Food & Travel
·
26 Maret 2021 12:08

Madu Centauri, Pecahkan Rekor Madu Termahal di Dunia dengan Harga Rp 172 Juta!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Madu Centauri, Pecahkan Rekor Madu Termahal di Dunia dengan Harga Rp 172 Juta! (567766)
searchPerbesar
Madu centauri asal Turki seharga Rp 172 juta Foto: Dok.Guinness World Records
Madu Centauri asal Turki telah memecahkan rekor sebagai madu termahal di dunia. Madu yang berasal dari salah satu gua di Turki, disebut sudah terdaftar dalam Guinness World Records pada 16 Februari 2021 silam.
ADVERTISEMENT
Guinness mencatat bahwa madu Centauri dipanen dari dalam gua yang memiliki ketinggian 2.500 kaki di atas permukaan laut. Nektar madu yang dihasilkan agaknya berbeda dengan nektar pada umumnya.
Nektar dari madu Centauri condong memiliki warna yang sangat gelap, dengan rasa pahit. Tak hanya itu, madu langka ini hanya bisa dipanen sekali dalam setahun.
Dalam catatan Guinness World Records, harga beli madu Centauri mencapai Rp 172 juta per kilogram. Tapi, jangan salah, walau harganya fantastis, kenyataannya tetap ada orang-orang yang mencari dan mengonsumsi makanan mahal tersebut.
Madu Centauri, Pecahkan Rekor Madu Termahal di Dunia dengan Harga Rp 172 Juta! (567767)
searchPerbesar
Madu centauri asal Turki seharga Rp 172 juta Foto: Dok.Guinness World Records
Sebut saja artis, selebriti, politisi, hingga dokter dari London, Milan, Los Angeles, juga Jepang. Mereka menyukai madu ini karena dinilai memberikan khasiat luar biasa untuk tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Proses produksi serta perawatan dari lebah dan nektar untuk menciptakan madu ini, dilakukan dengan cara yang khusus. Koloni lebah dijauhkan dari lingkungan tinggal warga, lalu diletakkan dalam gua agar terhindar dari tungau varroa.
Dalam proses pengolahannya, tidak ada bahan pestisida ataupun kimia lainnya, sehingga menghasilkan madu murni. Setelah diproses, madu Centauri biasanya dikirim terlebih dahulu ke Dewan Ilmiah Turki untuk diuji secara menyeluruh.
Lantaran teknik produksi dan budidaya dengan cara sangat alami itu, produsen dari perusahaan madu Centauri, yakni Ahmet mengatakan kalau kualitas madu ini sangat eksklusif juga manfaatnya baik bagi kesehatan.
"Madu Centauri miliki tingkat fenol, flavonoid, dan antioksidan tinggi. Terkadang, saya juga mengonsumsinya dengan menambahkan ramuan endemik khusus, dan ini memberikan efek luar biasa untuk kesehatan tubuh saya," jelas Ahmet.
Madu Centauri, Pecahkan Rekor Madu Termahal di Dunia dengan Harga Rp 172 Juta! (567768)
searchPerbesar
Madu centauri asal Turki seharga Rp 172 juta Foto: Dok.Guinness World Records
Umumnya, fenol yang tinggi pada madu dapat membantu senyawa antioksidan bereaksi dengan baik terhadap tubuh. Sehingga, sejak dulu madu sering diklaim jadi makanan yang kaya akan antioksidan.
ADVERTISEMENT
Hal ini disetujui oleh para peneliti di Universitas California. Mereka menemukan adanya efek dari antioksidan yang bisa melindungi manusia dari segala jenis penyakit, serta mampu membersihkan radikal bebas yang cenderung mengganggu fungsi sel dalam tubuh.
Untuk madu Centauri, memiliki kandungan polifenol terbilang sangat banyak; yakni sekitar 77,65 miligram. Dalam madu ini terkandung asam salisilat; yang rupanya memberikan efek baik untuk kulit, seperti mengurangi jerawat dan menjaga pori-pori.
Dengan harga jualnya yang sangat tinggi, membuat masyarakat penasaran akan cita rasa dari madu termahal itu. Konon, kata Ahmet, masyarakat di Turki setidaknya membeli 1 kilogram untuk dikonsumsi sebagai asupan vitamin.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya