordon serta dua konsultan minuman wine, maskapai Air New Zealand mampu menghadirkan cita rasa multi-nasional khas Selandia Baru yang sangat berkelas bagi para penumpang kelas bisnis. Menu tersebut terdiri dari berbagai hidangan mewah mulai dari salmon panggang, ayam bumbu rempah saffron dengan kuah tomat khas Maroko, kacang polong putih, serta hummus labu panggang dengan taburan kayu manis.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menu dessert yang ditawarkan pun tak kalah menggoda, yakni cokelat putih dan pannacota rasa air mawar dengan topping krim pistachio.
2. Singapore Airlines
Loading Instagram...
Bukan hanya menyajikan hidangan mewah nan berkelas saja, Singapore Airlines juga menyediakan fasilitas bagi penumpang kelas utama mereka untuk memilih menu makanan mereka 24 jam sebelum penerbangan. Menariknya, menu makanan yang dihidangkan juga disesuaikan dengan tujuan penerbangan saat itu.
Misalnya saja, pada penerbangan menuju Paris dan sekitarnya, menu makanan yang ditawarkan meliputi daging panggang dengan foie gras yang disantap bersama saus anggur putih dan truffle. Tak heran, maskapai penerbangan tersebut kerap menduduki peringkat atas dalam survei Top International Airlines Readers Choice Awards.
3. Emirates
Loading Instagram...
Meski menu makanan yang ditawarkan oleh maskapai asal Dubai tersebut berganti-ganti tiap bulannya, namun, baru-baru ini, mereka meluncurkan menu khusus bagi penumpang kelas utama yang dirancang oleh Dom Perignon, salah satu chef terkemuka di dunia. Menu itu terdiri dari sajian canape yang berisi keju feta marinasi dengan mangga dan basil serta lobster saus wasabi dan mayones.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penumpang pesawat juga bisa menikmati hidangan pembuka spesial, yakni daging kambing yang direbus lama bersama campuran daun thyme, hidangan penutup seperti raspberry coulis--sejenis dessert mirip dengan selai buah, serta aneka jenis keju pilihan dari seluruh dunia.
4. Etihad
Loading Instagram...
Menyajikan sensasi layaknya makan di restoran bintang lima, Etihad menyajikan menu makanan kelas utama yang terdiri dari tujuh course. Pertama, penumpang akan dihidangkan champagne dan kudapan, disambung dengan hidangan pembuka, yakni sup kacang polong, salmon, dan sorbet rasa raspberry.
Menu makanan utamanya sendiri terdiri dari masakan ikan atau daging (sesuai dengan keinginan kita), dan ditutup dengan tart hazelnut serta secangkir cappucino sebagai dessert.
5. Cathay Pacific
Loading Instagram...
Maskapai yang pernah memenangkan penghargaan dari Skytrax sebagai salah satu maskapai penerbangan berbintang lima ini ternyata tak hanya menyajikan champagne dan caviar sebagai jamuan makan bagi penumpang kelas utama mereka. Di bawah arahan Daniel Green yang telah mengembangkan menu makanan bagi beberapa hotel ternama seperti Mandarin Oriental, Cathay Pacific menawarkan berbagai menu internasional yang terinspirasi dari Asia. Misalnya saja, salad bebek Peking dengan almond dan black truffle.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penumpang pesawat kelas utama juga bisa menyantap sajian keju pilihan, dan berbagai kreasi dessert seperti sup manis yang terbuat dari jamur kuping (snow fungus), atau aneka seduhan teh China dan kopi berkualitas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan