Food & Travel
·
20 Oktober 2020 17:25

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135896)
Ilustrasi ceplok telur. Foto: dok.shutterstock
Telur merupakan sumber protein murah meriah yang dengan mudah bisa kamu kreasikan menjadi berbagai hidangan enak. Misalnya saja, menjadikan telur sebagai menu sarapan seperti omelet atau sekadar merebus, rasa makanan ini tetap saja lezat.
ADVERTISEMENT
Dilansir Eat This, laporan 2019 oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat, menemukan kalau orang Amerika makan lebih banyak telur; kira-kira 279 telur per orang selama satu tahun. Tidak mengherankan, telur telah menjadi makanan pokok bagi orang yang mengonsumsi daging, vegetarian, para pegiat diet bebas gluten, dan bahkan orang yang melakukan diet keto pun bisa menikmatinya.
Telur kaya akan nutrisi penting, tetapi bahan makanan gurih ini juga memiliki reputasi buruk terkait kolesterol. Jadi sebelum mengonsumsi telur terlalu sering apalagi setiap hari, ada baiknya kamu mengetahui lebih lanjut soal bahan makanan ini. Berikut kumparan rangkum 7 efek makan telur setiap yang bisa tubuhmu rasakan.

1. Makan telur menambah energi berenergi

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135897)
Ilustrasi telur untuk otot Foto: dok.shutterstock
Salah satu alasan untuk menjadikan telur sebagai menu sarapan adalah karena sifatnya yang bisa memberikan ‘suntikan’ energi.
ADVERTISEMENT
“Karena komposisi nutrisinya, telur dapat menjadi sumber energi yang pelepasan berlangsung secara lambat. Kombinasi protein dan lemak, yang relatif lambat dicerna dibandingkan dengan karbohidrat, ditambah kandung B12 dalam telur, dapat membantu menyediakan pasokan energi yang stabil selama beberapa jam setelah memakannya," kata Sean Allt, pelatih nutrisi di Innovative Fitness.

2. Mendorong sistem imun tubuh

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135898)
Ilustrasi telur rebus. Foto: Pixabay
Menurut para ahli, telur juga bisa berperan dalam mendukung sistem imun tubuh. Sean mengungkapkan kalau telur menyediakan keberagaman nutrisi, dengan tambahan vitamin A, D, dan E yang menjadi kunci utama dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh.
Menurut Paul Claybrook, ahli gizi bersertifikat di SuperDuperNutrition.com, telur juga tinggi selenium — antioksidan kuat yang semakin menguatkan fungsinya sebagai penguat kekebalan.
ADVERTISEMENT

3. Membuat kesehatan kognitif menjadi lebih baik

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135899)
Ilustrasi balita makan telur goreng Foto: Shutterstock
Paul mencatat bahwa telur mengandung kolin, nutrisi yang diperlukan untuk struktur dan fungsi otak, dalam jumlah tinggi. Bahan makanan satu ini juga merupakan sumber dari asam lemak omega-3 yang berfungsi meningkatkan fungsi otak. Tidak hanya itu, sebutir telur dapat memenuhi 46 persen nilai harian vitamin B12 yang direkomendasikan.

4. Mengurangi peradangan

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135900)
Ilustrasi telur busuk Foto: dok.Shutterstock
Asam lemak omega-3 tidak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi juga mengurangi peradangan pada tubuh. Paul menekankan kalau telur memiliki sejumlah besar lemak sehat ini.
Walaupun telur mengandung asam lemak omega-3 yang bersifat anti-inflamasi, beberapa varietas telur juga tinggi asam lemak omega-6 yang pro-inflamasi. Untuk mendapatkan telur yang memiliki rasio omega-3 dan 6 yang ideal, Sean merekomendasikan telur dari ayam yang diberi makan di padang rumput atau yang telah diberi pakan kaya omega-3.
ADVERTISEMENT

5. Memengaruhi profil kolesterol

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135901)
Ilustrasi kuning telur Foto: Dok.Shutterstock
Banyak yang percaya kalau kuning telur adalah makanan kolesterol, namun di satu sisi Paul menegaskan bahwa telur sebenarnya dapat meningkatkan profil kolesterol kamu.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur secara konsisten meningkatkan HDL, kolesterol "baik". Satu penelitian menemukan bahwa telur tidak memengaruhi kadar LDL pada 70 persen orang. Sedangkan, 30 persen lainnya, yang disebut hyper-responders, hanya terlihat sedikit peningkatan pada LDL-nya.

6. Bermanfaat bagi rambut dan kulit

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135902)
Masker putih telur Foto: Thinkstock
Kandungan protein dan biotin dalam telur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam telur juga membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.
Dengan itu, makan telur sehari-hari dapat memperkuat rambut dan membantu kamu mempertahankan kulit agar tetap awet muda.
ADVERTISEMENT

7. Lebih mudah menurunkan berat badan

Makan Telur Setiap Hari, Ini 7 Efeknya yang Bisa Tubuhmu Rasakan (135903)
Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Tergantung cara mempersiapkan dan dengan apa kamu mengonsumsi telur, hidangan ini dapat membantumu menurunkan berat badan.
"Mereka dapat membantu memberikan perasaan puas yang bertahan lebih lama daripada ketika mengonsumsi makanan rendah protein dan lemak. Oleh karena itu, telur dapat membantu mengelola asupan kalori harian,” kata Sean.

Amankah mengonsumsi telur setiap hari?

Manfaat makan telur memang sangat beragam, dari penyembuhan luka, kesehatan mata, kekuatan tulang, dan bahkan dapat membantu mengurangi risiko pembentukan sel kanker.
Para ahli juga mengatakan, mengonsumsi telur setiap hari aman untuk mereka penderita penyakit jantung atau diabetes. Namun, perlu diingat apa pun yang dimakan secara berlebihan tentu menimbulkan efek samping pada kesehatan.
ADVERTISEMENT
“Jika kamu menderita diabetes dan khawatir tentang kemungkinan efek negatif dari makan telur, maka batasi asupan (telur) mingguan kamu menjadi enam telur atau kurang. Namun, saya rekomendasikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter pribadimu," tutup Sean.
Reporter: Natashia Loi